Mohon tunggu...
Cintia Gita Pramesi
Cintia Gita Pramesi Mohon Tunggu... Penulis - Communication | Sharing Oriented | Instagram: gitaaa.c

❝Manusia terhebat dengan ide terhebat sekalipun bisa dijatuhkan oleh orang terkecil dengan pola pikir tersempit—tetaplah berpikir besar.❞ (John Maxwell)

Selanjutnya

Tutup

Worklife Artikel Utama

Langkah Awal Menuju Kesuksesan: Tips untuk Pertama Kali Bekerja

27 Juli 2023   08:00 Diperbarui: 28 Juli 2023   23:05 359
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Momen pertama kali bekerja akan memberikan suatu tantangan. Melalui tips-tips ini kita dapat mempersiapkan diri lebih awal. (Edited by Cintia Gita, pict source: Pexels via Canva)

Setelah menyelesaikan masa studi mungkin banyak dari Gen Z saat ini mulai memasuki fase baru dalam hidup sebagai seorang profesional. 

Memulai karier pertama kali bisa saja memberikan kesan menakutkan, tetapi jangan khawatir karena itu perasaan yang wajar. 

Bagi Generasi Z yang baru pertama kali memasuki dunia kerja, penulis membagikan beberapa tips yang dapat membantu kamu dapat beradaptasi dengan baik di lingkungan kerja yang baru. 

Cari Tahu Job Description dengan Teliti 

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memahami dengan baik job description atau deskripsi pekerjaan kamu. Ketahui tugas dan tanggung jawab yang diharapkan dari bidang pekerjaanmu. 

Dengan memahami job description dengan baik, kamu akan memiliki gambaran yang jelas tentang peran kamu dalam perusahaan dan dapat mempersiapkan diri dengan lebih baik.

Temukan Mentor dan Kenali Rekan Kerja 

Mentor adalah seseorang yang dapat membimbing dan membantu kamu beradaptasi dengan lingkungan kerja yang baru. 

Temukan seseorang di perusahaan kamu yang berpengalaman dan dapat dijadikan mentor, di beberapa perusahaan biasanya mentor adalah atasan di bidang pekerjaan tersebut. 

Selain itu, kenali rekan kerja kamu dengan baik. Jalin hubungan baik dengan mereka dan berusaha untuk berkolaborasi dalam tugas-tugas yang diberikan. 

Ketika mentor dan rekan kerja sedang menjelaskan sesuatu yang berkaitan dengan pekerjaan, kamu bisa mencatatnya agar dapat dipahami di lain waktu.

Pelajari Tools dan Teknologi yang Digunakan 

Di era digital ini, hampir semua perusahaan menggunakan berbagai tools dan teknologi untuk meningkatkan produktivitas. 

Pelajari dan kuasai alat-alat yang umum digunakan di tempat kamu bekerja, seperti software khusus, platform kolaborasi, dan penunjang lainnya. 

Kemampuan dalam menggunakan teknologi akan meningkatkan efisiensi kerja kamu dan membuat kamu lebih bernilai di mata perusahaan.

Jangan Takut untuk Bertanya dan Jangan Takut Gagal

Ketika kamu baru memulai, tidak mungkin untuk mengetahui segalanya. Jangan ragu untuk bertanya kepada rekan kerja atau mentor jika kamu bingung tentang sesuatu. 

Bertanya adalah cara yang baik untuk belajar dan menunjukkan bahwa kamu tertarik untuk memahami pekerjaan kamu dengan lebih baik. 

Selain itu, John Maxwell menyampaikan di dalam bukunya, Failing 101 tentang kegagalan. Ia menjelaskan bahwa kita tidak perlu takut gagal karena kegagalan adalah bagian dari proses menuju sukses. Jika suatu saat kamu melakukan kesalahan, kamu bisa mengevaluasinya untuk memperbaikinya.

Kenali Nama Pimpinan Perusahaan 

Tahap berikutnya adalah mengenali nama-nama pimpinan perusahaan, terutama mereka yang terlibat dalam divisi atau departemen kamu. 

Mengetahui siapa yang bertanggung jawab atas pekerjaan kamu dan bagaimana mereka berperan dalam perusahaan dapat membantu kamu memahami bagaimana seluruh organisasi beroperasi.

Hal ini penting karena kamu bisa saja akan berkomunikasi secara langsung, jadi usahakan kamu mengenal dan mengetahui sosok pemimpin di tempat kerja.

Aktif dan Inisiatif 

Tunjukkan keaktifan dan inisiatif dalam pekerjaan kamu. Jangan hanya menunggu instruksi, tetapi ambil inisiatif untuk menyelesaikan tugas-tugas atau mencari cara-cara baru untuk meningkatkan proses kerja. Sikap proaktif akan memberikan kesan positif kepada atasan dan rekan kerja. 

Berdiskusi dengan Rekan Kerja 

Jangan takut untuk berdiskusi dengan rekan kerja tentang ide-ide atau masalah yang kamu hadapi. Kolaborasi dan brainstorming dapat menghasilkan solusi yang lebih baik daripada mencoba menyelesaikan semuanya sendiri. Bekerja sebagai tim adalah kunci untuk mencapai kesuksesan dalam banyak situasi.

Memulai karier pertama kali akan memberikan tantangan, tetapi jangan biarkan hal itu menghalangi kita untuk mencapai potensi yang dapat kita tunjukkan. 

Dari tips-tips di atas, kita dapat lebih siap dan percaya diri dalam menghadapi tantangan di tempat kerja. Ingatlah bahwa kesuksesan memerlukan waktu dan dedikasi, jadi tetaplah bersemangat dan terus belajar dan berkembang di dunia profesional. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Worklife Selengkapnya
Lihat Worklife Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun