Mohon tunggu...
CLAUDIA LOANA WIJAYA
CLAUDIA LOANA WIJAYA Mohon Tunggu... Mahasiswa - mahasiswa

Mahasiswa Ilmu Komunikasi

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Bidang PR dan Periklanan

28 Desember 2023   20:17 Diperbarui: 28 Desember 2023   20:54 122
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Teknologi adalah salah satu hal terpenting dalam sejarah kehidupan manusia. Dan tidak dapat dipungkiri bahwa teknologi informasi dan komunikasi (TIK) tidak dapat dipisahkan dari kehidupan manusia. Dari anak-anak hingga orang tua, dari pemilik usaha kecil hingga pemilik usaha besar, kita sangat bergantung pada teknologi informasi dan komunikasi, disadari atau tidak. Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi mengacu pada kemajuan dan perkembangan teknologi yang berkaitan dengan pemrosesan, penyimpanan, dan transmisi informasi.

Public Relations (PR) kini telah menjadi alat komunikasi dengan peran yang lebih besar, bukan hanya dalam membangun citra perusahaan tapi juga pada citra produk dan merek. Di organisasi berorientasi profit atau perusahaan, ketika persaingan di dunia usaha makin tajam, manajemen perusahaan terus mencari peluang dan metode untuk mengkomunikasikan keunggulan brand nya melalui kegiatan promosi yang persuasif dan mampu meningkatkan kredibilitas produk di mata pelanggannya.

Pada saat dimana praktik promosi pemasaran melalui iklan dan insentif promosi semakin tidak popular di mata khalayak, muncul kesadaran bahwa salah satu alat promosi yang penting adalah public relations. Alat ini diyakini sebagai alat promosi yang biayanya lebih murah dan mampu meningkatkan kredibilitas. Tak bisa dipungkiri, meski public relations masih mendapatkan jatah jauh lebih kecil dalam anggaran promosi perusahaan, namun perannya sebagai alat untuk membangun brand makin signifikan.

Periklanan juga saat ini merupakan suatu bagian yang tidak terlepas dari kehidupan masyarakat, baik dalam kehidupan ekonomi maupun kehidupan sosial mereka. Melalui iklan orang dapat memberikan atau memperoleh informasi mengenai produk atau jasa yang dibutuhkan. Apa lagi pada zaman yang serba modern seperti sekarang ini dimana persaingan dalam dunia usaha semakin ketat hingga iklan dipandang sebagai suatu alat yang dapat meningkatkan daya saing dalam menunjang keberhasilan pemasaran. Untuk dapat menjalankan fungsi pemasaran, maka apa yang harus dilakukan dalam kegiatan periklanan tentu saja harus lebih dari sekedar memberikan informasi kepada khalayak. Sebagai konsumen, kita adalah sasaran iklan yang hadir hampir setiap waktu dari kehidupan kita. Jadi, pada akhirnya iklan merupakan bagian yang mau tidak mau tidak akan terlepas dari kehidupan masyarakat.

Perkembangan teknologi komunikasi dan informasi yang merambah media massa, selain mempengaruhi jurnalisme, turut pula mempengaruhi teknologi public relation dan periklanan. Jurnalisme, public relation, dan periklanan memang merupakan bagian dari komunikasi masyarakat yang masing-masing memiliki peran dan fungsi sosial. 

Bentuk dan teknik ketiganya mengalami perubahan seiring dengan perkembangan teknologi fasilitas media komunikasi dan informasi. Dalam hal ini, komputer merupakan sarana yang memegang peranan penting dalam perubahan tersebut. Perubahan tersebut mempengaruhi teknik bagaimana manusia melakukan kegiatan ekonominya baik dari segi perdagangan, distribusi, hingga pemesanan. Bagi produsen, teknologi mempengaruhi bagaimana produk mereka bisa sampai ke tangan masyarakat, sedangkan bagi konsumen, teknologi mempengaruhi bagaimana mereka mendapatkan informasi tentang kebutuhan mereka.

1.  Public Relations

  • Apa itu Public Relations (PR)

Secara etimologis public relation terdiri dari dua buah kata yaitu public dan relations. Dalam bahasa Indonesia kata publik berarti publik atau khalayak dan kata relations berarti hubungan-hubungan. Jadi publik relation berarti hubungan-hubungan dengan publik atau khalayak. Bisa juga diartikan sebagai hubungan masyarakat.

Dapat ditarik kesimpulan bahwa public relations atau humas adalah pekerjaan seseorang yang mengorganisir suatu lembaga atau perusahaan baik dari luar maupun dari dalam untuk memberikan Citra yang baik bagi khalayak pasar demi kemajuan lembaga dan perusahaan tersebut.

  • Perkembangan TIK pada Public Relations (PR)

Public relation adalah teknik menyampaikan pesan kepada masyarakat agar maksud yang kita sampaikan dapat diterima baik dan tujuan kita tercapai. Public relation pada masa-masa sebelumnya, digunakan untuk orasi, diskusi, debat terbuka, kampanye, atau segala sesuatu yang berkaitan dengan propaganda politik. Namun pada perkembangannya, public relation digunakan berbagai perusahaan untuk hubungannya dengan sosial masyarakat dalam kaitannya dengan kegiatan ekonomi seperti kegiatan promosi, pemasangan iklan, kerja sama dengan pihak lain, dsb. Selain itu, public relation juga berguna untuk mengantisipasi konflik yang terjadi pada perusahaan sebagai media penghubung agar komunikasi antarpihak yang berkonflik berjalan dengan baik.

Perkembangan teknologi media massa memudahkan aktivitas public relation. Jika dahulu public relation harus dilakukan langsung di hadapan publik, yang mana seorang penyampai pesan berdiri di tengah khalayak ramai, kini hal seperti itu tidak perlu. Melalui media massa, baik cetak (koran, majalah, tabloid, poster, pamflet, dll) maupun siar (televisi, radio, video), kegiatan public relation justru lebih efektif dilakukan. Jangkauan audience lebih luas dan pesan yang tersampaikan pada masyarakat juga lebih beragam dalam satu waktu. Dan dengan adanya internet, public relation dapat dilakukan secara online di dunia maya melalui email, chatting, web pages, blog, dsb.

Karena itulah teknik penyampaian pesan pada publik kini lebih menuntut pada kreativitas dalam mengambil hati masyarakat, bagaimana supaya masyarakat tertarik untuk menerima informasi dari suatu pihak dan mewujudkannya. Biasanya public relation akan berhasil jika ada suatu pihak yang mensponsori. Hubungan kerja sama yang saling menguntungkan ini pada akhirnya berkaitan dengan advertising dan marketing agar tujuan keduanya tercapai. Selain itu, masing-masing pihak dapat saling memberikan evaluasi dan perhatian untuk peningkatan mutu kerja sama sehingga dapat menciptakan hasil yang baik bagi pihak penyampai pesan (public relation), pihak sponsor, dan masyarakat sendiri.

Bagaimana suatu teknik suatu public relation tergantung dari apa tujuan pihak public relation tersebut. Biasanya organisasi nonprofit atau pihak dari pemerintah, menyampaikan pesan melalui promosi atau kampanye sederhana, seperti iklan layanan masyarakat atau turun langsung ke jalan bertemu langsung dengan masyarakat. Kampanye yang disampaikan biasanya berupa nasihat baik yang memang diperuntukkan untuk kelangsungan hidup negara. Misalkan, kampanye pencegahan HIV/AIDS dengan pembagian kondom oleh para sukarelawan atau penjelasan tentang bahayanya seks bebas melalui iklan televisi. Sedangkan perusahaan-perusahaan yang memang menjual produk, baik barang maupun jasa, menggunakan teknik yang lebih kompleks dan lebih kreatif seperti annual reports, press releases, telekonferensi, news conference, konferensi pers, advertorial, public tour, atau orasi langsung.

Teknik public relation ini juga dipengaruhi siapa dan bagaimana target audience, tergantung dari interest audience yang dimaksud. Hal ini juga mempengaruhi bagaimana bentuk pesan yang disampaikan. Semakin beragam target audience yang dituju, maka teknologi penyampaian pesan pun harus yang dapat menjangkau masyarakat lebih luas. Dalam suatu organisasi atau perusahaan, public relation memiliki departemen sendiri karena kekhususan fungsi dan tugas yang dijalankan, serta berperan penting dalam kelangsungan aktivitas organisasi atau perusahaan tersebut di tengah masyarakat.

  • Fungsi Dan Tujuan Publik Relation

Tujuan utama dari Public Relations (PR) adalah untuk membangun hubungan yang baik dengan berbagai pemangku kepentingan (stakeholder) dan menciptakan citra positif tentang organisasi atau individu yang mereka wakili. Beberapa tujuan PR yang khas antara lain:

a. Meningkatkan Reputasi Perusahaan:

b. PR bertujuan untuk meningkatkan reputasi organisasi atau individu di mata masyarakat, pemangku kepentingan, dan media. Dengan membangun citra positif, organisasi dapat mendapatkan kepercayaan dan dukungan yang lebih besar dari publik.

c. Meningkatkan Kesadaran Publik

d. Salah satu tujuan utama PR adalah meningkatkan kesadaran tentang organisasi, merek, atau isu-isu yang relevan. Melalui kegiatan PR, pesan-pesan penting dapat disampaikan secara efektif kepada khalayak yang lebih luas.

e. Membangun Hubungan dengan Stakeholder

f. PR juga bertujuan untuk menjalin hubungan yang baik dengan stakeholder. Melalui media relations, organisasi dapat mendapatkan liputan positif, informasi terbaru dan juga reputasi yang penting di mata publik.


Sementara itu, pada pokoknya kegiatan PR bertujuan untuk mempengaruhi pendapat, sikap, sifat, dan tingkah laku publik dengan jalan menumbuhkan penerimaan dan pengertian dari publik. PR harus selalu mengutamakan kepentingan khalayaksa sasarannya menggunakan moral dan atau kebiasaan yang baik guna terpeliharanya komunikasi yang menyenangkan di dalam masyarakat.

Kegiatan utama dari PR adalah sebagai berikut :

a. Menjalankan program terencana dan berkesinambungan sebagai bagian darimanajemen organisasi2.

b. Berurusan dengan hubungan antara organisasi dengan publiknya3.

c. Memantau pengetahuan, pendapat, sikap dan prilaku didalam dan diluarorganisasi.

d. Menganalisis pengaruh kebijakan, prosedur dan tindakan pada public




2. Periklanan

  • Apa Itu Periklanan?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun