Aksi Nyata Modul 3.1.a.10 Pengambilan Keputusan Sebagai Pemimpin Pembelajaran
PERISTIWA (FACT)
Masa pandemi covid -19 memberikan dampak yang signifikan terhadap proses pembelajaran disekolah saya, sehingga mengharuskan sekolah untuk melakukan pembelajaran menggunakan model PJJ atau daring dengan berkolaborasi bersama wali murid. Jelas ini sangat berdampak sekali pada cara belajar, sikap, dan motivasi belajar peserta didik yang menurun karena selama melakukan pembelajaran daring saya menggunakan media zoom meet, WA Grup dan aplikasi wodrwall.Â
Namun itu semua tetap saja tidak berdampak signifikan terhadap motivasi dan prestasi peserta didik bahkan tentang penerapan budaya positif di sekolah yang semakin hilang. Seperti dengan halnya kesepakatan kelas yang telah di buat bersama-sama, cenderung lupa dengan kesepakatan kelas dan keyakinan kelas yang mengakibatkan lupanya budaya positif.
Namun saat ini kegiatan pembelajaraan sudah kembali seperti semula 100 persen tatap muka, Saya mencoba mengambil keputusan berdasarkan materi pada modul 3.1 yang sudah saya pelajari.Â
Paradigma yang terjadi dalam kasus tersebut diatas adalah Rasa keadilan lawan rasa kasihan (justice vs mercy), kemudian prinsip yang saya ambil yaitu Berfikir berbasis rasa peduli ( care-based thinking ), saya mencoba menggunakan 9 langkah untuk pertimbangan bahan pengujian dan pengambilan keputusan yang akan diambil sehingga dapatlah sebuah keputusan yang tepat yaitu dengan cara melakukan pembelajaran yang kreatif,Â
inovatif dengan memanfaatkan lingkungan sekitar atau belajar diluar kelas untuk meningkatkan semangat ,motivasi dan meningkatkan kembali prestasi belajar, kemudian menerapkan budaya positif sekolah dengan mengingatkan kembali tentang kesepakatan kelas yang kemudian menjadi keyakinan kelas.
Hasil Aksi Nyata Modul 3.1
Â
Â
PERASAAN ( FEELINGS )
Saya sebagai pemimpin pembelajaran merasa tertantang dan termotivasi untuk melakukan suatu keputusan sebagai bentuk solusi atas permasalahan yang terjadi dengan menggunakan materi serta langkah-langkah yang sudah dipelajari pada modul 3.1 ini sehingga, keputusan yang saya ambil tepat dan dapat memenuhi segala kebutuhan peserta didik.
 PEMBELAJARAN ( FINDINGS )
 Dalam proses pembelajaran ini saya mengajak peserta didik dan seluruh warga sekolah ( Kolaborasi ) untuk bersama-sama membangun kembali motivasi, semangat ,sikap dan prestasi belajar peserta didik yang selama ini menurun akibat pembelajaran daring,pada tahap inilah saya dapat mengetahui kendala, hambatan dan solusi yang tepat atas permasalahan yang terjadi sehingga nanti didapat formulasi yang tepat untuk mengatasi masalah ini.
Dengan menggunakan 4 paradigma, 3 prinsip dan 9 langkah-langkah pada materi modul 3.1 memudahkan saya dalam mengambil keputusan yang tepat.
 PENERAPAN ( FUTURE )
 Setelah mendapatkan keputusan yang tepat saya mencoba menerapkan solusi dari permasalahan tersebut secara rutin dan melakukan kolaborasi bersama seluruh warga sekolah guna memfasilitasi kebutuhan belajar peserta didik yang dapat meningkatkan semangat,motivasi,sikap dan prestasi secara berkelanjutan dan terintegrasi dalam proses pembelajaran.
Â
Â
   Â
Â
    Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H