PEMBAHASAN
A. Pengertian Metode Problem Solving
 Metode problem solving (pemecahan masalah) menurut Duch, Allen, dan White dalam Hamruni (2012: 104) merupakan salah satu strategi pembelajaran berbasis masalah yang menyediakan kondisi untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan analitis serta memecahkan masalah kompleks dalam kehidupan nyata sehingga akan memunculkan "budaya berpikir" pada diri siswa. Sedangkan menurut Djamarah dan Zain (2006: 18) metode problem solving merangsang pengembangan kemampuan berpikir secara kreatif dan menyeluruh, karena dalam proses belajarnya, siswa banyak melakukan mental dengan menyoroti permasalahan dari berbagai segi dalam rangka mencari pemecahan. Jadi, metode problem solving adalah suatu cara yang dilakukan oleh guru dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan berpikir pada siswa serta kreatif dalam memecahkan permasalahan sosial yang ada. Pandangan tentang belajar menurut teori behavioristik, kognitif, dan humanistik pada dasarnya adalah membangun kemampuan berpikir pada siswa. Hal ini sesuai dengan pengertian metode problem solving yang dikemukakan pada paragraf sebelumnya, sehingga aktivitas belajar siswa cocok jika menggunakan metode problem solving.
1.Langkah-langkah Metode Problem Solving
 Menurut Hamruni (2012) langkah-langkah metode problem solving (pemecahan masalah) adalah sebagai berikut:
 a. Menyadari masalah.
 b. Merumuskan masalah.
 c. Merumuskan hipotesis.
 d. Mengumpulkan data.Â
e. Menguji hipotesis.
 f. Menyusun dan mempresentasikan laporan