Siapa sih yang tidak tertarik dengan skuter matik (skutik) Honda Vario 150 eSP. Dengan seabreg fitur canggih dan desain yang futuristik, siapapun pasti tergiur dengan skutik ini. Salah satunya adalah saya.
Honda Vario 150 eSP (foto: astra-honda.com)
Berdasarkan pengamatan di jalanan, desain Honda Vario 150 eSP ini sangatlah menawan. Baik dilihat dari depan, dari samping maupun dari belakang. Dari depan, yang paling kentara adalah lampu depannya. Lampu utamanya berupa lampu ganda (Dual Keen Eyes Headlight) dan sudah mengaplikasikan teknologi lampu led, terlihat terang untuk menerangi jalanan. Dengan menggunakan led, pencahayaannya lebih terang karena cahayanya berwarna putih dan pastinya lebih hemat energi. Walau demikian, ketika berpapasan dengan Honda Vario 150 eSP, pancaran cahayanya tidak menyilaukan karena pencahayaannya fokus ke jalan. Ini berkaitan dengan desain lampu depan Honda Vario 150 eSP yang menyipit.Â
Desain lampu ini semakin menegaskan kesan Honda Vario 150 eSP skutik yang premium dan futuristik yang keren dan sporti. Menambah kesempurnaan skutik Honda Vario 150 eSP. Jika dilihat dari samping, terlihat guratan-guratan yang tajam dan agresif. Warna monotonnya yang menawan dan berkelas ditambah dengan emblem nama Vario 150 eSP dan logo Honda-nya yang berbentuk tiga dimensinya, menambah kesempurnaan Honda Vario 150 eSP. Dan jika dilihat dari belakang, terlihat desain lampu belakang dan seinnya yang menyatu, menambah kemewahan dan kesempurnaannya.
Awalnya hanya bisa melihat saja di jalanan atau di tempat parkir. Sampai sekitar dua minggu yang lalu ketika bermain ke rumah teman, akhirnya bisa mencoba mengendarai skutik ini. Cuma sebentar saja mencobanya karena hanya digunakan untuk membeli makanan ringan ke sebuah supermarket yang berjarak sekitar satu setengah kilo dengan jalanan menurun dan banyak belokan. Namun setidaknya bisa merasakan bagaimana sensasi kesempurnaan mengendarai skutik Honda Vario 150 eSP ini.
Ketika mengendarainya terasa bahwa desainnya sangat nyaman untuk dikendarai. Ketinggian joknya pas sekali. Joknya terasa nyaman diduduki karena empuk dan lebih lebar. Pertama dinyalakan, terasa suaranya halus sekali baik suara starternya maupun suara mesinnya. Ini bisa dikaitkan dengan penggunaan starter dari jenis ACG Starter dan mesin injeksinya yang disandingkan dengan teknologi eSP (enhanced smart power). Lampu depan otomatis menyala sehingga tidak ada alasan lupa menyalakan lampu depan walaupun di siang hari.
Ketika dijalankan, terasa tenaga mesinnya besar walaupun gas baru ditarik. Ditopang dengan ban berukuran cukup besar, skutik ini sangat stabil dikendarainya walaupun melewati jalanan yang berbelok-belok dan agak jelek. Berbagai indikator yang terdapat di dashboard juga sangat lengkap menyajikan informasinya. Sehingga sangat membantu pengendara skutik Honda Vario 150 eSP ini baik berkaitan dengan kecepatan, kapasitas bahan bakar tersedia, indikator lampu utama dan indikator lampu sein yang terpisah antara kiri dan kanan. Indikator lampu sein yang terpisah sangat membantu pengendara ketika mau berbelok.
Di jalanan yang menurun, pengereman Combi Brake Systemnya bekerja dengan sempurna. Walaupun hanya tuas rem yang kiri saja yang ditarik, namun terasa bahwa baik ban belakang maupun ban depan mengalami pengereman berbarengan. Namun katanya dianjurkan untuk melakukan pengereman dengan kedua tuas rem yang kiri dan kanan. Tambahannya, di tuas rem yang kiri dilengkapi dengan Parking Brake Lock yang berfungsi untuk mengunci ban belakang ketika parkir baik di jalanan yang menanjak maupun menurun.
Sampai di tempat parkir supermarket, standar samping yang memiliki fitur Side Stand Switch berfungsi dengan sempurna. Ketika standar samping diturunkan, mesin otomatis mati.
Pulangnya, mencoba fitur Answer Back System. Walaupun di parkiran cuma ada beberapa sepeda motor, namun fiturnya berfungsi dengan sempurna. Skutik Vario 150 eSP merespon ketika tombol remote ditekan.
Karena makanan dan minuman yang dibeli tidak dimasukkan ke dalam kantong plastik, akhirnya makanan dan minuman tersebut dimasukkan ke dalam bagasi si skutik. Dan ternyata makanan dan minuman dari beberapa buah makanan ringan dan tiga botol standar air mineral bisa masuk ke dalam bagasi. Sempurna sekali. Kesempurnaannya ditambah dengan cara membuka bagasinya yang menggunakan tombol yang terletak di dekat kunci stang. Kunci stangnya juga dilengkapi dengan kunci magnetis yang meningkatkan keamanan skutik dari pencurian.
Itulah kesempurnaan skutik Honda Vario 150 eSP yang terekam dari mencoba mengendarai sang skutik keluaran PT Astra Honda Motor (AHM) ini. Namun kesempurnaanya bukan hanya itu saja. Karena hasil dari obrolan dengan si empunya skutik, banyak hal lain yang menambah kesempurnaan skutik Honda Vario 150 eSP. Kesempurnaan skutik Honda Vario 150 eSP ini ditambah dengan dibenamkannya fitur ISS atau Idling Stop System. Fitur ini sangat membantu dalam penghematan konsumsi bahan bakar. Jika fitur ISS ini diaktifkan, mesin skutik Honda Vario 150 eSP akan mati jika berhenti melebihi waktu 3 detik. Dan untuk menyalakannya kembali hanya perlu menarik tuas gas.Â
Fitur ISS ditambah dengan teknologi mesin injeksi PGM-FI yang digabungkan dengan teknologi eSP, menyebabkan konsumsi bahan bakar skutik Honda Vario 150 eSP ini sangat irit untuk kelas 150 cc. Ditambah lagi hasil pembakarannya sudah sesuai dengan standar emisi Euro 3. Ban yang digunakan skutik Honda Vario 150 eSP merupakan ban tubeless berukuran besar: 80/90 untuk ban depan dan 90/90 untuk ban belakang. Ban tersebut dipasangkan pada velg berukuran 14 inci.
Dengan berbagai fitur yang melimpah dan canggih serta desain yang menawan dan futuristik, tidak ada kata lain untuk skutik Honda Vario 150 eSP ini selain Honda Vario 150 Sempurna.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H