LAPORAN HASIL PERBAIKAN PEMBELAJARAN
PENELITIAN TINDAKAN KELAS
Â
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS
PADA KEGIATAN MENGGUNTING DAN KOLASE
DENGAN MEDIA KERTAS KREP DI TK PERTIWI 2 PETARANGAN
KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS
TAHUN PELAJARAN 2021-2022
Â
Oleh :
Nama : SITI MUSLIKHAH
Lembaga: TK Pertiwi 2 Petarangan
Email: smuslikhah288@gmail.com
Â
Â
Â
LEMBAR PENGESAHAN
Â
PENINGKATAN KEMAMPUAN PENGEMBANGAN MOTORIK HALUS
PADA KEGIATAN MENGGUNTING DAN KOLASE
DENGAN MEDIA KERTAS KREP DI TK PERTIWI 2 PETARANGAN
KECAMATAN KEMRANJEN KABUPATEN BANYUMAS
TAHUN PELAJARAN 2021-2022
Kemranjen, 30 November 2021
Kepala TK Pertiwi 2 Petarangan Guru Kelas
FARKHATUL LUTFIAH, A.Ma SITI MUSLIKHAH
LEMBAR PERNYATAAN KEASLIAN
Saya menyatakan dengan sesungguhnya bahwa Laporan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang saya susun merupakan hasil karya sendiri.
Adapun bagian-bagian tertentu dalam penulisan Laporan PTKÂ yang saya kutip dari hasil karya orang lain telah dituliskan sumbernya secara jelas sesuai dengan norma, kaidah dan etika penulisan ilmiah.
Kemranjen, 30 November 2021
SITI MUSLIKHAH
Â
Â
Â
Â
Â
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kepada Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat, taufik dan hidayahNya kepada kami, sehingga dapat menyelesaikan Laporan Perbaikan Pembelajaran melalui Penelitian Tindakan Kelas.
Dalam menyusun laporan ini, peneliti banyak mendapat bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak, karena memang keterbatasan pengetahuan dan ilmu yang dimiliki oleh peneliti, maka dari itu kami selaku peneliti mengucapkan terima kasih yang setulus-tulusnya kepada :
Ibu Farkhatul Lutfiah, S.Pd Selaku Kepala TK Pertiwi 2 Petarangan
Ibu Sunarti Selaku Rekan Guru Di TK Pertiwi 2 Petarangan
Orang Tua, Suami dan Anakku Tercinta yang Selalu Mendukung dan Memberi Semangat
Semua Pihak yang Telah Membantu Tersusunnya Laporan Ini
Peneliti menyadari bahwa laporan ini masih banyak sekali kesalahan dan kekurangan, maka dari itu peneliti mengharapkan kritik dan saran yang dapat membangun dan memperbaiki laporan ini.Semoga laporan ini dapat berguna dan bermanfaat bagi para pembacanya.
Kemranjen, 30 November 2021
 Peneliti
Siti Muslikhah
ABSTRAK
Â
Siti Muslikhah, 2021, Peningkatan Kemampuan Pengembangan Motorik Halus Pada Kegiatan Menggunting Dan Kolase Dengan Media Kertas Krep Di TK Pertiwi 2 Petarangan Kecamatan Kemranjen Kabupaten Banyumas Tahun Pelajaran 2021-2022
Pendidikan Anak Usia Dini adalah pendidikan bagi anak-anak prasekolah dimana sebagian besar mereka adalah anak-anak usia 4-6 tahun, yang mana di masa-masa inilah yang termasuk dalam masa-masa keemasan, untuk itu perlu digali bakat, minat dan kemampuan masing-masing anak yang berbeda antara anak yang satu dengan anak lainnya. Untuk itulah penelitian ini dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kreatifitas anak-anak di TK Pertiwi 2 Petarangan.
Kertas krep adalah media yang akan digunakan oleh peneliti kali ini untuk mengetahui sejauh mana media ini dapat meningkatkan kemampuan fisik motorik halus anak pada kegiatan menggunting dan kolase pada anak-anak di TK Pertiwi 2 Petarangan yang berjumlah 29Â anak. Penelitian ini terdiri dari 2 siklus, di mana masing-masing siklus terdiri dari 3Â kali pertemuan. Kemampuan anak sebelum penelitian dilaksanakan mencapai 27,59 %, setelah siklus 1 selesai kemampuan anak meningkat menjadi 68,97Â %, dan setelah selesai siklus ke 2, kemampuan anak menjadi semakin meningkat menjadi 86,21Â %.
Jadi kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa kertas krep merupakan media yang dapat meningkatkan kemampuan bidang fisik motorik halus anak pada kegiatan menggunting dan kolase di TK Pertiwi 2 Petarangan.
Kata Kunci : Menggunting, Kolase, Kertas Krep
DAFTAR ISI
HALAMAN JUDUL........................................................................... Â i
LEMBAR PENGESAHAN................................................................ Â ii
LEMBAR PERNYATAAN................................................................ Â iii
KATA PENGANTAR ........................................................................ Â iv
ABSTRAK ......................................................................................... Â v
DAFTAR ISI....................................................................................... Â vi
DAFTAR TABEL...............................................................................viii
DAFTAR GAMBAR........................................................................ Â ix
DAFTAR LAMPIRAN .................................................... Â x
BAB IPENDAHULUAN.....................................................1
Latar Belakang......................................................1
Rumusan Masalah.................................................2
Tujuan Perbaikan ..................................................2
Manfaat Perbaikan................................................2
BAB IIKAJIAN PUSTAKA .....................................4
Kajian Teori .........................................................4
Pengertian Fisik Motorik Halus ................4
Pengertian Menggunting ........................6
Pengertian Kolase ................................6
Media ..............................................7
Pengertian Kertas Krep ..........................8
Kerangka Berfikir.................................................9
Hipotesis Tindakan...............................................9
Indikator Keberhasilan...............................10
BAB IIIRENCANA PERBAIKAN.......................................11
Subjek Penelitian..................................................11
Prosedur Penelitian..................................................12
Teknik Pengumpulan Data dan Analisis Data ........13
Diskripsi Per Siklus.................................................14
BAB IVHASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN...........22
Pelaksanaan Penelitian .................................22
Kondisi Awal .......................................22
Siklus I ...............................................23
Siklus II .............................................26
Hasil Perbaikan ......................................................28
Pembahasan ............................................................65
BAB VKESIMPULAN SARAN DAN TINDAK LANJUT... 67
Kesimpulan...........................................................67Â
Saran.....................................................................67
Tindak Lanjut ..........................................68
DAFTARÂ PUSTAKA.........................................................................69
Â
Â
DAFTAR TABEL
Tabel 4.1Hasil Observasi Kondisi Awal............................22
Tabel 4.2Hasil Observasi Siklus I ..................................24
Tabel 4.3Hasil Observasi Siklus II.................................26
Tabel 4.4Rekapitulasi Penilaian Peningkatan Kemampuan
Pengembangan Motorik Halus Pada Kegiatan
Menggunting  dan Kolase dengan Media Kertas Krep
di TK Pertiwi 2 Petarangan................................62
Tabel 4.5Rekapitulasi Penilaian Peningkatan Kemampuan
Pengembangan Motorik Halus pada Kegiatan
Menggunting dan Kolase dengan Media Kertas Krep
pada Kelompok B TK Pertiwi 2 Petarangan.............63
DAFTAR GAMBAR
Â
Gambar 2.1Kerangka Berpikir..........................................9
Gambar 3.1Tahap-tahap PTK..........................................12
Gambar 4.1Peningkatan Kemampuan Fisik Motorik Halus pada
Kegiatan Menggunting dan Kolase dengan Media
Kertas Krep pada Studi Awal, Siklus I, dan Siklus II.64
DAFTAR LAMPIRAN
Biodata Peneliti
Surat Ijin Penelitian
Surat Kesediaan Berperan Sebagai Penilai
Surat Kesediaan Berperan Sebagai Supervisor 2
Jurnal Kegiatan PKP Dengan Supervisor 1
Jurnal Kegiatan PKP Dengan Supervisor 2
Rencana Kegiatan Siklus I
Rencana Kegiatan Harian (RKH) Siklus I
Lembar Refleksi Siklus I
Rencana Kegiatan Siklus II
Rencana Kegiatan Harian (RKH) Siklus II
Lembar Refleksi Siklus II
Rekapitulasi Hasil Kemampuan Peserta Didik
Dokumen Kegiatan Perbaikan Pembelajaran