Mohon tunggu...
Cindi Ayu
Cindi Ayu Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Aktif Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi

Mahasiswa Aktif Universitas 17 Agustus 1945 Banyuwangi Fakultas Ekonomi Prodi Manajemen

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Kunci Sukses Pengusaha: Pentingnya Melakukan Analisis External Assessment dalam Menjalankan Bisnis!

10 Juli 2023   20:56 Diperbarui: 10 Juli 2023   21:03 1223
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pernahkah Anda merasa bingung ketika mengelola sebuah perusahaan? Tidak tahu harus mulai dari mana dan apa yang harus Anda lakukan untuk membuat bisnis Anda berjalan dengan baik? Nah, jangan khawatir! Dalam artikel kali ini, kita akan membahas mengenai pentingnya external assessment dalam menjalankan suatu perusahaan. Simaklah dengan baik agar bisnis Anda tetap berjalan sukses!

Dalam dunia bisnis yang kompetitif, perusahaan harus selalu beradaptasi dengan perubahan yang terjadi di sekitarnya. Untuk dapat tetap eksis dan berkembang, pelaku bisnis harus mengenali peluang yang ada dan mengatasi ancaman yang muncul. Dalam hal ini, penilaian eksternal atau external assessment menjadi sangat penting. Dalam melakukan penilaian eksternal, perusahaan perlu memperhatikan beberapa hal, seperti tren pasar, kebijakan pemerintah, persaingan industri, serta faktor sosial dan politik yang dapat memengaruhi jalannya bisnis.


Apa itu external assessment?

Sebelum kita membahas lebih lanjut mengenai pentingnya external assessment, mari kita pahami terlebih dahulu apa yang dimaksud dengan penilaian eksternal. Menurut (Solihin, 2012) External Assessment adalah mengidentifikasi kesempatan (opportunities) dan ancaman (threats) yang ada dalam lingkungan yang sekarang dan antisipasi perubahan-perubahan lingkungan di masa yang akan datang[1]. Singkatnya, penilaian eksternal adalah proses analisis yang dilakukan oleh perusahaan untuk mengevaluasi faktor-faktor di luar perusahaan yang dapat mempengaruhi kesuksesan atau kegagalan bisnis.

 

Lalu Apakah Ancaman Usaha Itu?

 

Salah satu alasan mengapa external assessment penting adalah karena dapat membantu perusahaan mengidentifikasi ancaman yang dapat mengganggu kelangsungan bisnis. Dalam dunia bisnis yang kompetitif, perusahaan harus waspada terhadap persaingan yang kuat dan perubahan dalam lingkungan eksternal. Dengan melakukan analisis yang tepat, perusahaan dapat mengantisipasi ancaman tersebut dan mengambil tindakan yang diperlukan untuk menghadapinya. Dengan kata lain, ancaman usaha adalah segala sesuatu yang dapat memberikan dampak negatif yang akhirnya bisa mengganggu kelangsungan suatu usaha.

 

Contohnya adalah perusahaan yang bergerak di industri pakaian. Dengan melakukan analisis eksternal, perusahaan dapat mengetahui tren fashion terbaru, perubahan gaya hidup konsumen, kebijakan pemerintah yang mempengaruhi industri ini, dan persaingan dari merek-merek lain. Dengan mengetahui hal-hal tersebut, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah strategis untuk tetap relevan di pasar dan menghindari ancaman dari faktor-faktor eksternal tersebut.

Apakah Peluang Usaha Itu?

 

Selain mengidentifikasi ancaman, external assessment juga penting untuk menemukan peluang usaha yang dapat diambil oleh perusahaan. Dalam bisnis, peluang adalah titik terang yang dapat menciptakan pertumbuhan dan keunggulan kompetitif. Dengan melihat ke luar, perusahaan dapat menemukan peluang baru yang belum dimanfaatkan oleh pesaing. Peluang usaha sendiri berarti segala sesuatu yang dapat menguntungkan suatu perusahaan, dan memperlancar jalannya usaha.

 

Misalnya, perusahaan makanan siap saji dapat menggunakan external assessment untuk melihat tren makanan sehat yang sedang populer.  Dengan mengetahui hal ini, perusahaan dapat memperluas menu mereka untuk mencakup makanan sehat dan menarik pelanggan yang lebih banyak. Mencari peluang seperti ini akan memberikan keuntungan pada perusahaan dan memberikan kepuasan pada konsumennya.

 

Bagaimana Proses External Assessment dalam Dunia Bisnis?

 

Sekarang, mari kita bahas tahapan utama dalam proses external assessment. Pertama-tama, perusahaan perlu mengumpulkan data dan informasi mengenai lingkungan eksternal. Ini meliputi ekonomi, sosial, politik, demografi, teknologi, dan faktor-faktor lain yang dapat mempengaruhi bisnis. Perusahaan dapat menggunakan berbagai sumber data seperti laporan penelitian pasar, survei, dan analisis pasar.

 

Setelah data terkumpul, langkah berikutnya adalah menganalisis data tersebut. Perusahaan perlu memperhatikan tren, pola, dan perubahan yang terjadi untuk menilai potensi ancaman dan peluang dalam lingkungan eksternal. Dalam analisis ini, perusahaan dapat menggunakan berbagai alat dan metode seperti analisis SWOT, analisis PESTEL, atau analisis lima kekuatan Porter.

 

Menurut (Watunglawar, 2022) dalam rangka menghadapi globalisasi, diperlukan analisis[2]:

 

Matriks evaluasi faktor eksternal

 

  • (external factor evaluation matrix -- EFE)
  • Matriks profil kompetitif (competitive profile matrix -- CPM)
  • Matriks evaluasi faktor eksternal (external factor evaluation matrix -- EFE) :
  • Faktor-faktor keberhasilan hanya mencakup data spesifik atau faktual dan hanya berfokus pada isu-isu internal.
  • Faktor-faktor keberhasilan penting yang dikelompokkan menjadi peluang dan ancaman.
  • Peringkat dan skor bobot total perusahaan-perusahaan pesaing tidak dibandingkan dengan perusahaan sampel.
  • Matriks profil kompetitif (competitive profile matrix -- CPM)
  • Faktor-faktor keberhasilan lebih luas, karena tidak mencakup data spesifik atau faktual dan mungkin berfokus pada isu-isu internal.
  • Faktor-faktor keberhasilan penting yang tidak dikelompokkan menjadi peluang dan ancaman.
  • Peringkat dan skor bobot total perusahaan-perusahaan pesaing dapat dibandingkan dengan perusahaan sampel.

 

Setelah analisis selesai, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah strategis berdasarkan hasil penilaian eksternal tersebut. Hal ini bisa meliputi perubahan pada model bisnis, peluncuran produk baru, berinvestasi di pasar yang sedang berkembang, atau terlibat dalam aliansi strategis dengan mitra bisnis. Tujuan utama dari langkah-langkah ini adalah untuk menjaga ketahanan bisnis dan memanfaatkan peluang yang ada.

 

Dalam menjalankan sebuah perusahaan, penting bagi setiap pemimpin bisnis untuk melihat ke luar dan melakukan penilaian eksternal secara teratur. Dengan memahami ancaman dan peluang yang ada di lingkungan eksternal, perusahaan dapat mengambil langkah-langkah strategis yang tepat untuk tetap relevan dan sukses. Bukan hanya itu, penilaian eksternal juga dapat membantu perusahaan dalam pengambilan keputusan bisnis yang efektif. Jadi, yuk simak pentingnya external assessment dalam menjalankan suatu bisnis!

 

1 Ismail Solihin, (2012). Manajemen Strategik. Jakarta: Erlangga. Buku Group.

2 Balthasar Watunglawar, (2020). Manajemen Strategik. D.I Yogyakarta: CV. Lebah Buku Group.

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun