Mohon tunggu...
John Poni
John Poni Mohon Tunggu... -

mahasiswa

Selanjutnya

Tutup

Sosbud

Debat dengan Sang Atheis bernama Prima N: Tak Ada Sisa untuk Agama, Sains Vs. Agama

3 Juli 2012   04:26 Diperbarui: 25 Juni 2015   03:19 8220
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Berdebat dengan Atheist .... ternyatasama dengan berdebat dengan Pecundang ..... yang tanpa malu malu men delete semua kronologi debatnya ketika kehabisan argumentasi .......

Berikut ini adalah Debat antara saya dan Atheist Prima N yang komentar debatnyatelah di delete nya sendiri di artikelnyayang berjudul :

Tak Ada Sisa untuk Agama : Sains vs Agama

OPINI | 24 June 2012 | 09:10

Dibaca: 159Komentar: 1844 dari 4 Kompasianer menilai menarik

Selama ini banyak orang yang mengatakan bahwa sains dan agama melengkapi satu sama lain. Bernahkah demikian? Bagaimana bila suatu hari nanti sains dapat memberikan penjelasan ilmiah mengenai apa yang disebut mukjizat? Masihkah anda mengatakan itu mukjizat?

Perbedaan sains dan agama ada pada prinsipnya yang dogmatis versus skeptis. Sains membangun dirinya perlahan-lahan tanpa mengklaim kebenaran absolut, sementara agama dibangun pada suatu masa dan berhenti begitu saja. Perbedaannya begitu radikal, so bagi saya agak aneh mengatakan bahwa yang satu melengkapi yang lain. Terutama bila ada sebuah teori yang diklaim bertentangan dengan agama, maka akan banyak sekali muncul pseudosaintist sambil membawa ayat-ayat dan menyerang teori sains dengan membabi buta. Tidak apa-apa, hal tersebut bisa dimaklumi mengingat mereka pada umumnya berasal dari kaum yang begitu dogmatis.

Skip to mukjizat, saya ingin fokus ke masalah ini mengingat mukjizat pada faktanya telah dianggap bertentangan dengan hukum alam namun sampai sekarang masih banyak orang yang percaya. Saya ambil contoh, kemampuan Musa membelah laut merah yang bisa anda temui di tiga agama besar Langit. Dalam kondisi apa dan bagaimana tiba-tiba laut bisa terbelah? Bukankah itu menentang hukum-hukum alam, say it, gravitasi? Ada apa dengan gravitasi sehingga air laut merah tidak jatuh ke bumi, tapi malah membentuk benteng? Makin anehnya, permasalahan ini hanya terjadi di laut merah, bukan laut yang lain. Apakah gravitasi dan laut merah bersekongkol dengaan Nabi Musa? Then, ada apakah dengan Musa?

Tidak adil juga bila saya mengatakan demikian. Maksud saya, justru itulah kekuatan mukjizat. Tidak terjelaskan. Meskipun aneh, well, anda bisa mengatakan pada saya bahwa dalam suatu waktu anda bisa membelah banjir Jakarta dan mengatakan itu sebagai mukjizat. Bila kita konsisten, maka semua orang harus percaya kepada anda- dengan dalih anda adalah utusan Tuhan, maka selesai urusan-. Tapi jelas anda bertanggung jawab terhadap kebohongan publik.

Di luar skenario itu, saya ingin mempersembahkan satu lagi pertanyaan; bagaimana bila, mukjizat tersebut suatu hari dapat dijelaskan dengan penjelasan ilmiah? Sebagai pendahuluan, saya ingin menceritakan kisah usang mengenai dewa Thor dan petirnya. Mungkin anda sudah tahu bahwa dewa Thor dianggap menciptakan petir dengan kemarahannya. Now, anda tidak boleh menertawakan hal itu. Dewa Thor mungkin lelucon di masa sekarang, tapi di masanya, dia adalah keajaiban. Dan yang terpenting, mengapa kita tidak boleh tertawa, adalah karena kita harus menunjukkan simpati pada agama yang sekanrang dianut oleh mayoritas masyarakat dunia.

Bagaimana tidak, bila demikian adanya, maka agama adalah makhluk menyedihkan yang hanya menunggu waktu untuk dieksekusi oleh para saintis. Satu persatu ketika setiap keajaiban dipreteli oleh dunia ilmiah, maka yang tersisa pada akhirnya adalah sebuah kitab suci yang tak ubahnya seperti cerita Thor yang agung-.

Jadi apa yang tersisa? Mungkin hanya orang-orang percaya yang mampu menjawabnya dengan alasan tak terjelaskan.

Terimakasih.

Tanggapi

KOMENTAR BERDASARKAN :

24 June 2012 09:43:15

Coba komen ah

gini, ada sesuatu yg bukan ajaib (tidak dimengerti oleh org2 jaman dulu) tapi setelah ada sains, sesuatu tersebut justru menjadi keajaiban

contoh: ada Api didalam laut, pernah mendengar? (tahu)

Balas Pak Walikota

24 June 2012 09:46:19

tidak dimengerti tidak berarti tidak ajaib kan? lagipula keajaiban api di laut (maksudnya gunung api laut kah?)itu explainable, atau atleast anda bisa menelitinya, bukan self proclaim doang

BalasPrima N

24 June 2012 09:49:49

Qiqiq.. Sama2 dongeng

BalasWidagdo Ms

24 June 2012 09:50:58

yang satu kan explainable?

Balas Prima N

24 June 2012 10:02:08

bukan gunung berapi didalam laut, tp lava yg keluar dipermukaan dasar laut (bukan gunung). fenomena ini ditemukan kalo gak salah tahun 2008

explainable memang, tp anehnya kenapa 1400 tahun yg lalu sudah dijelaskan dlm kitab suci ya?

BalasPak Walikota

24 June 2012 11:00:16

@pak walikota. Bisa minta link?

BalasPrima N

24 June 2012 10:40:18

kita sering terpancang pada mujizat mujizat seperti tersebut yang tertulis di kitab suci yang saat ini hanyalah tinggal cerita saja

Nabi Muhammad meng klaim mujizat yang diberikan kepadanya berupa kitab al quran yang dapat kita saksikan dan buktikan kemujizatannya saat ini .

tuhan Allah tlh membuat tantangan jika siapa saja yang meragukan kebenaran al quran sebagai wahyu yang diturunkan kepada Muhammad maka dipersilakan membuat surat semisal quran .

Silakan anda menjawab tantangan dalam alquran …. Bualah surat semisal quran yang menerapkan sistim interlock dengan bilangan sedbilan belas atas jumlah surat .ayat bahkan huruf hurufnya yang semuanya adalah kelipatan bilangan 19.

Silakan anda googling dengan keyword bilangan sembilan belas untuk melihat contoh contohnya dan silakan anda membuat surat semisal quran tersebut jika sudah siap

Siapa tahu anda adalah orang pertama yg mampu menandingi mujizat al quran dari sisi penulisannya .

Tantangan mudah ini berlaku tanpa batasan waktu .

Balas John Poni

24 June 2012 10:55:26

@john poni

Actually, computer lebih menarik bagi saya. Even hp saya jauh lebih entertaining karena bisa buka google, musik, kamera, dll.

As for quran, dg kelipatan 19 nya, anda bilang hingga per huruf ya? Maksudnya seluruh huruf dalam 1 buku atau per huruf per ayat? Saya harus recheck dulu nih, ini info menarik, anyway.

Dan lagi, bila sistem interlock 19 anda katakan adalah keajaiban, apa pendapat anda tentang origin of spescies dan penemuan lampu oleh edison, juga penemuan dan buku2 lain? Bukankah mereka juga menakjubkan, meskipun, ya, mereka tidak bilang itu dari tuhan.

BalasPrima N

24 June 2012 10:52:19

Waaah…mba Prima ganti agama ya?…eeeh…salah…ganti nama ya?…

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 10:59:18

Iya ganti nama, banyak yg protes nama saya terlalu religius

BalasPrima N

24 June 2012 11:08:09

Sebenarnya tak perlu mengubah nama profile…nama Nurhidayah itu bagus kok….

Btw…Mba Prima percaya surga dan neraka?

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 11:11:42

Apa boleh buat, daripada saya dianggap anggota JIL

tidak.

BalasPrima N

24 June 2012 11:13:14

Mab Prima percaya adanya Tuhan?

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 11:14:26

Saya jawab lewat inbox saja ya?

BalasPrima N

24 June 2012 11:16:03

Maaf…saya pake HP…tidak bisa nerima Inbox Message…

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 11:18:23

ehem2…inbox2an nih

BalasAr Kus

24 June 2012 11:20:26

Saya meyakini tuhan (mungkin), tapi bukan personal god.

BalasPrima N

24 June 2012 11:21:54

@ar kus

Tuh udah sy jawab, takutnya sih saya dianggap membuat iman orang lain terguncang

BalasPrima N

24 June 2012 11:21:54

Hehehe… @Kus…padahal saya di sini menginginkan terang benderang…saling mengetahui posisi masing-masing…supaya diskusinya terarah…tidak menebak-nebak…saya menanyakan itu semua

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 11:24:29

Nah, yg pasti sy tidak percaya tuhan anda, dan tuhan agama2 langit, dan yg personal god. . .

BalasPrima N

24 June 2012 11:24:37

I see…dengan kata lain… Mba Prima masih meragukan adanya Tuhan?

That is right?

Balas Abdul Soleh

24 June 2012 11:25:36

Tuhan seperti apa yang anda yakini?

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 11:26:17

Mba prima, kalo menyebut Tuhan katanya pasti personal, tapi kalo menyebut Hukum/Law (alam semesta) munkin itu impersonal. cmiiw.

BalasAr Kus

24 June 2012 11:26:55

Tidak. Saya tidak percaya.

BalasPrima N

24 June 2012 11:28:41

That is…the point is Mba Prima tidak percaya adanya Tuhan…

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 11:30:42

@abdul

Lihat jawaban ar kus, tuhan adalah semesta, hukumnya, dan segalanya. Dan ini bukan kepercayaan, ini konsep saja mengenai semesta.

BalasPrima N

24 June 2012 11:32:31

Saya masih kabur atas pemahaman anda tentang Tuhan…bisa diperjelas?

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 11:44:07

Susah mendefinisikannya.

Pengetahuan :

1. Saya berpendapat sampai saat ini saya belum mampu mengetahui ttg tuhan.

2. However, saya juga tidak bisa mengetahui ttg pink unicorn, flying dutchman, dan naga berkepala ikan.

3. Maka, saya menempatkan diri saya pada sesuatu yg terbukti saja.

Keyakinan :

1. Saya tidak punya keyakinan pada tuhan personal

BalasPrima N

24 June 2012 11:47:57

Ok….

Ini pertanyaan saya:

1. Bagaimana jika keberadaan surga dan neraka dapat dibuktikan secara sains di masa depan?

2. Bagaiaman jika keberadaan Tuhan dapat dibuktikan secara sains di masa depan?

Balas Abdul Soleh

24 June 2012 11:52:28

Maka, anda tak perlu main kepercayaan, anda hanya akan tahu.

BalasPrima N

24 June 2012 11:54:36

Hehehe…itulah beda anda dengan saya…

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 11:56:34

Apakah anda pikir iman adalah “hadiah”? Karena sy berpikir demikian

BalasPrima N

24 June 2012 11:58:32

Tapi sebenarnya anda dan saya ada kesamaan…percaya akan kemampuan akal.

Hanya bedanya anda beranggapan bahwa akal dan pengetahuan pada saat ini sudah dapat menjawab semua persoalan…sedangkan saya beranggapan bahwa akal dan pengetahuan saat ini belum bisa menjawab semua persoalan.

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 12:00:59

Ah, tidak, saya tahu akal belum bisa menjawab semuanya. Justru akal dalam hal ini sains menawarkan kebenaran relatif, dan itu menurut saya jauh lebih relevan dg kondisi manusia yg terbatas. Agama, di lain pihak menawarkan kebenaran absolut.

BalasPrima N

24 June 2012 12:03:43

Itulah yang disebut Iman…karena akal belum bisa menjangkau semuanya…

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 12:07:54

Jadi orang bodoh pasti imannya lebih tebal dari orang pintar since orang bodoh akalnya lebih rendah dr orang pintar?

Balas Prima N

24 June 2012 12:11:06

Orang pintar adalah orang yang pandai mengantisipasi apa-apa yang belum diketahui…

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 12:25:21

orang pintar minum tolak angin hihihi…

BalasAr Kus

24 June 2012 12:30:52

Yuo…saya setuju sekali @Kus…anda pasti paham mengenai kesetujuan saya jika anda membaca fungsi jamu itu yang tertera di bungkusnya…

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 12:34:33

Udah dulu ya…mau mandi nih….

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 13:21:05

Orang pintar pandai antisipasi? Mungkin lebih tepatnya pintar oportunistik kali ya?

BalasPrima N

24 June 2012 13:47:24

Oportunistik? Maksudnya?

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 13:59:53

Iman agar tak dibakar di neraka. . .

Balas Prima N

24 June 2012 14:02:52

Salahkah itu?

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 14:07:34

Iman : percaya dg hati

Iman neraka : percaya karena takut neraka

Apakah salah?

Saya belum memikirkannya, tapi bagi saya, itu sama saja dg menjilat tuhan. . .

BalasPrima N

24 June 2012 14:10:58

Ada dua orang yang berniat mencuri tapi tidak jadi karena :

1. Orang pertama karena takut dipenjara

2. Orang kedua takut merugikan dan merampas hak orang lain.

Apa pun alasan kedua orang itu…at least mereka tidak jadi mencuri.

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 14:14:20

1. Kenapa mempersamakan dg pencuri? Apakah mereka yg tidak percaya tuhan merugikan orang lain?

2. Analogi anda menekankan pada “manfaat”, tapi apa tuhan menerima penjilat?

BalasPrima N

24 June 2012 14:16:52

Hehehehe…mba Prima semestinya melihat alasan mereka sebagai inti komentar saya…

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 14:19:16

Mengapa anda menyebut Tuhan?…sementara saya belum mendapat gambaran yang jelas mengenai Tuhan sesuai pemahaman anda….

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 14:50:58

Kasus pencuri

Alasan : a dan b

Hasil : sama2 ga jadi nyuri

But,

Alasan : iman dan takut neraka

Hasil : dipertanyakan (maka sy nanya, apa tuhan menerima penjilat? Apa tuhan sama “matinya” seperti aturan undang2 yg ditakuti pencuri?

Tuhan yg sy pake ini mengacu definisi anda.

Maaf, off dulu, batere mau abis

Balas Prima N

24 June 2012 14:55:25

“Hasil : Dipertanyakan”

Kembali pada pertanyaan saya pada komentar di atas.

Justru saya ingin menyamakan sesuai persepsi anda supaya diskusi ini terarah…

Balas Abdul Soleh

24 June 2012 14:57:14

Maksut saya mengenai pertanyaan saya tentang neraka dan surga di atas.

Saya menyebut pencuri karena anda menyebut neraka.

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 14:57:38

Persepsi apa?

BalasPrima N

24 June 2012 15:08:34

Persepsi anda tentang Tuhan…

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 19:36:41

Ilusi manusia. . .

Balas Prima N

24 June 2012 19:51:34

Bagaimana anda bisa menyimpulkan bahwa itu ilusi?

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 19:53:41

1. Belum ada bukti

2. Akal manusia terbatas

BalasPrima N

24 June 2012 19:58:40

That is…kembali ke 2 pertanyaan saya di atas tentang keberadaan surga dan neraka dan keberadaan Tuhan…dan berlanjut ke komentar-komentar berikutnya…muter balik lagi…case closed.

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 20:05:06

Besok lagi deh, sy besok uas . . . “Doakan” sukses ya

BalasPrima N

24 June 2012 20:06:04

Aamiin…

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 11:05:53

nitip sendal ya…

BalasAr Kus

24 June 2012 11:13:14

^ nah ini ada @ar kus, kebetulan, saya mau nanya : apakah anda simpatisan JIL?

Balas Prima N

24 June 2012 11:15:07

bukan, saya JIN

BalasAr Kus

24 June 2012 11:16:34

jin, baguslah, tambah satu penghuni ghaib di kompasiana

BalasPrima N

24 June 2012 11:19:23

hihihi

BalasAr Kus

24 June 2012 11:43:56

Minta linknya?

saya gak bs ngasih link2an, maklum katro wkwkwk…

buka saja mbah google ketik: Al Qur’an Api Dalam Laut

buka saja satu per satu hehe..

Balas Pak Walikota

24 June 2012 12:06:56

pa wali ada2 aja

BalasAr Kus

24 June 2012 13:22:36

Prima Nurhidayah, jangan menutup diri dari agama (Islam). Tadinya saya menduga Prima itu seorang mahasiswa Biologi dari keluarga Islam, dilihat dari namanya.

Bacalah buku lebih banyak, Teori Darwin atau teori-teori biologi yang pernah anda tuls saya kira belum seberapa dibandung luasnya ilmu pengetahuan. Semoga suatu saat anda mendapat hikmah dari ilmu pengetahuan yang mungkin sekarang masih terlalu sedikit anda pelajari. Tak tertutup kemungkinan Prima akhirnya memahami dan mempercayai agama, tanyalah ayah dan ibu anda, siapa tahu mereka punya pengetahuan atau kearifan yang tidak dipunyai oleh Charles Darwin.

Selamat belajar, mudah2an meneumkan kebenaran sebelum ajal menjemput.

Balas Hendi Setiawan

24 June 2012 13:52:05

Tepatnya mahasiswi @Mas Hendi…

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 13:58:56

@hendi

Terima kasih untuk sarannya. Saya terbuka kok

@abdul

Hmm, mencurigakan. . .

BalasPrima N

24 June 2012 14:12:39

@Prima…kok?

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 19:38:42

Kok anda bisa tau sy mahasiswi?

BalasPrima N

24 June 2012 19:49:38

Hehehehehehe…penasaran ya?…

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 19:54:55

Iya. . .

BalasPrima N

24 June 2012 19:59:59

Kasih tahu gak ya?…

BalasAbdul Soleh

24 June 2012 15:31:19

to Prima N

jika dgn komp lebih entertain buat anda so silakan pakai utk membuat surat semisal quran

keajaiban interlock 19 juga baru diketahui dgn bantuan komputer di akhir abad 20

kelipatan bil 19 adalah interlock hingga jumlah hurufnya .contoh gampang setiap awal surat quran kecuali surat at taubah parti ada kalimat basmalah yg terdiri dari 19 huruf

jumlah surat quran adalah 144 kelipatan 19.

Kekurangan satu basmalah di awal surat quran tsb ternyata digenapi dalan surat al an am yg berisi dua basmalah

silakan fun googling terus thd interlock 19 bukankah sekaligus meng emtertain anda? Tetapi al quran sudah memberi warning jhka anda tak akan mampu membuat surat semisal quran Allah tlh mempersiapkan neraka buat anda walaupun anda tak percaya ada neraka

Mengenai origin of species saya juga sudah baca dan saya juga senang bertukar pikiran dgn anda dgn argumentatif.

Mengenai lampu edison memang edison sendiri tak mengklaim dari tuhan

beda dgn al quran sebagai satu satunya mukjizat yg dpt disaksikan sampai akir zaman

happy googling and answer the quran s chalenge

BalasJohn Poni

24 June 2012 17:03:58

dan tentang penemuan penemuan yg menakjuakan jelas berbfa dengan mukjizat…

Buku dan Penemuan yg menakjubkan tsb dapat saja ditiru atau ditandingi oleh manusia lainnya sedangkan mukjizat tdk dapat ditiru atau dibuat manusia lainnya . Maka jika anda mampu membuat surat semisal quran artinya anda membuktikan alquran bukanlah mukjizat lagi

BalasJohn Poni

24 June 2012 19:52:21

Pertanyaan sy blum dijawab. . .

Soal quran, sy pikir bila anda mengatakan quran adl terbaik itu hanya self proclaim yaa

Ga percaya? Tanya orang budha, hindu, dll, apa buku paling luar biasa di dunia ini? Orang kristen, misalnya, pasti akan menjawab perjanjian baru dan menantang anda, “ada ga buku yg mengajarkan cinta kasih yg begitu tulus?” thats why itu mukjizat for christians.

Belum lagi, bagi saya komputer jauh lebih menakjubkan, hmm novel lord of the ring juga amazing, (penulisnya bikin bahasa baru lho)

So, bila anda menantang membuat buku dg sistem interlok 19, bukankah sebenarnya bukan tantangan yg wah dibanding bila anda menantang saya membuat komputer? Karena toh serba 19, diedit kan gampang? Tapi komputer? Saya harus sekolah bertahun2 dulu

BalasPrima N

24 June 2012 19:12:28

Wah ganti nama ga bilang2 euy

BalasIdoey Thea

24 June 2012 19:35:36

Biar surprise

BalasPrima N

24 June 2012 19:43:09

Ya setidaknya ngundang2 gtu hahaha

Balas Idoey Thea

24 June 2012 20:20:25

Beberapa definisi mu’jizat :

1.Sbuah kejadian yg keliatan begitu tak dpt djelaskan oleh hukum alam,yg dianggap sbg ghaib dari sumbernya atau sbuah perbuatan Tuhan

2.seseorang,sesuatu atau kejadian yg membngkitkan rasa kagum.

3.Sebuah perbuatan di luar kekuasaan manusia,sbuah kemustahilan.

Scara akal,semakin besar kmustahilan smakin besar pula mu’jizatnya.

Balas Idoey Thea

25 June 2012 19:31:36

@idoey

Saya tau kok definisinya. Sebagaimana saya tahu bahwa petir dan pelangi adalah juga mukjizat di zaman dulu

BalasPrima N

25 June 2012 19:34:06

Dan alquran pun mu’jizat terbesar yang pernah ada

BalasIdoey Thea

25 June 2012 19:35:58

Iya deh, so long anda begitu sabar menanggapi kafir seperti saya, pasti karena quran ya?

BalasPrima N

25 June 2012 19:41:19

Karena anda punya iman

Balas Idoey Thea

25 June 2012 19:46:35

Kalo ini sih murni self proclaim

BalasPrima N

25 June 2012 19:54:48

Di balik artikel yg anda buat terdapat pesan…

Salut untuk anda

BalasIdoey Thea

24 June 2012 22:17:27

To Prima N

@

Pertanyaan sy blum dijawab. . .

Soal quran, sy pikir bila anda mengatakan quran adl terbaik itu hanya self proclaim yaa

>>>>>>>> kesimpulan anda tergesa gesa dan SALAH …..

Sebelumnya saya telah mempelajari berbagai kitab suci berbagai agama …. dengan senang hati saya akan membuktikan bahwa saya telah mempelajari berbagai kitab suci …. dan hanya Al Qur’an yang terbukti kebenarannya secara historis dan sains …. sebagai contoh tentang bahtera Nuh yang dalam alkitab diceritrakan mendarat di pegunungan Ararat dan Al Qur’an menceritakan bahtera Nuh mendarat di Bukit Judi …. silakan anda googling dengan keyword Mount Judi atau cudi daghi …. anda akan menemukan fosil reruntuhan bahtera Nuh di sana tepat seperti yang diceritakan Al Qur’an …..

mengenai ajaran kristen cinta kasih yang tulus adalah bukan ajaran milik Yesus an sich

yang anda sebut cinta kasih yang tulus adalah akal akalan kristen membuang Hukum Taurat yang justru di akomodir Islam menjadi Hukum Syariat …. barangkali anda tidak pernah mempelajari berbagai agama dan sains secara utuh ….

tantangan membuat surat semisal Qur’an adalah Tuhan Allah sendiri yang menyatakan kepada orang orang yang meragukan kebenaran Al Qur’an

2. Al Baqarah

23. Dan jika kamu (tetap) dalam keraguan tentang Al Quran yang Kami wahyukan kepada hamba Kami (Muhammad), buatlah satu surat (saja) yang semisal Al Quran itu dan ajaklah penolong-penolongmu selain Allah, jika kamu orang-orang yang benar.

24. Maka jika kamu tidak dapat membuat(nya) - dan pasti kamu tidak akan dapat membuat(nya), peliharalah dirimu dari neraka yang bahan bakarnya manusia dan batu, yang disediakan bagi orang-orang kafir.

dan membuat surat semisal qur’an tidak sesulit membuat komputer yang banyak memerlukan berbagai ilmu matematika dan fisika terapan yang memang memerlukan waktu belajar bertahun tahun ….. Untuk menjawab tantangan Al Qur’an …. cuma dibutuhkan syarat bisa membaca dan menulis dan berhitung saja …. that’s all ….. dan tampaknya anda sudah memiliki kemampuan itu ….

Balas Iesus Xristus

25 June 2012 00:40:06

@prima n

sy mengamini sepenuhnya koment tanggapan iesus xristus

mungkin ada benarnya jikalau anda menyimpulkan bahwa agama sedang dipreteli keajaibannya oleh sains tetapi nampaknya tidak bisa ditujukan pada islam yg justru sebagian keajaibannya baru bisa dibuktikan pada masa perkembangan sains saat ini buktinya adalah meningkatnya pemeluk islam bersamaan menurunnya jumlah pemeluk agama selainnya

silakan anda googling dengan keyword gereja menjadi masjid maka anda akan menemukan banyak informasi fenomena gereja menjadi masjid dan tidak sebaliknya . Happy googling…

BalasJohn Poni

25 June 2012 19:30:47

@ieusus

Hmm, memang bukan bidang saya masalah keagamaan. Di artikel pun, sy menggunakan pola paling umum ditemukan di 3 agama langit : mukjizat.

Untuk tantangan, sudah sy jawab sebelumnya. Atau mau sy bikin coba2?

“Wahai sekalian para anak manusia. . . Kalian adalah hasil proses gradual yang melibatkan seleksi alam. . . Dalam tiap selmu terdapat kode kode rahasia. . .terdiri dari basa purin serta pirimidin . .wahai manusia2, berangkat sekolahlah dan junjung tinggi akalmu. . . Karena sesungguhnya kamu ini makhluk terbatas. . .jangan sombong mengatakan golonganmu yg paling benar. . . amiin!”

Whoa, saya kerenayat saya mengandung kebenaran yg ada pada matkul genetika, biokim, bio sel molekuler, dan evolusi!

Soal angka 19, saya tadi search dan ternyata deklarasi kemerdekaan amerika juga mengandung angka 19. Apa artinya amerika adl negara yg diberkati tuhan? Apalagi tgl kemerdekaan mereka juga 4 jul 1776 : 4071776 adalah kelipatan 214304 dari 19. But but, saya belum nyoba sendiri, saya jd penasaran download progamnya. Another info 4 you, dan monggo di cek sendiri, thirukkural karya tua tamil, memiliki interlock 7. Amazing huh? Saya jadi makin penasaran dg programnya.

As for cerita nuh, tolong beri linknya. But, sy minta yg jurnal ilmiah, rite? Atau anda boleh jawab :

1. Apa bukti kapal tsb adalah kapal nuh, bukan kapal lain? Apa ada tes dna.nya? Atau sekedar dicocokkan? Ini aja dulu deh,

Nanti masalah perbanjiran, kita akan bahas kondisi fisiknya, oke?

@poni

Mungkin anda bisa bantu masalah perbanjiran? Atau beri saya kode genetiknya Nuh?

BalasPrima N

25 June 2012 16:22:32

Bagaimana karangan anda bisa disebut surat semisal Qur’an ., kalau sekedar membuat karangan tanpainterlock sama sekali , setiap orang pasti bisa

BalasIesus Xristus

25 June 2012 16:22:32

1. APakah diperlukan, Sains VS Agama? Tidak perlu!

Sains domainnya pengetahuan, di dalamnya ada logika, dan bisa dibuktikan.

Agama, domainnya kepercayaan, di dalamnya hanya butuh kepercayaan, tidak perlu bukti. Kalau ada bukti, itu cuma bonus terhadap apa yang diyakini. Bonus inilah yg melengkapi Agama.

2. Namanya juga mukjizat, sesuatu yg tidak terukur, dengan perkiraan manusia. Apalagi harus terjadi di tempat lain, tidak di laut merah, misalnya.

3. Persoalan Musa dan mukjizatnya, adalah persoalan keyakinan, sebagaimana point pada no 1 di atas. Sebuah keyakinan, tidak perlu diperdebatkan, tidak perlu dibuktikan juga. Ingat, itu adalah domainnya keyakinan. Kalau “mujizat’ itu terukur tentu tidak bisa lagi disebut mujizat.

Balas Harjo

25 June 2012 16:29:35

Masih ada sisa untuk Teori Evolusi: “Teori Evolusi VS Logika Sederhana”, yaitu Pseudosains.

BalasHarjo

25 June 2012 19:32:24

@harjo

1. Saya membandingkan.

2. Petir pun mukjizat bg umat thor

3. Makanya itu agama dan sains bertentangan

Pseudosains? Right, untuk anda kan maksudnya?

Balas Prima N

26 June 2012 03:14:43

Teori Evolusi = Pseudosains

BalasHarjo

25 June 2012 19:36:05

@ Harjo

1. Sains diPERLUkan untuk menguji “kebenaran” yang diakui dalam BERBAGAI AGAMA yang ada . sebagai contoh silakan anda kunjungi pembahasan menarik tentang pengujian “kebenaran SUATU agama ” dibandingkan dengan sains di link yang bebas moderasi di bawah ini

http://xucinxgaronx.wordpress.com/2012/04/01/umur-bumi-manusia-dan-jagat-raya-menurut-alkitab/

contoh pengujian kebenaran agama yang lain juga dapat anda saksikan di sini

2. Semua mukjizat nabi nabi sebelum Muhammad hanya dapat disaksikan oleh umat sejaman dengan mereka dan saat ini hanyalah tinggal sebuah cerita …. adalah benar komentar anda bahwa generasi jaman sekarang tentu saja tak dapat mengukurnya dengan perkiraan bahkan pengetahuan yang dimilikinya sebab jejaknya telah “fade away” dimakan zaman , dan menariknya Muhammad justru mengklaim bahwa kitab suci Al Qur’an adalah mukjizat yang diberikan kepadanya sehingga umat jaman sekarangpun dapat mengujinya dengan sains

contohnya bisa anda lihat di link ini yang membahas tentang perhitungan kecepatan cahaya berdasar al QUran dibandingkan dengan sains

http://www.youtube.com/watch?v=-K1RKL7fHxg

3. Mukjizat Musa dan juga Yesus memang benar tidak bisa dibuktikan orang jaman sekarang ,. hanya satu mukjizat nabi Muhammad yang tersisa dapat diuji dengan sains

mengenai Evolusi sebetulnya saya menunggu komentar singkat penjelasan apa itu origin of species menurut apa yang diketahui pembuat artikel ini sehubungan dengan komentarnya kepada saya pada 24 June 2012 10:55:26 . Jangan jangan dia tak tahu apa yang ditulisnya …

Balas John Poni

25 June 2012 19:38:40

au bahas evolusi dengan lebih intens? At first, pelajari genetika populasi.

BalasPrima N

25 June 2012 19:40:34

ikut nimbrung, biar nambah ilmu ya…

1. kalo di kitab suci alquran sudah banyak bukti sains, mengapa tidak banyak ilmuwan barat yang berbondong-bondong memeluk islam?

2. jika sains sudah dijelaskan dalam kitab suci, mengapa banyak negara yg mayoritas muslim cenderung masih terbelakang?

mksh.

Balas Ar Kus

25 June 2012 19:45:11

@pak ar kus, siap2 debat panjang lebar yaa,sy gantian jadi penonton ah,

Anyway kalo ada tokoh agama yg bisa membuat tobat dawkins dan hawkings, saya angkat topi tinggi2

BalasPrima N

25 June 2012 19:54:10

prima, sy cuma titip sandal kok, kalo acaranya selesai sendal mau sy ambil lg…

Balas Ar Kus

25 June 2012 20:03:05

@Arkus

1.mereka belum mengenal Islam

2.mereka belum mengamalkan Islam

Balas Idoey Thea

25 June 2012 20:10:11

@idhoey:

wah sayang sekali ya, jika benar alquran merupakan kitab sains, tentunya akan tergali lebih banyak pengetahuan buat kemaslahatan umat manusia. gimana kalo kita promosikan sama mereka?

apalagi islam sudah 14 abad lalu didirikan…

nah, anda sendiri untuk membuktikan bahwa alquran sesuai sains menggunakan a) analisis indeks, atau b) analisis kontrastif?

Balas Ar Kus

25 June 2012 20:25:43

Wah saya bukan akademisi sperti mbak prima mas,basic saya di formal cuma SMK

Yang jelas membaca alquran itu membaca diri bagi saya.

Salam,

Balas Idoey Thea

25 June 2012 20:37:12

Islam sudah didirikan 14 abad yg lalu?

Siapa yg mendirikan?

Balas Idoey Thea

25 June 2012 20:53:08

1. jadi yg membuat anda yakin Islam sesuai sains itu apa? bagi sy sendiri membandingkan kitab suci dgn sains agak riskan begitu ya, sebab jika ada satu saja ayat yg tidak sesuai akan menggugurkan kesucian kitab tersebut.

2. Bisakah dibuktikan kebenaran tersebut menggunakan pendekatan sains itu sendiri?

- misal, surat 86: 5-7, bagaimana penafsirannya?

Balas Ar Kus

25 June 2012 21:04:13

1. Topiknya alquran yg artinya bacaan.tentang sains,dlm alquran berupa temanya. Penjelasan sesuai tingkah laku manusia.

2. Saya baru belajar membaca ayat pertama,belum nyampe ke sana.

Balas Idoey Thea

25 June 2012 21:12:23

Bisa anda jelaskan pemahaman anda tentang alquran itu sendiri?

Balas Idoey Thea

26 June 2012 06:00:19

bagi saya, Al Quran bukanlah kitab sains, namun petunjuk hidup bagi manusia. Bagi yang mengimaninya, ia tidak butuh bukti untuk kebenaran isinya.

Balas Ar Kus

26 June 2012 07:31:55

Lho kan AlQuran itu memang buktinya.

Bukti yang nyata

Balas Idoey Thea

26 June 2012 08:13:48

setuju, bukti yang sangat nyata…bagi kita yg mengimaninya.

Balas Ar Kus

26 June 2012 11:37:54

Yups,makanya wajar lah kalo masih ada yg bandel

Balas Idoey Thea

25 June 2012 23:19:15

@Prima N

Mau bahas evolusi dengan lebih intens? At first, pelajari genetika populasi.

JAWAB :

Ah ternyata betul perkiraan saya bahwa anda memang tak tahu apa yang anda tulis .

sebetulnya saya senang bila bisa berdebat dengan anda sesuai dengan arah yang anda bawa yaitu origin of species …. dan nampaknya anda tidak punya nyali menunjukkan pengetahuan anda tentang origin of species seperti yang saya perkirakan sejak awal …

kemudian anda meloncat ke lain topik …. dan saya juga yakin anda juga asal nulis saja dengan “genetika populasi ” … dan hebatnya anda kemudian menyatakan ” @pak ar kus, siap2 debat panjang lebar yaa, sy gantian jadi penonton ah,”

mungkinkah anda hasil evolusi dari katak …. kok pinter meloncat loncat ??

Balas Iesus Xristus

26 June 2012 10:37:30

@ieus

http://kompasiana.com/post/edukasi/2012/06/23/biologi-evolusi-pengantar/

Disini kalau mau debat lebih intens. But disini pure sains, jangan bawa2 ayat.

Tidak usah mengatakan sy ini itu, masalahnya debat evolusi itu bisa panjang, terutama kalau anda i.d.er atau creationist.

Saya ga meloncat ke topik lain ::capedeh:: saya cuma menyapa teman saya kok. Ga ada hubungannya dg anda. Idih GR amat.

Balas Prima N

25 June 2012 23:54:29

to Ar Kus

@

1. jadi yg membuat anda yakin Islam sesuai sains itu apa?

>>>>>>>

1. silakan menuju link ini , Al Qur’an ditulis pada abad 7 dan bersesuaian dengan berbagai penemuan saintik abad 20 dan 21 .

http://www.speed-light.info/miracles_of_quran/

========

@

bagi sy sendiri membandingkan kitab suci dgn sains agak riskan begitu ya, sebab jika ada satu saja ayat yg tidak sesuai akan menggugurkan kesucian kitab tersebut.

>>>>>>>> hadapilah kenyataan,

contohnya link ini menelanjangi keimanan kristen berdasar pengetahuan forensik medis dan tak ada satupun apolog kristen yang mampu membantahnya , anyway silakan anda membantu mereka … kasihan tuh kristenersnya atau kalau anda atheis silakan disebar luaskan …. semuanya di free kan oleh adminnya

http://xucinxgaronx.wordpress.com/2011/11/08/yesus-mati-disalib

=======

@

2. Bisakah dibuktikan kebenaran tersebut menggunakan pendekatan sains itu sendiri?

- misal, surat 86: 5-7, bagaimana penafsirannya?

>>>>>>>>>

Surat 86:5-7 yang tertulis pada abad 7 baru bisa dibuktikan kebenarannya pada tahun 2007

silakan baca link ini

http://www.tempointeraktif.com/hg/iptek/2007/04/19/brk,20070419-98317,id.html

BalasJohn Poni

26 June 2012 06:21:02

Bila anda mencoba mengambil penjelasan sains untuk mendukung klaim religius anda, anda tampaknya lebih mempercayai sains daripada klaim religius dan berarti anda secara tidak sadar mengakui kalau sains lebih superior. Sains tidak memerlukan dukungan agama, sebaliknya tampak kalau agama berusaha mendapatkan dukungan sains. Mengambil penjelasan sains untuk mendukung klaim religius juga menunjukkan kalau anda tidak beriman karena masih membutuhkan penjelasan ilmiah atas sesuatu yang seharusnya anda percayai begitu saja.

Balas Ar Kus

26 June 2012 00:38:33

@ Prima

As for cerita nuh, tolong beri linknya. But, sy minta yg jurnal ilmiah, rite? Atau anda boleh jawab :

1. Apa bukti kapal tsb adalah kapal nuh, bukan kapal lain? Apa ada tes dna.nya? Atau sekedar dicocokkan? Ini aja dulu deh,

Nanti masalah perbanjiran, kita akan bahas kondisi fisiknya, oke?

Jawab:

Qur’an Surat

11. Huud 44. Dan difirmankan: “Hai bumi telanlah airmu, dan hai langit (hujan) berhentilah,” dan airpun disurutkan, perintahpun diselesaikan dan bahtera itupun berlabuh di atas BUKIT JUDI, dan dikatakan: “Binasalah orang-orang yang zalim .”

Al Qur’an menceritakan bahwa bahtera Nuh mendarat di BUKIT JUDI …. dan silakan anda search di Google dengan keyword “MOUNT JUDI” atau “CUDI DAGHI” … anda akan menemukan berbagai artikel dan photo fosil berbentuk perahu besar di koordinat Latitude: 39°26’26.26″N Longitute: 44°14’5.30″E …. dalam Google Earth

dan ini saya tunjukkan linknya langsung dari situs publikasi penemu bahtera Nuh , photogrametrynya di link ini sama persis di koordinat google earth yang saya sebutkan di atas

http://wyattmuseum.com/noahs-ark-04.htm

======

kemudian ini link penggaliannya

http://wyattmuseum.com/noahs-ark-09.htm

=====

ini link analisis laboratnya

http://wyattmuseum.com/noahs-ark-08.htm

========

ini link penemuan paku kapal sesuai dengan yang tertulis dala Al Qur’an

54. Al Qamar 13. Dan Kami angkut Nuh ke atas (bahtera) yang terbuat dari PAPAN DAN PAKU

http://wyattmuseum.com/noahs-ark-10.htm

========

kemudian terakhir ini link radar scan area tersebut

http://wyattmuseum.com/noahs-ark-06.htm

so dengan penemuan bahtera Nuh tersebut anda dapat membandingkan mana yang benar Al Qur’an di Surat 11. Huud 44. ataukah Alkitab di Kejadian 8:4

bila komentar saya ini dihapus oleh admin ., anda bisa mengikuti debat antara apologis kristen tentang bahtera Nuh di sini

http://xucinxgaronx.wordpress.com/2011/08/16/bukti-ayat-ayat-palsu-di-alkitab/

mulai tanggal 11 Oktober 2011 pada 16:12 |

Balas Iesus Xristus

26 June 2012 10:38:56

@ieus

Wah, anda bawa2 ron wyatt. Anda tahu siapa dia?

Btw yang anda kasih itu bukan jurnal ilmiah. Masa anda ga bisa membedakan mana yg jurnal ilmiah dan mana yg bukan?

Kita pending dulu cocokologi anda sebelum anda menemukan jurnal ilmiahnya. Oke? Nantinya, harus clear bukti ada banjirnya dan bukti itu kapal nuh, bukan kapal orang babilonia, sumeria, mesir, atau bahkan skandinavia. Karenaa. . . Mereka juga punya cerita banjir besar sbgmn nabi anda.

As for orang kristen, please grow up. Anda datanglah kesini dg iman anda, ga usah bahas iman orang lain.

Balas Prima N

28 June 2012 20:32:10

@ Prima N

ron wyatt adalah orang yg menyelidiki hasil photo yg dibuat durupinar di bukit judi dan ketika perjadi gempa di lokasi tsb terbukalah bentuk kapal seperti yg tergambar dalam berbagai photo di internet.

Setelah melakukan penelitian atas reruntuhan berbentuk kapal tsb .ron wyatt sampai pada kesimpulan bahwa reruntuhan tsb adalah fosil struktur buatan manusia berupa kapal

itu cerita sinkatnya kalav anda mengaku suka komputer tentu tak perlu menanyakan siapa ron wyatt sekali klik anda akan tahu siapa ron wyatt

mengenai cerita banjir nuh . Al quran menerangkan terdamparnya di bukit judi tepat di lokasi penemuan ron wyatt so cerita banjir nuh ternyata dibuktikan kebenarannya oleh sains .dan tentang jurnal ilmiah tentu saja adalah hak ron wyatt

so hubungi saja di situsnya

bukti bukti fosil kayu .paku .batu pemberat dan lokasinya di bukit judi menghasilkan konklusi kebenaran keterangan quran tentang bahtera nuh

Laporkan Komentar

Balas Iesus Xristus

29 June 2012 10:09:22

@ieus

Jangan bikin saya jengkel. Ron wyatt adalah pseudosaintist. And, dia melakukan pekerjaannya based on his belief in bible. Anda buta huruf ato gimana sih? Anda mengklaim temuan wyatt yg adalah seorang kristen dan menganggap mereka cocokologi. So, anda cocokologi dari cocokologi?

Dan spt yg sudah saya katakan : mana jurnal ilmiahnya? First, ron wyat is pseudoscientist. Kedua temuannya bukan dalam bentuk jurnal ilmiah, so bgmana saya bisa percaya bahwa temuannya tidak bias?

Balas Prima N

29 June 2012 10:11:29

1 July 2012 13:00:55

ente betul bahwa Ron Wyatt adalah orang kristen dan mendapat sokongan dana dari gereja untuk mencari bahtera Nuh yang menurut alkitab berada di Pegunungan Ararat ,

so Ron mengaduk aduk seluruh pegunungan Ararat baik ararat besar maupun ARARAT kecil dan tak menemukan apapun ,

kemudian dia mendengar kabar ( setelah terjadi gempa awal tahun 1978 ) bahwa ada reruntuhan menyerupai bentuik kapal di bukit Judi , so dia pergi ke sana dan menelitinya dan meyimpulkkan bahwa reruntuha itu adalah struktur bangunan buatan manusia berbentuk kapal , dan dia menyimpulkan itulah bahtera Nuh .

So penemuan Ron Wyatt ternyata SESUAI DENGAN kebenaran Al Qur’an bahwa bahtera Nuh mendarat di bukit Judi bukannya di ARARAT ….

Balas Iesus Xristus

26 June 2012 03:36:20

@All, sesuai judul yg dibuat oleh penulis di atas, Sains VS Agama.

Sains adalah domainnya pengetahuan, ada metode ilmiahnya untuk membuktikan benar tidaknya pengetahuan tersebut.

Agama adalah domainnya keyakinan. kepercayaan.

Soal keyakinan ini tidak perlu diperdebatkan, untuk apa?

Mari kita hargai sesuai dengan keyakinan masing-masing. Termasuk keyakinan untuk menjadi atheis, agnostik, dsb.

Nah, kalau sains, teori evolusi, itu memang ada ruang untuk diperdebatkan. Silahkan.

Sekali lagi, hentikanlah perdebatan soal Agama, tidak perlu. Ini akan membuat Mbak Priima itu tertawa ….

Dan maaf, link-link yang disertakan, yg tujuannya menjatuhkan salah satu Agama, saya tidak pernah baca. Maaf.

Balas Harjo

26 June 2012 10:33:37

to Harjo

@

Sekali lagi, hentikanlah perdebatan soal Agama, tidak perlu. Ini akan membuat Mbak Priima itu tertawa ….

>>>>>>>>>>

yang benar …mbak Prima malah inquisitive ingin tahu tentang bukti bukti bahtera Nuh yang ditemukan di BUKIT JUDI ( berdasar pertanyaan terakhirnya )….

=========

@

Dan maaf, link-link yang disertakan, yg tujuannya menjatuhkan salah satu Agama, saya tidak pernah baca. Maaf.

>>>>>>>>>>

memang sains adalah domainnya pengetahuan ,

jika anda menyatakan bahwa agama adalah domainnya hanya melulu kepercayaan dan keyakinan …. maka mbak Prima cukup cerdas jika menyimpulkan di akhir threadnya sebagai berikuit : …’

” Jadi apa yang tersisa? Mungkin hanya orang-orang percaya yang mampu menjawabnya dengan alasan tak terjelaskan.” …..

dan link link yang saya sertakan tsb adalah bukti bagaimana Sains mempreteli kebenaran salah satu agama sampai tak ada sisanya seperti yang dinyatakan mbak Prima …. lagipula visi misi link tersebut adalah mengasah ingatan , mengolah pikiran , mencari kebenaran …. yang sangat wajar jika berbenturan dengan berbagai pendapat lainnya …. bukan jatuh menjatuhkan salah satu agama ….. pengunjung maupun adminnya juga cukup santun tak pernah mengeluarkan pernyataan pernyataan yang melecehkan agama ….

Balas John Poni

26 June 2012 10:40:55

@harjo

Jelas saya bahagia :: mereka ga tau siapa musuhnya disini

Balas Prima N

26 June 2012 10:45:46

@poni

Bawa iman anda sendiri.

BalasPrima N

26 June 2012 10:52:16

@John, Saya kira Islam adalah Agama yg sangat luar biasa, dengan tanpa harus menjelekan Agama yg lain. Demikian juga Kristen. Marilah kita saling menghargai apa yang menjadi keyakinan orang lain. Sampaikan argumentasi dengan elok tanpa harus mencela “mempreteleli” Agama orang lain.

Orang meyakini suatu Agama tertentu, tentu oleh karena adanya pengalaman rohani dengan siapa yg Dia yakini. Kita tidak bisa meyakinkan orang lain dengan menjelelekan keyakinan orang lain.

@Prima, jadi benar ya, semua kecap nomor 1

Balas Harjo

26 June 2012 10:55:05

Kecap saya kualitas terbaik om,tuh sampe pada kebakaran jenggot dan malah menyerang agama lain. Tapi anda ga mempan2, hebat!

Balas Prima N

26 June 2012 11:09:02

to Ar Kus

@

Bila anda mencoba mengambil penjelasan sains untuk mendukung klaim religius anda, anda tampaknya lebih mempercayai sains daripada klaim religius dan berarti anda secara tidak sadar mengakui kalau sains lebih superior.

>>>>>>>>>

mengapa saya mendapat kesan bahwa Logika anda kelihatannya terjungkir ????

Al Qur’an dibuat abad 7 masehi pada saat ilmu pengetahuan belum berkembang seperti saat sekarang ini dan akan terus berkembang …. dan ternyata satu demi satu ayat ayat al Qur’an yang mungkin anda tertawakan seperti halnya Surat 86:5-7 justru dibuktikan kebenarannya oleh sains pada tahun 2007 …. baru pada 5 tahun yang lalu .

So jika mbak Prima skeptis dengan pernyataannya sebagai berikut :

“ Selama ini banyak orang yang mengatakan bahwa sains dan agama melengkapi satu sama lain. Bernahkah demikian? “ ........ dst

>>>>>>>>>

maka Al Qur’an adalah jawabannya ….. Al Qur’an adalah satu satunya kitab suci yang telah membuktikan kemukjizatannya dari sisi sains ….. sementara kitab suci lainnya dipastikan akan dipreteli dan tumbang berhadapan dengan sains … ( maaf … kalimat terakhir saya jangan anda artikan sebagai menjatuhkan sesuatu agama )

==========

@

Bagaimana bila suatu hari nanti sains dapat memberikan penjelasan ilmiah mengenai apa yang disebut mukjizat? Masihkah anda mengatakan itu mukjizat? ”

>>>>>>>>

Sains bisa saja menganalisa mukjizat …. dan yang namanya mukjizat pasti tetap saja tak akan mampu ditandingi oleh manusia secerdas apapun ….. kalau dapat ditiru manusia namanya mukjizat mukjizatan … contohnya adalah promosi dengan judul mujizat penyembuhan ilahi yang sering dilakukan oleh suatu agama …yang ternyata tak 100 persen berhasil ….

Balas John Poni

26 June 2012 11:20:09

Gini lho, maksud sy agama vs sains, adalah absolutisme vs skeptisme. Sains selalu berkembang, sementara agama mandeg begitu saja. Sains itu kritis, kebenarannya relatif dan berubah2. Jadi apa keduanya saling melengkapi? Tidak kecuali anda menggunakan cocokologi.

Balas Prima N

26 June 2012 11:44:40

@poni

Bagi saya menyandingkan kitab suci dengan sains tetap riskan. Hal ini beranjak dari paradigma yang berbeda di antara keduanya. Agama itu statis, sains itu dinamis. Kitab suci dalam agama itu kebenarannya di anggap absolut, tak bisa dibantah, mutlak, sehingga yang lain adalah salah. Di sisi lain sains terus berkembang dan siap diruntuhkan kapan saja, jika ada bukti dan teori baru yang lebih kuat.

Jika anda meyakini bahwa ayat-ayat tersebut sesuai dengan sains, sekali lagi hal ini sangat riskan. Bagaimana jika 5-50 tahun ke depan ada temuan baru atau teori baru yang berbeda dengan yang sekarang anda anggap sesuai dengan kitab suci, apakah berarti bahwa kitab suci tersebut adalah salah?

Balas Ar Kus

26 June 2012 11:35:04

Hahaha

Ada ya ilmu cocokologi

Balas Idoey Thea

26 June 2012 11:35:58

Hahaha

Ada ya ilmu cocokologi

Balas Idoey Thea

26 June 2012 11:37:57

Adalah, banyak kok pakarnya. mungkin mas idoey juga?

Balas Prima N

26 June 2012 11:39:15

Saya mah bercocok tanam aja ah

Balas Idoey Thea

26 June 2012 11:43:40

Bagus deh, itu lebih produktif drpd cocokologi

Balas Prima N

26 June 2012 11:46:06

Lagian aneh2 aja ada cocokologi

Klaim pribadi itu mah wkwkwk

Balas Idoey Thea

26 June 2012 11:51:24

Wah, anda mengambil magic word saya

Balas Prima N

26 June 2012 11:53:10

Cuma minjem bentar,lagian kan belum dipatenkan

Balas Idoey Thea

26 June 2012 12:07:12

to Prima N

@

26 June 2012 11:20:09Gini lho, maksud sy agama vs sains, adalah absolutisme vs skeptisme. Sains selalu berkembang, sementara agama mandeg begitu saja. Sains itu kritis, kebenarannya relatif dan berubah2. Jadi apa keduanya saling melengkapi? Tidak kecuali anda menggunakan cocokologi.

>>>>>>>>>>>

nah semakin kelihatan inonsistensi komentar anda dengan thread yang anda tulis sendiri seperti ini

“ Bagaimana tidak, bila demikian adanya, maka agama adalah makhluk menyedihkan yang hanya menunggu waktu untuk dieksekusi oleh para saintis. ”

SO ..bagaimana mungkin anda bisa berpendapat seperti di atas jika anda sendiri menyatakan ” sains itu kristis KEBENARANNYA RELATIF DAN BERUBAH UBAH ….

bagaimana suatu yang kebenarannya relatif dan berubah ubah bisa dikatakan mampu untuk mengeksekusi ( “makhluk menyedihkan yang bernama “agama ….. dan fakta yang ada …. justru kebenaran sains yang anda nyatakan relatif dan berubah ubah tersebut bersesuaian dengan keterangan keterangan dalam Al Qur’an ….. bukan pada kitab suci lainnya…..

menurut saya istilah sains itu relatif dan berubah ubah itu memeng benar tetapi arahnya adalah menyempurnakan pengetahuan yang ada sebel;umnya …. contohnya adalah ( jika anda menguasai ilmu fisika ) tentang energi gerak yang menurut fisika klasik Newton adalah 1/2 x massa x kecepatan kwadrat ……

ternyata disempurnakan dalam teori relativitas Einstein dengan rumus dasar yang sama dengan fisika klasik yaitu 1/2 x massa x kecepatan kwadrat + kecepatan relatif massa tersebut dibagi kecepatan cahaya kwadrat …..

so sains memang berubah menyempurnakan dirinya sebagaimana penemuan ilmuwan tahun 2007 tentang sel sperma dan sel telur yang berasal dari antara tulang sulbi dan tulang dada….. tak mungkin berubah menjadi tulang kaki atau tulang hidung….

dan jika anda menyatakan bahwa saya menyerang agama tertentu …..maka sebenarnya menunjukkan kepicikan logika anda sendiri yang menyamakan semua agama ….

memang ada agama yang dipastikan menjadi makhluk menyedihkan menunggu waktu dieksekusi saintis …. dan justru ada PULA agama yang dibuktikan kebenaran keterangannya oleh penemuan saintis ….. saya hanya sekedar menunjukkan memang benar ada “agama yang menyedihkan” tersebut lengkap dengan contohnya …..

dan anehnya komentar terakhir anda malah terkesan membantah pernyataan di thread anda sendiri …. so tak salah kalau sejak awal saya sudah menyatakan ” JANGAN JANGAN ANDA TAK TAHU tentang YANG ANDA TULIS “

Balas John Poni

26 June 2012 14:16:58

@johni

Cuape dehhh

Inkonsistensi komentar saya dg artikel?? Perasaan koment saya itu jelas tertulis di artikel yg saya buat. Dan jelas juga argumen sy mengenai mengapa sains akan membantai agama. So, baca ulang dg baik. Dg term kunci tambahan supaya anda paham: cocokologi. Kalo masih belum paham, nanti baru sy jelaskan ulang.

Pardon me, sel gamet antara tulang dada dan subil?? Dan ini keajaiban? Yah, rite. Maaf sy ga sopan. Tp di bawah tulang dada itu masih ada sambungan rusuk dan jg vertebrae, kalo mau akurat harusnya nyebut vertebrae lumbal donk. Tapi, even kalo anda bilang sel gamet dari otak juga bisa di cocok2in lho since FSH, LH, dkk dirangsang oleh hipotalamus ke pituitari anterior.

Kalau mau bilang sperma diciptakan di “ruangan” dingin juga bisa dicocokin karena memang letaknya di skrotum. . . Dan kalo mau bilang, ada pengkhianatan saat persiapan fertilisasi juga boleh krn memang hormon2nya “ada yg berkhianat”. Ha, asyik sekali main cocok2.an, semua bisa masuk. .

Menyamakan agama? Nah, pertama2, sy dalam artikel memang hanya menggunakan pola umum. Tapi bila anda mau fokus membuktikan agama anda beda, ya monggo, ga usah bw2 agama lain.

Dibuktikan atau dicocokkin?

Balas Prima N

26 June 2012 12:26:45

Efek positipnya :

Saya punya guru gratis di diskusi ini

Thanks All

Balas Idoey Thea

26 June 2012 12:32:23

to Ar Kus

@ Jika anda meyakini bahwa ayat-ayat tersebut sesuai dengan sains, sekali lagi hal ini sangat riskan. Bagaimana jika 5-50 tahun ke depan ada temuan baru atau teori baru yang berbeda dengan yang sekarang anda anggap sesuai dengan kitab suci, apakah berarti bahwa kitab suci tersebut adalah salah?

>>>>>>>>>

silakan baca komen terakhir saya di atas ….

Balas John Poni

26 June 2012 12:37:22

ok sementara saya cabut dulu ….. nanti malam insya Allah sambung lagi …..

Balas John Poni

26 June 2012 13:34:30

1. Temuan sains tidak selalu memperkuat, bahkan bisa jadi berkebalikan atau menjungkirkan dengan yang kita yakini selama ini. Geosentris vs heliosentris adalah contohnya.

Sains itu berjalan ke masa depan, dogma agama itu berjalan ke masa silam. Jelas, beda paradigmanya.

2. Utk penggalan “Surat 86:5-7 yang tertulis pada abad 7 baru bisa dibuktikan kebenarannya pada tahun 2007” sy baca bolak-balik tidak menemukan sains di sana, mungkin bisa diperjelas, sainsnya di mana?

3. Sy masih berkeyakinan, membandingkan fakta sains dengan dogma agama adalah salah satu kesalahan dari orang beragama. Istilahnya sering kita sebut COCOKMOLOGI yang dipaksakan.

Cocokmologi adalah upaya mencocok-cocokan fakta ilmiah dengan penggalan ayat kitab suci yang secara tekstual sangat kabur.

Caranya: diambilah fakta ilmiah yang sudah diakui, lalu disandingkan dengan suatu ayat yang kurang lebih cocok dengan fakta ilmiah yang sudah diakui tersebut. Pastilah cocok, emang niatnya mencocok-cocokan kok.

Balas Ar Kus

26 June 2012 23:26:47

to Prima N dan Ar Kus

@Prima N

Cuape dehhh

Inkonsistensi komentar saya dg artikel?? Perasaan koment saya itu jelas tertulis di artikel yg saya buat. Dan jelas juga argumen sy mengenai mengapa sains akan membantai agama. So, baca ulang dg baik. Dg term kunci tambahan supaya anda paham: cocokologi. Kalo masih belum paham, nanti baru sy jelaskan ulang.

>>>>>>>>

silakan baca ulang copasan saya ini …

bagaimana suatu yang KEBENARANNYA RELATIF DAN BERUBAH UBAH bisa DIKATAKAN MAMPU UNTUK MENGEKSEKUSI ( “makhluk menyedihkan yang bernama )“ AGAMA….. dan fakta yang ada …. justru kebenaran sains yang anda nyatakan relatif dan berubah ubah tersebut bersesuaian dengan keterangan keterangan dalam Al Qur’an ….. bukan pada kitab suci lainnya…..

bukti sudah ada contohnya tentang bahtera Nuh yang dalam Qur’an mendarat di bukit Judi sesuai dengan fakta yang ada …. apakah yang seperti ini anda sebut cocokologi ????

kalau cocokologi dari bahtera Nuh itu contohnya seperti ini silakan lihat link tentang bahtera Nuh di sini

http://www.arkdiscovery.com/noah%27s_ark.htm

kemudian silakan lihat kalimat terakhir pada bab THE BIBLE

The ark came to rest in the mountains of THE ANCIENT COUNTRY OF URARTU, not on Mt. Ararat.

nah itulah usulan perubahan teks pada Kitab Kejadian 8:4 yang ASLINYA berbunyi

Genesis 8:4 And the ark rested in the seventh month, on the seventeenth day of the month, upon THE MOUNTAINS OF ARARAT.

========

@

Pardon me, sel gamet antara tulang dada dan subil?? Dan ini keajaiban? Yah, rite. Maaf sy ga sopan. Tp di bawah tulang dada itu masih ada sambungan rusuk dan jg vertebrae, kalo mau akurat harusnya nyebut vertebrae lumbal donk. Tapi, even kalo anda bilang sel gamet dari otak juga bisa di cocok2in lho since FSH, LH, dkk dirangsang oleh hipotalamus ke pituitari anterior.

>>>>>>>>>

nampaknya anda tak mampu menangkap keyword dari link Tempo Interaktif …. silakan baca pelan pelan anda cocokkan darimana ada istilah sel gamet ???? kapan saya pernah bilang sel gamet ????

TEMPO Interaktif, London:

Peneliti dari Jerman telah menciptakan cikal bakal sel sperma buatan. Profesor Karim Nayernia dan timnya dari Universitas Göttingen And Münster dan Sekolah Kedokteran Hannover di Jerman, berhasil membuat sel germ-cikal bakal sperma, dari sel stem di SUMSUM TULANG LELAKI ….

langsung loncat ke sini

Bagaimana dengan sumsum tulang perempuan? Nayernia mengatakan bila pada lelaki teknik itu berhasil, maka bukan tak mungkin perempuan pun bisa membuat spermanya sendiri dan menghasilkan anak tanpa bantuan lelaki.

silakan ambil kesimpulan sendiri …. kalau anda pintar membuat cocokologi dengan membuat buat istilah ” sel gamet ” …. mestinya tanpa cocokologi pun anda dapat menyimpulkan dengan tepat …. bahwa interest pointnya adalah TULANG SUMSUM so darimana anda memamerkan intelektualitas anda dengan menyebut sel gamet …. ????

86. Ath Thaariq

5. Maka hendaklah manusia memperhatikan dari apakah dia diciptakan

6. Dia diciptakan dari air yang dipancarkan,

7. YANG KELUAR DARI ANTARA TULANG SULBI LAKI LAKI DAN TULANG DADA PEREMPUAN.

yang keluar dari tulang apakah sel gamet ???? jelas bukan …. orang awampun pasti tahu yang keluar dari tulang namanya adalah SUM SUM ….

percobaan pembuatan sel sperma oleh prof Karim Nayernia adalah percobaan yang pertama kali di dunia yang disebutnya sebagai Proof of Principle …. bukti prinsip dasar ….

========

@

Menyamakan agama? Nah, pertama2, sy dalam artikel memang hanya menggunakan pola umum. Tapi bila anda mau fokus membuktikan agama anda beda, ya monggo, ga usah bw2 agama lain.

Dibuktikan atau dicocokkin?

>>>>>>>>

Ternyata anda sendiri yang mengaplikasikan jurus mencocog cocogkan dan menyama nyamakan …. dannn … korban pertamanya adalah agama ….. baru tahu …… !!!

============ ============ ===========

to Ar Kus

1. Teori Geosentris memang betul hasil pencocog cocogkan dengan ajaran gereja awal …. itulah sebabnya ketika dibuktikan salah oleh Galileo Galilei …. gereja marah besar …. apakah anda melihat kasus yang seperti ini dalam agama slam sehingga anda mengungkapnya sebagai contoh ???? kalau ada silakan tunjukkan … kalau tak ada ….artinya anda yang bermain men cocog cocogkan dengan Islam

2.silakan baca ulasan saya di atas tentang publikasi Prof Nayernia

3.Keyakinan itu harus dibuktikan dulu kebenarannya bung ….

ehm saya baru tahu kalau hari gini ternyata masih ada orang yang membuat kesimpulan hanya berdasar “keyakinan ” saja ….. bukankah hal seperti anda ini yang sangat tepat disebut sebagai COCOGMOLOGI ????

=========

@

Caranya: diambilah fakta ilmiah yang sudah diakui, lalu disandingkan dengan suatu ayat yang kurang lebih cocok dengan fakta ilmiah yang sudah diakui tersebut. Pastilah cocok, emang niatnya mencocok-cocokan kok.

>>>>>>>>>

jadi anda menyatakan berdasar “keyakinan” anda bahwa pernyataan yang tertulis di Al Qur’an sejak 1400 tahun lalu bahwa bahtera Nuh itu mendarat di bukti Judi itu dicocog cocogkan dengan fakta penemuan Ron Wyatt pada tahun 1990??? ….

dan anda juga menyatakan berdasar “keyakinan” anda bahwa Surat 86 :5-7 yang tertulis 1400 tahun lalu itu dicocog cocogkan dengan penemuan Prof Nayernia pada tahun 2007 ???

salut …. anda betul betul guru besar COCOGMOLOGI ….

kitab Al Qur’an ditulis pada abad 7 bung … sudah berlalu selama 1400 tahun …. dan tak ada satu ayatpun yang dirubah untuk dicocog cocogkan dengan berbagai penemuan sains ….. silakan anda beri bukti adanya perubahan ayatnya yang dicocog cocogkan dengan sains ….. saya tunggu …..!!!

Balas John Poni

27 June 2012 03:25:15

1. sekali lagi, metode ini sangat riskan, misalnya soal surat 86:5-7, bagaimana jika tahun depan ada temuan lain yang berbeda?

2. Cocokmologi itu, seperti pada kalimat “antara tulang sulbi dan tulang dada”, berarti tidak keluar dari tulang sulbi atau tulang dada, anda sendiri menyebutnya dari tulang sulbi…

Yang mana yg betul?

Dari sulbi, ataukah dari luar sulbi (antara sulbi dan tulang dada)?

3. apa hubungan antara tulang sulbi dengan air yang memancar, adakah?

mksh.

Balas Ar Kus

27 June 2012 17:02:13

Justru penemuan-penemuan penting dari para ilmuwan,malah menambah keimanan saya trhadap AlQuran.

Mengenai teori big bang/terciptanya alam dunia,

Bagaimana mungkin seorang pria yang ummi,di daerah yang jahiliyah,tanpa ada sarana modern bisa menceritakannya kalo bukan dari informasi sang pencipta…

Dalam pemahaman saya,sains adalah penjelasan dari AlQuran.

Balas Idoey Thea

28 June 2012 18:50:13

Maaf baru menanggapi, sedang ada urusan di dunia nyata.

Kenapa sesuatu yg relatif dapat membunuh sesuatu yg mutlak? Itu pertanyaan anda, yg anda anggap kontradiksi? Hmm, makanya itu saya suruh anda membaca ulang n find it yourself.

Nah, mengapa sains yg sifatnya relatif dapat membantai agama. . . Pertama2, lihat kenapa sains itu relatif : karena based on evidence, arti lainnya dia terbuka. Sains memberi penjelasan meskipun belum tentu benar dan bz jd suatu saat direvisi. Agama di lain pihak, saklek dg dogma. Jika kita fokus pada masalah mukjizat, then, agama tak punya tempat dalam ranah rasionalisasi. Ranah tsb diambil sepenuhnya oleh sains, yg memberikan bukti2 atau jujur mengatakan belum mengetahui. So, ada beberapa posisi disini yg bisa dipertimbangkan :

Bila fenomena mukjizat belum terjelaskan, maka,

Sains : Belum tau

Agama : ya emang gitu

Bila mukjizat bertentangan dg hk.sains

Sains : begini penjelasannya, bla bla bla

Agama : namanya juga mukjizat

Bila mukjizat dapat dijelaskan sains

Sains : nah, ternyata begini lho penjelasannya. . .ini lho buktinya,

Agama : wah, mukjizat bz dijelaskan?

See? Anda ambil sendiri kesimpulannya, semoga paham. . .

Penemuan nuh lg, mana jurnal ilmiahnya? Itu penemunya para evangelist pak, wtf anda ngaku2 penemu yg anda anggap cocokologi. .

Ohh, anda memang ga bilang sel gamet, tapi anda mengatakan sel sperma dan ovum, and they are sel gamet. Oke?

Nah, masih sama pendapat saya, malah makin ngaco kalo anda tau letak tulang2 itu,

Since,

Anda bilang letaknya antara tlg dada dan sulbi, which is terlalu meleset dr sumsum tulang

Padahal vertebrae tempat sumsum tulang itu jg lebih atas (krn panjang) drpd tlg dada. Dan sulbi adalah part of vertebrae,

Makanya kalau mau menerapkan cocokologi, minimal baca buku biologi SMA dulu

Apalagi anda bilang antara tulang dada dan sulbi, sementara sumsum tulangnya itu spesifik di vertebrae

Ayo monggo dilanjut diskusinya

Balas Prima N

27 June 2012 16:49:47

to Ar Kus

@

. sekali lagi, metode ini sangat riskan, misalnya soal surat 86:5-7, bagaimana jika tahun depan ada temuan lain yang berbeda?

>>>>>>>>>>>

Lihat saja fakta … sekali lagi FAKTA …. bukan hanya khayalan / angan angan atau sekedar keyakinan kosong …..

ini faktanya … Al Qur’an ditulis abad ke 7 dimana ilmu pengetahuan belum berkembang seperti sekarang …… sudah banyak teori teori ilmu pengetahuan yang tumbang sejalan dengan berlalunya waktu …… seandainya Al Qur’an dicocog cocogkan dengan sains yang ada pada setiap masa tersebut … tentu Al Qur’an jaman sekarang telah mengalami perbedaan perbedaan …. seandainya benar “keyakinan” anda …. bisa jadi pada saat inipun al Qur’an di Indonesia berbeda dengan Al qur’an di amerika karena sains di amerika sudah lebih maju daripada Indonesia …..

dan faktanya Al Qur’an di Indonesia tidak mengalami perbedaan apabila dibandingkan dengan mushaf jaman dahulu ataupun di beberapa negara berbeda ….. so “keyakinan” anda lebih tepat disebut khayalan atau angan angan kosong tanpa bukti sama sekali …..

kalau dalam kitab suci lainnya jelas terbukti adanya perbedaan perbedaan … contoh yang nyata adalah Alkitab jaman sekarang jelas berbeda dengan jaman dahulu…. ada berbagai versi alkitab dari Standard Version, Revised Standard version, New Revised Version dll dll …. kalau mau bukti adanya perbedaan ayat ayat alkitab ini saya tunjukkan link resmi alkitab indonesia yang berbeda beda karena diterjemahkan dari sumber versi yang berbeda beda …. dan inilah yang sebetulnya yang bisa disebut sebagai sangat “menyedihkan” ….. ternyata ayat ayat lyang dipakai sebagai landasan keimanan kristen kacau seperti di bawah ini

http://alkitab.sabda.org/verse.php?book=1yoh&chapter=5&verse=7

nah seperti inilah kalau beradu dialog …. selalu argumentatif …. bukan hanya sekedar berdasar keyakinan tanpa bukti …..

==============

@

2. Cocokmologi itu, seperti pada kalimat “antara tulang sulbi dan tulang dada”, berarti tidak keluar dari tulang sulbi atau tulang dada, anda sendiri menyebutnya dari tulang sulbi…

Yang mana yg betul?

Dari sulbi, ataukah dari luar sulbi (antara sulbi dan tulang dada)?

>>>>>>>>>>

Ternyata anda bermain cocogkologi dengan khayalan anda sendiri ….. silakan baca dan cermati ayat yang anda permasalahkan tersebut ..

86. Ath Thaariq

5. Maka hendaklah manusia memperhatikan dari apakah dia diciptakan

……. cukup jelas ..

6. Dia diciptakan dari air yang dipancarkan,

……. cukup jelas bahwa yang dimaksud adalah sperma yang keluarnya dengan cara dipancarkan ketika terjadi coitus untuk lebih cepat mencapai dan membuahi ovum karena berpacu dengan life cyclenya

7. YANG KELUAR DARI ANTARA TULANG SULBI LAKI LAKI DAN TULANG DADA PEREMPUAN.

….. Ayat terakhir ini menceritakan bukan lagi tentang sperma … sebab ada kalimat TULANG DADA PERTEMPUAN ….. dan Al Qur’an menggunakan kata KELUAR bukan dipancarkan … So jelas ayat 7 sudah tak menceritakan lagi tentang sperma

so yang diceritakan adalah asal muasal / bakal sperma ( germ) yang KELUAR dari Tulang Sulbi laki laki … dan juga bakal ovum yang KELUAR dari tulang dada ( taroib) perempuan ….. dan pengetahuan ini baru saja ditemukan pada tahun 2007 oleh Prof Nakrayiev …. sedangkan anda sendiri tahu bahwa Al Qur’an diturunkan 1400 tahun sebelumnya …. tidakkah hal ini sebaga tanda kemukjizatan al quran ???

==========

@

3. apa hubungan antara tulang sulbi dengan air yang memancar, adakah?

mksh.

>>>>>>>>>>>

kalimat pertanyaan yang tepat adalah

apa hubungan antara yang KELUAR dari tulang sulbi dengan air yang memancar, adakah?

Yang keluar dari tulang Sulbi adalah bakal sperma ( germ) yang kemudian ditampung dalam Tes Tes untuk menunggu masaknya menjadi sperma sebelum dipancarkan keluar

mksh.

masih bingung ???

==========

Balas John Poni

28 June 2012 19:11:37

Terima kasih mas John,jadi nambah wawasan dan keyakinan…

Balas Idoey Thea

28 June 2012 20:08:44

@johni

Oke, saya nyelonong komen bagian sulbi memancarkan germ cell lalu ditampung di tes tes dan dipancarkan, i mean. . . wtf!!

Ini konsep ngaco abis. Spermatogenesis terjadi di tubulus seminiferus dari germ cell. Lalu bergabung bersama sekret dr kelenjar2 dan baru dipancarkan saat kopulasi. Nah, anda nulis soal stem cell dan germ cell tau ga sih artinya?

Kecuali kalo stem cell anda dibawa ke lab trus didiferensiasikan mjd germ sel lalu mjd sperma trus dipancarkan lewat selangsaya ngikut aja kalo gitu

Balas Prima N

28 June 2012 20:13:11

@idoey

Sabar mas, kita tunggu klarifikasinya si johni, karena so far dia ngawur abis

Balas Prima N

28 June 2012 20:13:56

Wah wah wah

Makin hot aja nih diskusinya,

Perlu dipraktekin nih biar lbih jelas

Lanjuut…

Balas Idoey Thea

28 June 2012 20:21:12

Anda aja yg mraktekin, kan anda yg sejoli sama johni

Anyway off dulu, batere abis

Balas Prima N

28 June 2012 20:36:08

Saya mah cuma penonton,

Lagi liatin yg lg diskusi

Balas Idoey Thea

29 June 2012 08:23:43

to Prima N

nahh ternyata muncul lagi setelah nyungsep beberapa lama …..

komentar terakhir saya memang sengaja saya buat singkat singkat dulu , soalnya kalau membahas masalah seperti itu langsung lengkap …. apalagi menggunakan istilah istilah asing …. biasanya orang orang malah pada gak mudeng atau malas membaca …..

okey sekarang saya sambung lagi juga dengan memperhatikan koment terakhir anda yang copasannya seperti ini

“ Spermatogenesis terjadi di tubulus seminiferus DARI GERM cell. Lalu bergabung bersama …. DST ”

>>>>> nah SEL GERM tersebut adalah yang dimaksud dengan Quran Surat 86: 7. YANG KELUAR DARI ANTARA TULANG SULBI LAKI LAKI DAN TULANG DADA PEREMPUAN.

dialirkan melalui pembuluh darah TESTICULAR ARTERY menuju Testis …. itulah sebabnya Testicular Artery disebut juga Internal Spermatic Arteries …… dan jika anda melihat keseluruhan Testicular Arteries maka pangkal nya berasal dari abdominal aorta dan renal artery … yang ternyata tempatnya terletak ANTARA TULANG SULBI DAN TULANG DADA persis seperti yang dinyatakan di Al Qur’an bukan dari pembuluh darah setempat ….

dan ujung Testicular Artery adalah Testis ….

so fungsi Testis adalah penampung sel GERM (bakal sperma) dan menyimpannya dengan berbagai “media” dari sekret kelenjar…. Pengetahuan kedokteran saat ini menyatakan bahwa produksi sperma adalah Testis ….. walau banyak yang skeptis dengan pendapat Testis adalah pabrik produksi Sperma sebab dari penelitian pria pria mandul ternyata organ testis nya adalah NORMAL ….. so itulah yang mendorong penelitian Prof Nayernia ….. dan hasilnya adalah ….. Sains melengkapi Al Qur’an ….

BalasJohn Poni

29 June 2012 08:26:45

to Idoey Thea

terima kasih kembali ….. salut atas concern anda thd sains dan agama ( ISLAM )

BalasJohn Poni

29 June 2012 08:57:19

Mas Jhon : karena saya berkeyakinan kalo sains mengikuti AlQuran.

Justru penemuan sains malah menambah keyakinan saya pada AlQuran,

Bila ilmuwan ngikuti alquran maka penemuan sains jg ga perlu waktu lama.

dlm hal ini saya mah nonton aja dulu,

Lanjuutt

BalasIdoey Thea

29 June 2012 10:23:31

Huh? anda ini refer ke penemuannya nayernia ga sih? Kok malah makin absurb aja. . .

Saya jelasin ya,

1. Spermatogenesis : di tubulus seminiferus tdpt germ cell. Germ cell ini kemudian mengalami mitosis menjadi 2 (katakanlah, sel a dan b). Sel a stick menjadi sel germinal. Sementara sel b, mengalami proses shg menjadi spermatozoa. Yang kemudian ditampung di epididimis. . . Jadi sel germ ga akan “habis” krn selalu ada 1 sel dari produk mitosis yg tetap menjadi germ sel. Inilah mengapa pria tdk menopause.

2. Nayernia stem sel

Pertama2, stem sel adalah. . . Apa ya? Katakanlah sel dasar. Stem cell dikonsepkan bisa anda rubah menjadi sel otak, sel mata, terserah deh. . . Nah, nayernia membuktikan konsep tsb dg mengubah stem cell mjd germ cell IN VITRO alias di LAB! ga ada cerita stem cell di sumsum tulang lari2 ke testis mjd germ cell. . .

Like i said, stem cell juga bisa anda rubah menjadi sel otot polos (misalnya), jd kalau ada ayat yg mengatakan bahwa pembuluh darah anda bisa dibentuk di antara tlg dada dan sulbi juga benar. . .

Tapi once again, ga tepat soalnya letak vertebrae lebih atas dari tulang dada.

Soal mandul, penyebabnya mcm2 kali, even bisa juga dari gen mutan.

Soal pembuluh darah, . . .dont make me laugh

BalasPrima N

29 June 2012 11:17:02

to Prima N

@

Huh? anda ini refer ke penemuannya nayernia ga sih? Kok malah makin absurb aja. .

>>>>>>>> sejak awal saya menggunakan dasar penemuan Nayernia ….. tentunya anda telah melihat satu satunya referensi dari publikasi penemuan Nayernia

============

1.menurut anda germ cell nya berasal darimana ???? silakan anda jawab dulu ….

>>>>>>>>>>

Penemuan nayernia menyatakan bahwa sel germ dihasilkan dari SUMSUM TULANG ….

=========

2.

@

2. Nayernia stem sel

Pertama2, stem sel adalah. . . Apa ya? Katakanlah sel dasar. Stem cell dikonsepkan bisa anda rubah menjadi sel otak, sel mata, terserah deh. . . Nah, nayernia membuktikan konsep tsb dg mengubah stem cell mjd germ cell IN VITRO alias di LAB!

>>>>>>>>>> bisa anda sebutkan referensinya ????

kalau tak salah baca di link referensi saya tertulis seperti ini

Nayernia dan timnya mengambil SAMPEL SEL SUMSUM TULANG dari sukarelawan pria. Mereka lantas mengisolasi STERM SEL MESSENSIMAL, salah satu tipe sel stem di dalam sumsum.

Teori dasarnya adalah begini: sel stem adalah sel induk yang mampu memperbaharui diri dan menciptakan jaringan beragam di dalam tubuh. Nayernia berhasil “membujuk” sel itu untuk menghasilkan SEL GERM , yang normalnya lahir dan bertumbuh di TESTIS pria dan merupakan RANTAI AWAL TERCIPTANYA SPERMA (spermatozoa).

So singkatnya adalah sel sterm dari Sumsum bisa menjadi germ

dan dalam tubuh manusia ……

germ tumbuh menjadi sperma dalam testis …..

======

@

Jadi sel germ ga akan “habis” krn selalu ada 1 sel dari produk mitosis yg tetap menjadi germ sel. Inilah mengapa pria tdk menopause.

>>>>>>>>>>

seandainya tak pernah dikeluarkan ….. memang tak akan habis ….. tetapi barangkali anda mengabaikan berapa jumlah sel sperma yang dikeluarkan sekali pancar ….. dan juga anda melupakan bahwa satu sel germ hanya akan menghasilkan satu sel sperma saja …..

so pasokan sel germ mestilah berlangsung terus menerus …… darimana sumbernya ???? …. sains jaman sekarang mulai berhasil membuka tabirnya ….. penemuan Nayernia adalah awal dari terbukanya tabir ini …..

=========

@

ga ada cerita stem cell di sumsum tulang lari2 ke testis mjd germ cell. . .

>>>>>>>>> jadi menurut anda …. testicular artery itu cuma iseng iseng saja merentang antara testis hingga abdominal aorta dan renal artery ????

==========

@

Tapi once again, ga tepat soalnya letak vertebrae lebih atas dari tulang dada.

>>>>>>>>>>>

anda lupa lagi bahwa

testicular artery alias Internal Spermatic Arteries pangkalnya adalah antara tulang sulbi dan dada ….

========

@

Soal pembuluh darah, . . . dont make me laugh

>>>>>>>>> he he saya jug a tertawa ….

barangkali darah anda tak mampu mengusung oksigen atau sari makanan atau lebih hebat lagi barangkali anda m,akhluk langka yang hebat tak mati digigit ular berbisa karena darah anda tak mampu mengusung racunnya ….

Balas John Poni

29 June 2012 11:24:17

to Prima N

daannnn..... oh saya tadi lupa menuliskan bahwa ternyata saya berdebat dengan zombie ….

=======

to Thea ….

anda benar …… sains adalah sunatullah yang tak tertulis sedangkan Al Qur’an adalah sunatullah yang tertulis ….. pastilah akan selalu bersesuaian ….. selama 1400 tahun ini memang seperti itu …..

QS 41. Fushshilat 53. Kami akan memperlihatkan kepada mereka tanda-tanda (kekuasaan) Kami di segala wilayah bumi dan pada diri mereka sendiri, hingga jelas bagi mereka bahwa Al Quran itu adalah benar. Tiadakah cukup bahwa sesungguhnya Tuhanmu menjadi saksi atas segala sesuatu?

Balas John Poni

29 June 2012 13:46:17

1. Asal sel germ? Periode apa yg anda bicarakan? Basicnya semua sel adl hasil dari sel embrionik.

2. Referensi in vitro atau pembuktian teori stem cell? Lah dimana2 juga banyak. Even sumber anda mengatakannya secara tak langsung. Ref saya : wiki, time, dan tempo. Lengkapnya, baca time.

Teori anda benar (ya iyalah ngutip di tempo), tapi kesimpulan anda fail. Penelitian tsb membuktikan teori stem sel. Bukan asal sel germ yg dibuat alamiah di tubuh dalam kondisi normal mjd spermatozoa.

Sel stem memang bisa diubah menjadi apapun (teorinya dan ini yg coba dibuktikan nayernia), tapi ga ada cerita stem sel sumsum vertebrae lari ke testis dan menjadi sel germ. Fail! Sel germ itu dalam spermatogenesis selalu mempertahankan diri (saat mitosis) jadi ga akan habis. Lagipula, percobaan Nayernia itu IN VITRO. tau ga sih arti in vitro? Nayernia tidak mengatakan bahwa sel germ dalam kondisi alamiah berasal dari sumsum vertebrae. Dia hanya berkata, stem sel bisa diubah2 seperti teori stem sel.

Mengabaikan jumlah sperma? Andalah yg ga paham apa itu spermatogenesis. Satu sel germ hanya menghasilkan satu sperma? Nah, inilah kesalahan mendasar anda. Satu sel germ menghasilkan 1 sperma dan 1 sel germ. Sperma dikeluarkan, sel germ anakan akan membelah lg mjd 1 sperma dan 1 sel germ. Begitu seterusnya. . . Paham sekarang kenapa laki2 ga menopause?

Soal pembuluh, hmm. . .Ya jelas mereka berguna, tapi bukan untuk mengantarkan stem sel donk. . .

Btw tadi katanya stem sel dari sumsum vertebrae? Sekarang mau bilang dari arteri spermatikus?

Eh, maksudnya saya zombi gitu? Well ga pa pa, meskipun ga relevan dan ga lucu sih

Balas Prima N

29 June 2012 12:40:46

Jhon : thanks infonya,

Dalam pemahaman saya alquran tak pernah berubah satu ayat pun,

Bukankah ini juga sbuat mukjizat?

Bahkan bila kita mau membacanya lebih dalam,maka terasa membaca diri…

Salam,

Monggo lanjjutken

Balas Idoey Thea

29 June 2012 20:09:14

to Prima N

@

Teori anda benar (ya iyalah ngutip di tempo), tapi kesimpulan anda fail. Penelitian tsb membuktikan teori stem sel. Bukan asal sel germ yg dibuat alamiah di tubuh dalam kondisi normal mjd spermatozoa.

>>>>>>>>> kelihatannya anda pelupa …. silakan baca pernyataan saya pada 26 June 2012 23:26:47 ……. saya sudah sejak awal menyatakan bahwa percobaan Prof Nayernia adalah sebagai PROOF of PRINCIPLE ….. sebetulnya saya sudah mengatisipasi kalau kalau anda tak memahami bahasa inggrisnya bukankah sudah saya tulis juga …. bukti prinsip dasar

===========

@

1. Asal sel germ? Periode apa yg anda bicarakan? Basicnya semua sel adl hasil dari sel embrionik.

>>>>>>>>>>>>

bisa diperjelas apa yang anda maksud dengan sel embrionik ????

tampaknya anda malu mengiyakan hasil publikasi penelitian prof Nayernia … yang secara tegas berdasar penelitiannya bahwa sel germ dapat dihasilkan dari sel sterm sumsum tulang ….. Betooollll ?????

========

@

Sel stem memang bisa diubah menjadi apapun (teorinya dan ini yg coba dibuktikan nayernia),

tapi ga ada cerita stem sel sumsum vertebrae lari ke testis dan menjadi sel germ. Fail! Sel germ itu dalam spermatogenesis selalu mempertahankan diri (saat mitosis) jadi ga akan habis.

>>>>>>>>>>

coba anda beri jawaban berdasar pernyataan anda di atas … kenapa orang yang menjalani transplantasi sum sum beresiko mandul ???

kalau anda dapat menerima fakta bahwa ada korelasi antara sumsum tulang dengan produksi sel sperma ….. tentunya anda sudah punya jawaban singkatnyanya …… coba anda membuat jawaban sendiri atas pertanyaan tersebut …… ditanggung pasti muter muter ….

=========

@

Lagipula, percobaan Nayernia itu IN VITRO. tau ga sih arti in vitro?

>>>>>>>>> bukankah sejak awal saya sudah menyebutkan bahwa penelitian prof Nayernia tarafnya adalah PROOF of PRINCIPLE ????? … baca tuh koment saya pada 26 June 2012 23:26:47 …… rupanya anda benar benar gak paham sampai sampai saya menjawab 2 kali ….

=========

@

Mengabaikan jumlah sperma? Andalah yg ga paham apa itu spermatogenesis. Satu sel germ hanya menghasilkan satu sperma? Nah, inilah kesalahan mendasar anda. Satu sel germ menghasilkan 1 sperma dan 1 sel germ. Sperma dikeluarkan, sel germ anakan akan membelah lg mjd 1 sperma dan 1 sel germ. Begitu seterusnya. . . Paham sekarang kenapa laki2 ga menopause?

>>>>>>>>>>>> ha ha …. gotcha ….. !!!

umpan pertama ….. dengan pembuluh darah ….. saya dapat Zombie ….

umpan kedua …… dengan satu germ satu sperma ….. membuka kedok origin intelektualnya ….. gak mudeng yang namanya LOGICAL STATEMENT ….semua anak SMP pun pasti tahu kalau satu sel germ menghasilkan satu sel sperma plus satu sel germ ……. so dimana kesalahan mendasarnya kalau saya nyatakan satu germ satu sperma ???? bukankah satu germ memang menghasilkan satu sperma ???? kalau saya nyatakan satu germ dua sperma … nah itu baru yang namanya error …..

so saya jadi mengerti kenapa debat dengan Zombie pasti muter muter ….

========

@

Soal pembuluh, hmm. . . Ya jelas mereka berguna, tapi bukan untuk mengantarkan stem sel donk. . .

>>>>>>>>> nah coba berikan saja jawaban kenapa orang yang menjalani transplantasi sumsum beresiko mandul kalau pembuluhnya bukan untuk mengantarkan sterm ke testis

===========

@

Btw tadi katanya stem sel dari sumsum vertebrae? Sekarang mau bilang dari arteri spermatikus?

>>>>>>>> dari awal saya menyatakan bahwa sterm dari sumsum sesuai referensi Prof nayernia …….

rasanya saya gak pernah bilang dari arteri spermatikus ….. lihat saja jawaban saya sebelumnya pada 29 June 2012 08:23:43

ini copasannya …..

“ nah SEL GERM tersebut adalah yang dimaksud dengan Quran Surat 86: 7. YANG KELUAR DARI ANTARA TULANG SULBI LAKI LAKI DAN TULANG DADA …

dialirkan melalui pembuluh darah TESTICULAR ARTERY menuju Testis …. itulah sebabnya Testicular Artery disebut juga Internal Spermatic Arteries …. “

lagi mabok neng ????

==========

@

Eh, maksudnya saya zombi gitu? Well ga pa pa, meskipun ga relevan dan ga lucu sih

>>>>>>>>>

kalau ghitu buat pernyataan yang bisa memperlihatkan intelektualitas anda ….

BalasJohn Poni

29 June 2012 22:14:43

Biasa aja kalau diskusi, ga usah lebay.

Btw, anda benar2 salah paham dimana posisi saya dan apa yg saya tentang.

Pertama, saya tdk menyangkal nayernia. Yg saya salahkan adalah intrepretasi ngawur anda yg menyatakan sel stem menghasilkan sel germ shg bisa dipancarkan oleh tubuh.

Soal stem cell kemungkinannya menghasilkan sel germ, saya udah tau dari dulu. Tapi tanggapan anda dg mengatakan yg dipancarkan adalah sperma yg asal mulanya dr stem sel nayernia, ngawur abis. Nah, paham sekarang?

[Kenapa transplantasi sum2 beresiko mandul? ]

Jawaban : jangan bodoh. Anda tau ga siapa saja sistem syaraf pusat dan apa fungsinya?

[umpan pertama bla bla bla]

Kesalahan mendasar anda (ya ampun masa harus saya dikte begini. . .) adalah, . . . Nih, saya rangkum diskusi kita,

Saya : sel germ di tubulus seminiferus ga akan habis

Anda : memang ga akan habis kalau ga dikeluarkan, tapi anda barangkali mengabaikan jumlah sperma. 1 sel germ hasilkan 1 sperma.

Saya : nah, kesalahan anda adalah mengatakan 1 sel germ menghasilkan 1 sperma padahal faktanya juga dhasilkan 1 sel germ anakan. Sehingga JUMLAH SEL GERM TAK AKAN HABIS BERAPAPUN SPERMA YANG DIKELUARKAN.

Paham?

Soal pembuluh darah, sudah saya jawab dg “mengingatkan” anda, atau anda minta didikte lagi?

[dari awal sy mengatakan bla bla bla . . .]

Nih, saya rangkum lagi, supaya anda ngeh ke-absurb-an anda,

Anda : sel germ diciptakan antara tlg dada dan sulbi. Tuh kalo ga percaya, cocok hasil nayernia

Saya : wtf, stem sel nayernia bisa dibuat menjadi apa saja bukan cuma sel germ. Lagipula vertebrae lebih atas dari tlg dada.

Anda : anda lupa ya, internal spermatic artery pangkalnya antara sulbi dan dada?

Saya : oh, jd sekarang internal spermatic artery yg antara tlg dada dan sulbi? Jadi dia yg anda maksud menghasilkan sel germ?

Dan, Mr. Johni, SPERMATIC ARTERY ADALAH ARTERI SPERMATIKUS. Sama juga dg kesalahan anda dulu yg mengatakan saya berhalusinasi menyebutkan sel gamet. Padahal OVUM DAN SPERMA ADALAH SEL GAMET.

Kalo saya zombi, anda apa donk?

Nah saya memang lg pengen mabok. Tapi berapapun botol yg saya minum, saya tidak akan pernah sepintar anda. . .

[buat pernyataan yg bisa memperlihatkan intelektual anda]

Well, apakah menyebut orang lain zombi akan mengakibatkan saya sepintar anda? Kalo iya, apa kabar Zomb?

Balas Prima N

29 June 2012 22:30:49

Wah diskusinya jangan sambil mabuk-mabukan dong,

Lanjuut gan

BalasIdoey Thea

30 June 2012 12:02:33

Apa kabar Zomb? Apakah anda mantan kaskuser? Saya silent reader sejati di sana

Balas Prima N

30 June 2012 12:10:40

to Prima N

@

Btw, anda benar2 salah paham dimana posisi saya dan apa yg saya tentang.

Pertama, saya tdk menyangkal nayernia. Yg saya salahkan adalah intrepretasi ngawur anda yg menyatakan sel stem menghasilkan sel germ shg bisa dipancarkan oleh tubuh.

>>>>>>>>>>>

coba silakan tunjukkan dimana saya menyatakan seperti maksud anda sebagai ; ” sel stem menghasilkan sel germ shg bisa dipancarkan oleh tubuh. ”

kalau pernyataan itu tidak ada saya buat … artinya anda memang jadi mabok berdebat dengan saya ….

===========

@

[Kenapa transplantasi sum2 beresiko mandul? ]

Jawaban : jangan bodoh. Anda tau ga siapa saja sistem syaraf pusat dan apa fungsinya?

>>>>>>>>>

Nah …. seperti yang saya duga semula ….. jawabnya pasti muter muter ….. malah kebablasan sampai syaraf pusat segala ….

sebetulmnya jawabanyya cuma simple kok ….. mandulnya jelas karena terganggunya produksi germ yang dikirimkan melalui testicular artery (dan ovary artery pada wanita ) yang bermula dari satu tempat antara tulang sulbi dan tulang dada yaitu abdominal aorta dan renal artery dan berakhir di testis (atau ovary pada wanita ) …..

resiko MANDUL karena transpalntasi SUMSUM adalah bukti kebenaran Al Qur’an surat 86:5-7

sedangkan kalau seperti jawaban anda karena terganggunya syaraf pusat … otomatis orang tsb akan berakibat hilang ingatan dsb … dsb …. so mana mungkin ada dokter yang berani mengambil resiko menempuh pengobatan dengan transplantasi sumsum apabila resikonya sejauh itu ……. dan banyak juga fakta perempuan yang gila yang bisa hamil ….. ahhh ….. tidak bisakah anda menjawab dengan lebih cerdas ???

==========

@

Saya : sel germ di tubulus seminiferus ga akan habis

Anda : memang ga akan habis kalau ga dikeluarkan, tapi anda barangkali mengabaikan jumlah sperma. 1 sel germ hasilkan 1 sperma.

Saya : nah, kesalahan anda adalah mengatakan 1 sel germ menghasilkan 1 sperma padahal faktanya juga dhasilkan 1 sel germ anakan. Sehingga JUMLAH SEL GERM TAK AKAN HABIS BERAPAPUN SPERMA YANG DIKELUARKAN.

Paham?

>>>>>>> Jelas sangat paham …. cuma anda melupakan bahwa diperlukan jumlah sperma yang sangat banyak ( normalnya 22juta per mili liter ) dan juga adanya sperma yang mati dalam testis …. itulah sebabnya sistem tubuh di antara tulang sulbi dan dada terus menerus memproduksi germ untuk dikirimkan ke testis ….nah ketika terjadi error (misalnya akibat transplantasi sumsum) …. maka terjadilah gangguan pasokan germ ke testis sehingga jadilah MANDUL ……

PAHAAMMM ?????

==========

@

Nih, saya rangkum lagi, supaya anda ngeh ke-absurb-an anda,

Anda : sel germ diciptakan antara tlg dada dan sulbi. Tuh kalo ga percaya, cocok hasil nayernia

>>>>>>>>>

@

Saya : wtf, stem sel nayernia bisa dibuat menjadi apa saja bukan cuma sel germ. Lagipula vertebrae lebih atas dari tlg dada.

>>>>>>>>> >>>>>>>>

Artinya anda mengingkari bisa terjadinya sel germ yang dihasilkan sumsum tulang dalam tubuh setiap manusia termasuk anda …. ketika percobaan Nayernia membuktikan bahwa sel germ bisa dihasilkan dari sumsum tulang …… ( kalau untuk zombie …. saya nyerah dahhh )

========

@

Saya : oh, jd sekarang internal spermatic artery yg antara tlg dada dan sulbi? Jadi dia yg anda maksud menghasilkan sel germ?

Dan, Mr. Johni, SPERMATIC ARTERY ADALAH ARTERI SPERMATIKUS.

>>>>>>>>>

Wahhh anda mabok gak sembuh sembuh ……

ini saya copas lagi pernyataan saya dulu ….. tapi kalau anda membacanya sambil mabok …. ya percuma ….

nah SEL GERM tersebut adalah yang dimaksud dengan Quran Surat 86: 7. YANG KELUAR DARI ANTARA TULANG SULBI LAKI LAKI DAN TULANG DADA …

dialirkan melalui pembuluh darah TESTICULAR ARTERY menuju Testis …. itulah sebabnya Testicular Artery disebut juga Internal Spermatic Arteries ….

saya perjelas yaa.. .. spermatic artery adalah semacam saluran atau kabel atau pipa atau apalah yang fungsinya MENGALIRKAN germ dalam darah ke TESTIS … bukan penghasil germ …. penghasil germ ada pada pangkal spermatic artery tsb …. yaitu sistim di antara tulang sulbi dan tulang dada …..

dalam wikipediapun

http://en.wikipedia.org/wiki/Testicular_artery

dipakai istilah CORD yang bisa diterjemahkan menjadi kabel atau saluran

Each crosses obliquely over the ureter and the lower part of the external iliac artery to reach the abdominal inguinal ring, through which it passes, and accompanies the other constituents of the spermatic CORD along the inguinal canal to the scrotum, where it becomes tortuous, and divides into several branches.

sorry kalau bahasa inggrisnya menjadikan anda malah tambah mabok…. !!! that’s your problem ,,,,

========

@

Kalo saya zombi, anda apa donk?

>>>>>>>>>

yang jelas saya bukan pemabok dan tak pernah mabok …..!!!! apalagi ketika berdebat ….

Balas John Poni

30 June 2012 14:07:09

Ar kus berkata : apa hubungannya tlg sulbi dg air yg memancar, adakah?

Anda : yg keluar dr sulbi adalah bakal sperma yg kemudian ditampung di tes tes untuk menunggu masaknya menjadi sperma sebelum dipancarkan keluar.

Saya kemudian ikut menanggapi : apa? Sel germ dipancarkan dari sulbi lalu ditampung dan dipancarkan. Wtf!

Demikian kronologinya. Tanggapan anda adalah pada 27 juni 2012 pukul 16:49:47.

Kesimpulan : saya tidak mabuk. Anda pelupa akut.

[bla bla sumsum tulang]

Ternyata minta didikte lagi? Oke, tapi sy sedang tdk berbaik hati, jd jwbn sy singkat : medula spinalis menginervasi bagian reproduksi manusia. Kekacauan padanya akan mengakibatkan ‘kelumpuhan’ syaraf meski organnya baik2 saja.

[mandulnya karena produksi germ yg dikirim melalui testicular artery yg bermula dari tempat antara sulbi dan dada yaitu abdominal aorta dan renal artery berakhir di testis]

Jadi benar anda menganggap sumsum tlg adalah produsen sel germ?

[hilang ingatan bla bla bla. . . Banyak perempuan gila bisa hamil. . . Tidak bisakah anda menjawab dg lebih cerdas?]

Bisa. Tapi lawan diskusi saya sepertinya terlalu ‘pintar’ shg ngotot dan tidak sopan. Perlu didikte lagi? Tau bagian otak apa yg menginervansi apa? Tau gila adalah kesalahan di ‘pusat kesadaran’? Sementara mekanisme pembentukan testis diinervasi oleh syaraf yg beda? Kenal hipotalamus? Kenal gonadotropin? Kenal pituitari? Kalo androgen anda rusak, anda akan gila scr hormonal? Perlu saya perjelas mekanismenya? Boleh kalau anda minta dg baik2. I really cant stand orang ‘pintar’ ga sopan dan ngotot pula. Disgusting.

[PAHAMM ???]

Paham bahwa anda bodoh. Logika anda apa kbrnya? Pengalaman anda apa? Pernah liat tubulus seminiferus secara mikroskopik? Pernah ngitung ada berapa tubulus seminiferus pada manusia? Paham mekanisme mitosis dlm spermatogenesis? Bahwa selalu ada sel germ yg bisa hasilkan sperma? Sudah sy katakan jutaan kali, bhwa selalu ada sel germ yg siap membelah, masih dodol juga. . .

[artinya anda mengingkari bz tjd sel germ dari sumsum tlg ketika nayernia membuktikan itu]

Baru ngeh? Udah dari dulu poin saya itu. Anda buta huruf? Atau memang anda ini spesial ya?

Tapi anda masih salah juga menafsirkan nayernia. Dia melakukannya IN VITRO! Pembuktiannya adalah teori stem sel, bukan teori sum sum hasilkan germ. Pintarnyaaa. . .

[oek oek oek testicular artery oek oek. . .]

Baca tuh, kronologinya! Per huruf aja pelan2, biar ga makin pintar.

Atau lupa lagi spt waktu anda menganggap sy berhalusinasi dg mengatakan sel gamet. Padahal OVUM DAN SPERMA ADALAH SEL GAMET. LUPA YA PERNAH BILANG INI?

[yg jelas sy bukan pemabuk. . .oek oek oek]

Yea, yea, yea, anda adalah altar kengototan, ketidaksopanan, dan ‘kepintaran’ oh iya, jangan lupa ovum dan sperma adalah sel gamet, nanti cap anda nambah : Pikuner.

Balas Prima N

30 June 2012 14:09:44

to Prima N

@

Ar kus berkata : apa hubungannya tlg sulbi dg air yg memancar, adakah?

Anda : yg keluar dr sulbi adalah bakal sperma yg kemudian ditampung di tes tes untuk menunggu masaknya menjadi sperma sebelum dipancarkan keluar.

Saya kemudian ikut menanggapi : apa? Sel germ dipancarkan dari sulbi lalu ditampung dan dipancarkan. Wtf!

Demikian kronologinya. Tanggapan anda adalah pada 27 juni 2012 pukul

>>>>>>>> So Jelas saja anda mabok ….

coba di baca pelan pelan

yg keluar dr sulbi adalah bakal sperma yg kemudian ditampung di tes tes untuk menunggu masaknya menjadi sperma sebelum dipancarkan keluar……. TENTU SAJA DIPANCARKANNYA DARI TES TES ( SETELAH DITAMPOUNG TES TES )

nih penjelasan saya dari pertanyaan Ar Kus yang tak pernah anda baca …. 27 June 2012 16:49:47

2. Cocokmologi itu, seperti pada kalimat “antara tulang sulbi dan tulang dada”, berarti tidak keluar dari tulang sulbi atau tulang dada, anda sendiri menyebutnya dari tulang sulbi…

Yang mana yg betul?

Dari sulbi, ataukah dari luar sulbi (antara sulbi dan tulang dada)?

>>>>>>>>>> Ternyata anda bermain cocogkologi dengan khayalan anda sendiri ….. silakan baca dan cermati ayat yang anda permasalahkan tersebut ..

86. Ath Thaariq

5. Maka hendaklah manusia memperhatikan dari apakah dia diciptakan

……. cukup jelas ..

6. Dia diciptakan dari air yang dipancarkan,

……. cukup jelas bahwa yang dimaksud adalah sperma yang keluarnya dengan cara dipancarkan ketika terjadi coitus untuk lebih cepat mencapai dan membuahi ovum karena berpacu dengan life cyclenya

7. YANG KELUAR DARI ANTARA TULANG SULBI LAKI LAKI DAN TULANG DADA PEREMPUAN.

….. Ayat terakhir ini menceritakan bukan lagi tentang sperma … sebab ada kalimat TULANG DADA PERTEMPUAN ….. dan Al Qur’an menggunakan kata KELUAR bukan dipancarkan … So jelas ayat 7 sudah tak menceritakan lagi tentang sperma

so yang diceritakan adalah asal muasal / bakal sperma ( germ) yang KELUAR dari Tulang Sulbi laki laki … dan juga bakal ovum yang KELUAR dari tulang dada ( taroib) perempuan ….. dan pengetahuan ini baru saja ditemukan pada tahun 2007 oleh Prof Nakrayiev …. sedangkan anda sendiri tahu bahwa Al Qur’an diturunkan 1400 tahun sebelumnya …. tidakkah hal ini sebaga tanda kemukjizatan al quran ???

==========

@

Bisa. Tapi lawan diskusi saya bodoh dan ngotot dan tidak sopan. Perlu didikte lagi? Tau bagian otak apa yg menginervansi apa? Tau gila adalah kesalahan di ‘pusat kesadaran’? Sementara mekanisme pembentukan testis diinervasi oleh syaraf yg beda? Kenal hipotalamus? Kenal gonadotropin? Kenal pituitari? Kalo androgen anda rusak, anda akan gila scr hormonal? Perlu saya perjelas mekanismenya? Boleh kalau anda minta dg baik2. I really cant stand orang ‘pintar’ ga sopan dan ngotot pula. Menjijikkan.

>>>>>>>>>>

kalau sudah tidak mabok ….

coba jelaskan yang simpel saja kenapa syaraf bisa rusak kalau transpalntasi sumsum …. dan jika rusak … rusaknya syaraf bagian mana ….. kok bisa mengakibatkan mandul

dan silakan di ingat lagi …..saya sebelumnya sudah menduga bahwa jawaban anda pasti muter muter

=========

@

Paham bahwa anda bodoh. IQ anda berapa? Pengalaman anda apa? Pernah liat tubulus seminiferus secara mikroskopik? Pernah ngitung ada berapa tubulus seminiferus pada manusia? Paham mekanisme mitosis dlm spermatogenesis? Bahwa selalu ada sel germ yg bisa hasilkan sperma? Sudah sy katakan jutaan kali, bhwa selalu ada sel germ yg siap membelah, masih dodol juga. . .

>>>>>>>>>

yang dodol itu siapa kalau saya sebelumnya sudah pernah menyatakan seperti ini pada 29 June 2012 20:09:14 ….. ehh ….. masih saja gak mudeng mudeng ……

umpan kedua …… dengan satu germ satu sperma ….. membuka kedok origin intelektualnya ….. gak mudeng yang namanya LOGICAL STATEMENT ….semua anak SMP pun pasti tahu kalau satu sel germ menghasilkan satu sel sperma plus satu sel germ ……. so dimana kesalahan mendasarnya kalau saya nyatakan satu germ satu sperma ???? bukankah satu germ memang menghasilkan satu sperma ???? kalau saya nyatakan satu germ dua sperma … nah itu baru yang namanya error …..

=========

@

Baca tuh, kronologinya! Per huruf aja pelan2, biar ga makin ‘pintar’.

Atau lupa lagi spt waktu anda menganggap sy berhalusinasi dg mengatakan sel gamet. Padahal OVUM DAN SPERMA ADALAH SEL GAMET. LUPA YA PERNAH BILANG INI?

>>>>>>>>>>

nAH …. this is your’s …… saya sedari awal gak pernah ngomongin gamet ….. anda saja yang sok pintar nyebut nyebut gamet ….. padahal jelas OOT

ini copasan pada 26 June 2012 23:26:47 …. jawaban atas pertanyaan OOT anda yang berbunyi seperti ini

Pardon me, sel gamet antara tulang dada dan subil?? Dan ini keajaiban? Yah, rite. Maaf sy ga sopan. Tp di bawah tulang dada itu masih ada sambungan rusuk dan jg vertebrae, kalo mau akurat harusnya nyebut vertebrae lumbal donk. Tapi, even kalo anda bilang sel gamet dari otak juga bisa di cocok2in lho since FSH, LH, dkk dirangsang oleh hipotalamus ke pituitari anterior.

>>>>>>>>> dan ini jawaban saya >>>>>>>>>

nampaknya anda tak mampu menangkap keyword dari link Tempo Interaktif …. silakan baca pelan pelan anda cocokkan darimana ada istilah sel gamet ???? kapan saya pernah bilang sel gamet ????

TEMPO Interaktif, London:

Peneliti dari Jerman telah menciptakan cikal bakal sel sperma buatan. Profesor Karim Nayernia dan timnya dari Universitas Göttingen And Münster dan Sekolah Kedokteran Hannover di Jerman, berhasil membuat sel germ-cikal bakal sperma, dari sel stem di SUMSUM TULANG LELAKI ….

langsung loncat ke sini

Bagaimana dengan sumsum tulang perempuan? Nayernia mengatakan bila pada lelaki teknik itu berhasil, maka bukan tak mungkin perempuan pun bisa membuat spermanya sendiri dan menghasilkan anak tanpa bantuan lelaki.

silakan ambil kesimpulan sendiri …. kalau anda pintar membuat cocokologi dengan membuat buat istilah ” sel gamet ” …. mestinya tanpa cocokologi pun anda dapat menyimpulkan dengan tepat …. bahwa interest pointnya adalah TULANG SUMSUM so darimana anda memamerkan intelektualitas anda dengan menyebut sel gamet …. ????

86. Ath Thaariq

5. Maka hendaklah manusia memperhatikan dari apakah dia diciptakan

6. Dia diciptakan dari air yang dipancarkan,

7. YANG KELUAR DARI ANTARA TULANG SULBI LAKI LAKI DAN TULANG DADA PEREMPUAN.

yang keluar dari tulang apakah sel gamet ???? jelas bukan …. orang awampun pasti tahu yang keluar dari tulang namanya adalah SUM SUM ….

=========

@

yg jelas sy bukan pemabuk. . .oek oek oek]

Yea, yea, yea, anda adalah altar kengototan, ketidaksopanan, dan ‘kepintaran’ oh iya, jangan lupa ovum dan sperma adalah sel gamet, nanti cap anda nambah : Pikuner.

>>>>>>>>>>>

gamet lagi gamet lagi …… ahhh kelihatannya intelektual anda mentok di gamet doang …. makanya dipamer pamerin walaupun OOT

BalasJohn Poni

30 June 2012 14:38:40

[[@&@*%€*@&@*%€*@&@*%€*@&@*%€*@&@*%€* ]

Debat dg anda memang ga ada gunanya. Terserah deh, kalo anda mau nganggap ini itu buat dicocok2in. Terserah. Silahkan hidup dalam tempurung kecil anda. Monggo. Saya hanya memberitahu dari sisi sains bahwa apa yg anda pahami itu salah total. Ini sama sekali BUKAN OPINI SAYA. Anda nanya ke biolog dan dokter manapun, konsep anda akan diketawain.

Btw, Kalo ga percaya sama saya, sana, ke perpus di kampus manapun, cari buku fisiologi hewan atau manusia di bagian reproduksi. Atau cari di buku2 kedokteran, apa gunanya medula spinalis, spermatogenesis, fungsi otak besar dan otak kecil, hipotalamus, konsep sel stem, sel germ, dst. . . Tapi buat anda sepertinya harus baca buku SMA dulu sih. Thx telah membuang waktu sy dg debat ala ‘ngotot yg penting menang’. Anda juaranya.

Salam ‘bodoh dan ngotot pula’.

Balas Prima N

30 June 2012 18:00:57

nahh … Betoool kaaan .muter muter . Gue bilang juga apa

Balas Iesus Xristus

30 June 2012 18:01:28

nahh … Betoool kaaan .muter muter . Gue bilang juga apa

Balas Iesus Xristus

30 June 2012 18:01:36

nahh … Betoool kaaan .muter muter . Gue bilang juga apa

Balas Iesus Xristus

30 June 2012 18:30:23

to Iesus Xristus

yang komenar begitu harusnya saya, lagian baru 2 X. mutar mutarnya

Balas John Poni

30 June 2012 18:36:19

kamu malah 3 X nulis komentar 3X

Balas John Poni

1 July 2012 15:15:19

Pemberitahuan untuk yg terlibat dalam artikel ini, dalam waktu kurang dari 24 jam dari sekarang, saya akan mendelete postingan ini disebabkan ada masalah personal dg seseorang di dunia nyata.

Spesial kpd ieus dan poni, apabila anda merasa tdk puas dg keputusan ini, silahkan bikin artikel tandingan. Saya usahakan sy akan mampir kesana, meskipun argumen anda masih based on nyocok2in tanpa konsep yg bener.

Demikian diberitahukan.

Terimakasih.

Balas Prima N

1 July 2012 15:22:25

Yaaah…penonton kecewa…jangan donk mba…

BalasAbdul Soleh

1 July 2012 20:06:12

Apanya yg ditonton? Ntar lama2 yg tertulis cuma makian doank kok. . . Diskusinya ga sehat,

Balas Prima N

2 July 2012 04:33:44

di delete gak masalah ……. this page has been saved …..

it’s a piece of cake to republish …… !!!

Balas john poni

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun