Mohon tunggu...
Cleo Ocean
Cleo Ocean Mohon Tunggu... Operator - Pelajar SMA STELLA DUCE 2 Yogyakarta

.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Kelasku dengan Dramanya

7 Februari 2024   04:09 Diperbarui: 7 Februari 2024   04:26 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Cerpen. Sumber ilustrasi: Unsplash

Pagi ini sangat cerah, seperti biasa aku menyiapkan diri untuk berangkat ke sekolah. Aku mengendarai motorku dan berangkat. Aku sangat menikmati hari ini mungkin karena tadi malam hujan suasana Yogyakarta sangat nikmat. Sampai di sekolah aku langsung ke kelasku, rutinitas biasa saat pagi kami berdoa dan menyanyikan lagu kebangsaan dan pembelajaranpun di mulai.

Jujur aku sangat mengantuk, udara terasa sejuk sejak pag tadi. "Hey Cila bangun!, Bu Dana udah dateng tuh" tegur Letta padaku. Aku terbangun dan mulai mengumpulkan segala tenaga untuk menerima informasi kegiatan P5 yang baru.

"Anak-anak kegiatan P5 yang baru ini berhubungan pentas menentas, ini ibu sudah kirim ke grub WA ya! Seru Bu Dana.

Sontak sekelasku menatapku dan aku terpilih menjadi sutradara dalam pementasan ini. Aku memang seorang pemain teater namun aku tidak ahli dalam bidang produser sebuah karya, aku terbiasa dengan membawakan karakter yang sudah ada bukan membuat karakter, aku juga harus membuat sebuah pementasan mengenai daerah dan kebudayaan Kalimantan. Aku tidak ada gambaran sedikitpun.

"Nana, kau kan dari Kalimantan, disana ada apa aja?" tanyaku.

"Duh akutu di bagian kota, kurang tau nih coba tanya Niel diakan dari pedalaman" jawab Nana.

Aku menoleh ke belakang dan bertanya pada Niel namun ia hanya fokus dengan laptopnya. Selama di sekolah aku tidak bisa tenang karena waktunya hanya 2 bulan untuk membuat segalanya, apa lagi aku harus satu persatu menjelaskan kepada teman teman karena mereka tidak tau secara jelas tugas dan peran mereka masing masing.

Aku bingung harus memulainya darimana, satupun di kelas tidak ada pengalaman dalam pementasan. Pulang sekolah aku mampir ke Taman Budaya Yogyakarta untuk menemui Juna temanku, dia sudah lebih dari 5 tahun di dunia pementasan aku harap dengan aku cerita dengannya masalah tugasku dapat di selesaikan.

"Ya yang jelas kamu harus buat konsepnya dulu Ci, kalo kamu langsung buat naskah dan rancangan nanti kamu bingung di tengah jalan karena gak sesuai sama tujuan kamu apa lagi ini kepanitiaannya masih gak jelas mending di benerin dulu sambil coba ngobrol sama yang lain biar ini jadi kesepakatan bersama" ucap Juna.

"besok deh aku coba tanyain dulu mereka mau yang kaya gimana" jawabku.

Keesokan harinya aku mengajak teman teman untuk membicarakan tugas P5 kita, banyak ide yang aku tampung. Dari hasil musyawarah ini kita sepakat jika kita akan menggambil salah satu cerita rakyat tentang padi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Cerpen Selengkapnya
Lihat Cerpen Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun