Mohon tunggu...
Annisa Tiarasandy
Annisa Tiarasandy Mohon Tunggu... Editor - Clodeo
Akun Diblokir

Akun ini diblokir karena melanggar Syarat dan Ketentuan Kompasiana.
Untuk informasi lebih lanjut Anda dapat menghubungi kami melalui fitur bantuan.

clodeo.com

Selanjutnya

Tutup

Gadget

Aplikasi Toko Online untuk Pengelolaan Online Shop

24 September 2019   09:47 Diperbarui: 24 September 2019   10:01 1045
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.


Kini berbelanja secara online semakin ramai dan diminati oleh masyarakat Indonesia. Apalagi dengan adanya internet yang juga semakin berkembang, pembeli pasar online semakin menjamur. Bisa dilihat kini banyak orang yang memulai usaha dan memperjual belikan usahanya secara online dikarenakan kemudahan promosi dan pemasaran. Selain itu, minat dari masyat Indonesia yang begitu tinggi juga mendorong bertumbuhnya para penjual online di tanah air.


Selain banyaknya keuntungan yang didapatkan dari menjualkan barangnya secara online, tentunya banyak pula kendala yang harus dihadapi oleh penjual. Baik saat penjual baru memulai bisnisnya, mengembangkan toko online-nya, bahkan saat mengelola aktifitas penjualannya. Mulai dari permasalahan yang muncul dari perhitungan stok barang, pengelolaan pesanan yang banyak, pencatatan data pelanggan yang tidak rapi, sampai perhitungan laporan keuangan yang cukup rumit karena kebanyakan penjual online tidak memiliki latar belakang akuntansi untuk membuat laporan keuangan seperti laporan laba rugi untuk bisnis yang dijalani.


Semua yang di atas adalah hal-hal penting yang harus Anda bisa atur dan kendalikan agar aktifitas bisnis Anda dapat berjalan dengan lancar dan efektif, namun memang saat menerapkannya tidak mudah. Karena itu, Aplikasi Toko Online mungkin bisa membantu Anda dan menjadi solusi atas segala masalah dan kendala yang dihadapi atas aktifitas pengelolaan online shop milik Anda.


Aplikasi Toko Online adalah aplikasi yang bisa membantu Anda dalam melakukan pengelolaan online shop maupun pencatatan dari data-data administrasi toko online atau bisnis online seperti data produk, stok produk, data pelanggan, pencatatan data pengiriman, resi pengiriman, perhitungan ongkos kirim, pencetakan label pengiriman, sampai laporan keuangan seperti laporan laba rugi, laporan penjualan, pembelian dan biaya. Semua bisa dilakukan secara online dan otomatis.


Dengan menggunakan aplikasi toko online yang berbasis cloud, Anda dapat memperbarui dan memantau kinerja toko online Anda dimana saja dan kapan saja. Sistem cloud pada aplikasi toko online juga membantu Anda dalam pencatatan dan akses yang mudah dan cepat. Jadi Anda tidak akan lagi melakukan pencatatan dan pendataan order atau pembelian barang secara manual pada media kertas.


Jika bisnis online Anda sudah semakin berkembang dan diharuskan untuk mengelola orderan pelanggan yang juga semakin banyak setiap harinya, tentu Anda membutuhkan aplikasi toko online untuk membantu Anda. Banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan jika Anda memutuskan untuk menggunakan aplikasi daripada melakukannya secara manual. Sehingga Anda memiliki banyak waktu untuk menyusun strategi dan fokus dalam mengembangkan bisnis Anda. Karena dalam pengelolaan online shop dan aktifitasnya sehari-hari, Anda sudah terbantu dengan adanya aplikasi toko online.


Berikut ini adalah keuntungan yang didapatkan dengan menggunakan aplikasi toko online untuk bisnis online Anda:


Pengelolaan order lebih mudah


Aplikasi toko online bisa Anda andalkan dalam melakukan pencatatan penjualan yang masuk. Anda dapat mencatat dan memantau status transaksi penjualan untuk mengetahui order mana yang belum melakukan pembayaran, belum dikirim, hingga sudah diterima pembeli. Dengan fitur yang lengkap, kini order yang masuk akan tercatat lebih rapi dan teratur.
Beberapa aplikasi juga menawarkan beberapa fitur tambahan yang bisa pengguna maksimalkan untuk membantu pengelolaan dan penganturan bisnis online nya. Biasanya yang aplikasi sediakan adalah fitur dimana Anda dapat menghitung ongkos kirim barang dari tempat penjual ke tempat pembeli. Ada juga yang menyediakan shipping label (label pengiriman) yang juga bisa dibuat secara otomatis hanya dengan melengkapi data pelanggan.


Perhitungan stok produk secara otomatis


Pencatatan manual dengan media kertas dan dokumen akan mengurangi efisiensi dari kegiatan pembaharuan data yang dilakukan dalam periode jangka waktu tertentu. Hal ini dikarenakan semua dilakukan dengan cara konvensional. Jika dokumen hilang atau terdapat kesalahan pencatatan, maka data keseluruhan harus diperbaharui satu persatu. Sehingga memperlambat dan mengganggu kegiatan penjualan maupun pembelian.
Dengan aplikasi toko online yang juga bisa menjadi aplikasi stok, dapat membantu Anda dalam melakukan perhitungan stok. Pada aplikasi, perhitungan produk yang keluar dan produk yang masuk dilakukan secara otomatis. Jadi tidak akan ada lagi kesalahan perhitungan yang biasanya diakibatkan karena perhitungan secara manual. Semua produk yang masuk dan keluar dapat terekam dan tercatat secara akurat.


Penyimpanan data yang lebih rapi


Secara manual Anda diharuskan untuk melakukan penyimpanan dalam jangka waktu tertentu dalam map atau binder yang diurutkan berdasarkan bulan. Dengan demikian jika Anda memerlukan data stok untuk saat tertentu, Anda dapat segera menemukannya. Namun, jika hal ini dilakukan terus menerus maka dokumen semakin lama akan semakin banyak dan menumpuk, sehingga data kemungkinan hilang, tertukar, atau terselip. Hal ini akan berakibat pada staff yang berkepentingan dengan dokumen tersebut. Pekerjaannya akan menjadi terhambat karena data tidak bisa ditemukan, sehingga perlu pencatatan ulang untuk mengembalikan dokumen.


Aplikasi bisa menjadi solusi dalam penyimpanan data. Data pelanggan, supplier, bahkan karyawan bisa dibuat, disimpan, dan diakses kapanpun pada aplikasi. Data yang sudah ada juga akan lebih tertata dan rapi. Tanpa media kertas, Anda tetap dapat menyimpan data karena aplikasi terhubung dengan sistem cloud.


Keunggulan dari sisi aksesibilitas dan kapasitas


Salah satu yang bisa dianggap keunggulan dari aplikasi toko online yang berbasis cloud adalah data terpusat berada di server. Kelebihan ini memungkinkan Anda mengakses cloud Anda dari mana pun selama ada sambungan internet. Misalnya, jika Anda memiliki data di cloud server yang sinkron antara komputer di perusahaan dan di smartphone, maka Anda bisa mengakses data tersebut di waktu yang sama karena data anda sudah menggunakan server berbasis cloud.


Beberapa jenis usaha/kegiatan memiliki data dalam jumlah yang besar. Semakin hari jumlah penggunanya semakin bertambah sehingga data yang harus disimpan juga semakin banyak. Hal ini akan berimbas pada sistem penyimpanan sehingga memerlukan kapasitas yang lebih besar.
Jika hanya menyimpan data-data tersebut di hardware saja, tentunya tidak akan cukup dan perlu Anda ketahui bahwa data-data tersebut tentunya penting untuk keberlangsungan usaha/kegiatan. Sehingga bukan pilihan yang tepat untuk menghapus data yang lama kemudian menggantinya dengan yang baru. Untuk itu, aplikasi berbasis cloud bisa menjadi solusi yang tepat akan hal ini.


Lebih aman dalam menyimpan data


Hal ini menjadi salah satu faktor yang paling penting karena para pengguna tentunya mengharapkan data yang tersimpan di cloud dapat terjaga keamanannya. Tidak hanya itu, dengan menyimpan data digital pada cloud akan mengurangi resiko kehilangan data jika terjadi masalah pada perangkat elektronik kita. Kejadian hilangnya data akibat kerusakan perangkat seperti komputer, laptop atau gadget lain pun bisa teratasi dengan adanya teknologi penyimpanan tersebut.


Karena sudah tahu pentingnya manfaat cloud computing untuk usaha/kegiatan Anda, Anda sudah tak perlu menunggu lebih lama untuk mengimplementasikannya. Semakin cepat Anda mengimplementasikan cloud computing untuk data Anda, maka akan semakin baik, mengingat efisiensi biaya dan waktu uang akan Anda peroleh. Selain itu, aplikasi cloud yang tepat juga akan membantu anda memberikan layanan yang maksimal untuk pelanggan. Jadi, pastikan bahwa aplikasi Anda memberikan pelayanan yang maksimal.


Clodeo adalah aplikasi toko online berbasis cloud yang memberi kemudahan dalam bisnis Anda. Dengan Clodeo, kinerja perusahaan dapat diperbarui dan dipantau dengan mudah dan cepat, dimanapun dan kapanpun. Tidak perlu khawatir catatan transaksi tercecer, karena dengan Clodeo semua transaksi dan proses bisnis dapat terekam dengan baik dan akurat. Fitur-fitur yang disediakan memudahkan Anda dalam mencatat transaksi bisnis online, dan secara otomatis Clodeo dapat menyediakan laporan keuangan secara detil seperti laporan penjualan, pembelian, biaya, dan laporan laba rugi semua dapat diakses dalam satu aplikasi.

Berikut adalah beberapa fitur yang dapat Anda manfaatkan di Clodeo:


Pengelolaan Order

Fitur ini memudahkan Anda dalam melakukan pencatatan penjualan yang masuk. Catat dan pantau status transaksi penjualan untuk mengetahui order mana yang belum melakukan pembayaran, belum dikirim, hingga sudah diterima pembeli. Dengan fitur yang lengkap, kini order yang masuk akan tercatat lebih rapi dan teratur.


Parsing
Fitur parsing memudahkan Anda dalam mencatat order yang masuk melalui chat. Cukup berikan format pesanan dari Clodeo kepada pelanggan Anda, kemudian salin data dari format yang sudah diisi oleh pelanggan ke Clodeo. Sehingga pengelolaan order lebih ringkas, mudah dan cepat.


Cek Ongkir & Resi
Pada Clodeo Anda dapat memeriksa dan menghitung berapa ongkos kirim produk secara otomatis. Selain itu Clodeo juga menyediakan fitur pengecekan resi pengiriman yang dapat dilakukan dengan cepat tanpa harus mengakses website jasa ekspedisi. Bila Anda menggunakan jasa ekspedisi SiCepat, nomor resi akan langsung muncul di akun Clodeo Anda


Cash On Delivery (COD) dengan SiCepat
Kini Clodeo dengan jasa ekspedisi SiCepat telah berkomitmen untuk bekerja sama dengan tujuan untuk memudahkan pengelolaan transaksi beserta pengiriman barang bagi para pelaku bisnis online di Indonesia yang dapat dilakukan dalam satu aplikasi. Dengan mengintegrasikan akun Clodeo Anda dengan SiCepat, maka Anda dapat menggunakan cara COD (Cash On Delivery) sebagai metode pembayaran pada pelanggan.

 
Persediaan
Catat dan ubah persediaan dengan mudah juga cepat agar stok di Clodeo selalu sesuai dengan stok yang ada di gudang. Dengan fitur persediaan, stok Anda terpantau dengan baik dan tercatat rapi di akun Clodeo Anda. Tidak ada lagi stok yang tidak terhitung atau ada perbedaan selisih. Dengan fitur ini perhitungan semua stok tersimpan dengan baik.


Aplikasi Mobile Clodeo
Aplikasi Mobile Clodeo tersedia untuk pengguna Android/iOS yang dapat diunduh di Play Store maupun App Store. Pada Mobile App, proses pembelian, penjualan dan transaksi dapat diperbarui, dicatat dan dipantau dengan menggunakan handphone yang memiliki jaringan/koneksi internet dimana saja dan kapan saja. Jadi, Anda bisa leluasa berpergian tanpa meninggalkan bisnis Anda.


Clodeo sangat mengerti kebutuhan Anda sebagai pebisnis online. Karena itu Clodeo hadir sebagai solusi dari kerumitan dari masalah yang berhubungan dengan aktifitas bisnis online Anda. Clodeo juga sudah dimodifikasi sedemikan rupa agar mudah mudah dipelajari dan digunakan oleh orang awam dan pengguna baru.


Menjadi bagian yang dapat membantu para pebisnis online seperti Anda untuk mengembangkan bisnisnya merupakan tujuan utama kami. Selain memenuhi kebutuhan online seller, kami ingin selalu memberikan yang terbaik dengan ikut tumbuh dan berkembang bersama usaha milik Anda
Dengan seluruh fitur yang ada, Clodeo diharapkan mampu memberikan segala kebutuhan bisnis Anda dalam satu aplikasi.

**originally published on: 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Gadget Selengkapnya
Lihat Gadget Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun