Mohon tunggu...
Citra Devina Arsha Fadhilah
Citra Devina Arsha Fadhilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Fakultas Keguruan ilmu Pendidikan prodi PGSD Universitas Pamulang

Mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Dari Teori ke Praktik: Membangun Minat Belajar IPA dengan Strategi Menarik!

17 Oktober 2024   20:35 Diperbarui: 17 Oktober 2024   22:49 98
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Strategi Pembelajaran Bervariasi: Mengatasi Kejenuhan Belajar IPA di SD

 

Belajar IPA di SD seringkali menjadi tantangan tersendiri bagi siswa. Materi yang dianggap rumit dan abstrak, serta metode pembelajaran yang monoton, dapat menyebabkan kejenuhan dan hilangnya minat belajar. Untuk mengatasi hal ini, guru perlu menerapkan strategi pembelajaran yang bervariasi dan menarik, sehingga siswa dapat belajar dengan lebih aktif, menyenangkan, dan bermakna.

Salah satu strategi efektif adalah pembelajaran langsung dengan praktik yang dipadukan dengan metode pembelajaran lainnya. Guru dapat memulai dengan penjelasan materi secara singkat dan jelas, lalu langsung mengajak siswa untuk mempraktikkan konsep yang dipelajari. Misalnya, setelah menjelaskan tentang siklus air, siswa dapat melakukan percobaan sederhana dengan menggunakan botol plastik, tanah, dan air untuk mengamati proses penguapan, kondensasi, dan presipitasi.

 

Kelebihan strategi ini:

▪︎ Meningkatkan pemahaman konsep: Melalui praktik langsung, siswa dapat memahami konsep IPA dengan lebih baik karena mereka terlibat aktif dalam proses belajar.

▪︎ Meningkatkan motivasi belajar: Praktik yang menarik dan menantang dapat meningkatkan motivasi belajar siswa dan membuat mereka lebih antusias dalam mengikuti pembelajaran.

▪︎ Membuat pembelajaran lebih menyenangkan: Praktik langsung dapat mengubah suasana kelas menjadi lebih dinamis dan menyenangkan, sehingga mengurangi kejenuhan belajar.

 

Kekurangan strategi ini:

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun