YouTube Rewind Indonesia 2020 sukses menjadi perbincangan warga net dipenghujung tahun ini. Pasalnya video yang diunggah pada 28 Desember 2020 ini mencapai belasan juta penonton dengan waktu yang sangat singkat dan menuai banyak pujian.
YouTube Rewind ini merupakan proyek kolaborasi dari beberapa Indonesian creators seperti, Chandra Liow, Aulion, Nessie Judge, Eka Gustiwana, Ananta Vinnie, Alffy Rev, dan Indonesian creators lainnya.
Sebelumnya, YouTube Rewind Indonesia merupakan sebuah konten video yang diproduksi dan dibuat oleh content creator Indonesia. Berisi rekapan video viral, acara, tren, dan musik setiap tahunnya. Bahkan tokoh-tokoh YouTube yang ditampilkan semakin meningkat setiap tahunnya.
Awalnya YouTube Rewind diproduksi dan dibuat oleh YouTube pada 10 Desember 2010 di Amerika Serikat.
Saat ini YouTube Rewind Indonesia 2020 menjadi trending #1 di YouTube. Awal pembuatan YouTube Rewind Indonesia 2020 ini diinisiasikan oleh Andovi da Lopez, Jovial da Lopez, Chandra Liow, Aulion, dan Nessie Judge. Bahkan “Rewind Indonesia 2020” juga menjadi trending satu di twitter.
Warga Twitter membicarakan YouTube Rewind Indonesia sangat bagus dan keren, bahkan mereka sangat terharu setelah menonton video tersebut.
Dikarenakan banyak antusias dari warganet maka YouTube Rewind Indonesia ini tanpa kita sadari menjadi salah satu budaya pop (pop culture) baru yang muncul di tatanan kehidupan kita.
Menyikapi Budaya Pop (Pop Culture)
Jhon Storey mendefinisikan budaya populer adalah sebuah budaya yang secara luas dapat diterima oleh masyarakat di mana budaya tersebut diperkenalkan.
Budaya populer juga melibatkan aspek-aspek kehidupan sosial yang paling aktif terlibat oleh publik (Brummett dalam Dimensi Retorikal Budaya Populer). Sedangkan publik merupakan khalayak yang merupakan partisipan aktif dalam membangun dan menginterpretasikan makna atas apa yang mereka baca, dengar dan lihat sesuai dengan konteks budaya (Street, 2001).
Rewind Indonesia sudah menjadi bagian dari pop culture sejak awal Rewind Indonesia 2014 hingga sekarang. Rewind Indonesia ini selalu dinanti dan sudah menjadi sebuah tradisi setiap tahunnya.
Siapa sih yang gaktau Rewind Indonesia? Karena banyaknya antusias dari berbagai kalangan ini menyebabkan Rewind Indonesia menjadi budaya populer.
Budaya populer muncul pada awal abad-19 di Eropa. Budaya populer tidak semuanya bersifat positif yang mana semakin diikuti juga semakin berbahaya karena bisa terbawa dalam arus globalisasi. Padahal sangat banyak khalayak yang menyukai budaya populer tersebut.
Budaya populer harus disikapi dengan baik agar tidak menyesatkan kita semua. Karena pada dasarnya YouTube Rewind ini pertama kali juga rilis dalam bentuk budaya barat yang akhirnya diikuti oleh seluruh negara di dunia.
Dari tahun ke tahunnya Rewind Indonesia selalu membawakan tema dan konsep yang berbeda dan tentunya selalu inovatif sehingga dapat membuat para penontonnya selalu penasaran dan ingin menyaksikan. Selain itu adanya Rewind Indonesia 2020 ini membuat para viewers flashback dengan apa yang sudah terjadi selama satu tahun belakang.
Seperti konsep tahun ini yang setting-nya di dalam rumah. Tentu alasannya karena keadaan pandemi virus corona yang mengharuskan masyarakat berda di dalam rumah saja. Hal ini diungkapkan oleh Yudist Ardhana melalui tayangan Youtube-nya.
Tren Tahun 2020
Pada tahun ini Video Rewind Indonesia yang berdurasi selama 14 menit 21 detik tersebut menampilkan hal-hal yang tren selama tahun 2020. Dimulai dari sebelum masa pandemi Covid-19 berlangsung hingga tred pada masa pandemi ini berlangsung.
Seperti tren memasak ala pandemi melalui resep yang dibagikan oleh TikTok, Game Among Us, tren bersepeda, make up challenge, wisuda online, drama korea viral, dan beberapa tren lainnya.
Kemudian pada menit 6:18 penonton langsung terbawa suasana mellow dengan lagu Indonesia Pusaka yang dinyanyikan oleh Hanin Dhiya dan dari layarnya muncul wajah-wajah YouTuber Indonesia, kemudian berubah menjadi warna merah dan putih sebagai bendera Indonesia. Tak sedikit yang mengatakan scene ini membuat merinding.
Seperti yang dikatakan oleh @_wonpilkim dalam akun twitternya, “Nangis jelek abis nonton Rewind Indonesia 2020 pas scene covid.”
Intinya Rewind Indonesia ini menjadi pengingat atas peristiwa-peristiwa yang terjadi sepanjang tahun 2020, baik hal yang menyenangkan ataupun yang tidak mengenakkan.
Ditambah content creator, influencer, maupun artis yang hadir dalam Rewind Indonesia 2020 ini sangat banyak seperti, Awkarin, Rachel Vennya, Nanda Arsyinta, Deddy Corbuzier, Gritte Agatha, Atta Halilintar, dan lainnya yang menambah keinginan para pengikutnya untuk menonton Rewind Indonesia sehingga RI2020 ini menjadi budaya populer setiap tahunnya.
Bahkan ayah dari selebgram Fadil Jaidi atau yang biasa dikenal sebagai Pak Muh ikut tampil dan menjadi trending nomer dua di Twitter karena aktingnya dianggap menggemaskan. Sebelumnya Pak Muh sendiri sudah banyak dikenal masyarakat terutama oleh pengikut Fadhil Jaidi karena ayah dan anak ini sering membuat konten bersama.
Rewind Indonesia 2020 ini juga merupakan karya anak bangsa yang patut diapresiasi dan dapat kita ambil sisi positifnya ya!
Bagi yang belum lihat, bisa cek video di bawah ini.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H