Mohon tunggu...
churin in
churin in Mohon Tunggu... -

Allah lebih tahu apa yang kita tidak tahu, Yakinlah sesudah kesulitan pasti ada kemudahan.

Selanjutnya

Tutup

Money

Cara Menarik Hati Pelanggan

16 Oktober 2016   09:42 Diperbarui: 16 Oktober 2016   09:52 124
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ekonomi. Sumber ilustrasi: PEXELS/Caruizp

Dalam menjalankan sebuah usaha, kita sangat membutuhkan yang namanya pelanggan. Pelanggan adalah pembeli yang dapat meningkatkan angka penjualan kita. Untuk itu, kita pasti butuh pelanggan sebanyak-banyaknya agar produksi kita dapat meningkat. Langkah yang dapat kita lakukan untuk memikat hati pelanggan tersebut, dengan  memperhatikan gaya bahasa kita dalam menyampaikan sebuah produk yang kita jual. Gaya bahasa yang menarik akan mempengaruhi minat para konsumen. Maka dari itu, kita harus mengetahui bagaimana cara promosi yang baik.

Sebelumnya, kita harus tahu apasih promosi itu... ?

Mungkin dari kita sering mendengar istilah promosi. Promosi itu nama lain dari pemasaran. Hanya saja yang sering di pakai di kalangan masyarakat adalah kata promosi.

Promosi (pemasaran) adalah upaya untuk memberitahukan atau menawarkan produk atau jasa dengan tujuan menarik calon konsumen untuk membeli atau mengkonsumsinya. Dengan adanya promosi produsen atau distributor mengaharapkan kenaikannya angka penjualan. Hal tersebut dikutip dari Wikipedia Bahasa Indonesia.

Salah satu bentuk promosi adalah dengan menggunakan iklan. Iklan ialah cara paling melekat yang di gunakan produsen kepada konsumen untuk mengenalkan sebuah produk. Dengan adanya iklan ini kita akan mendapatkan beberapa manfaat diantaranya :

1. Menyebarkan informasi produk kita kepada target pasar potensial. 

Agar sebuah produk yang kita produksi dapat dikenal dikalangan masyarakat salah satu hal yang kita lakukan adalah dengan menyebarkan informasi. Baik informasi yang di sampaikan melalui tulisan ataupun dari lisan ke lisan. Jika produk kita sudah banyak di kenal dikalangan masyarakat maka akan mudah bagi kita untuk menembus pasar internasioanal.

2. Untuk menaikkan penjualan serta profit atau laba. 

Jika produk yang kita produksi sudah dikenal oleh kalangan masyarakat maka hal tersebut akan mempengaruhi banyaknya produksi kita, semakin banyak produksi maka semakin banyak pula perolehan profit kita.

3. Untuk mendapatkan pelanggan baru dan menjaga kesetian pelanggan kita.

Dalam memproduksi sebuah produk sebaiknya kita menyeimbangkan antara harga dan kualitas karena aspek yang sangat mempengaruhi pasar adalah harga dan kualitas. Untuk menjaga kesetiaan dengan pelanggan maka sebaiknya kita mempertimbangkan hal tersebut. Jika pelanggan yang kita miliki sudah merasa terpuaskan maka akan mudah bagi kita untuk mendapatkan sebuah pelanggan baru.

4. Membentuk citra produk dimata konsumen sesuai dengan yang diinginkan. 

Sebuah kritik dan saran dari konsumen pada kita sebaiknya kita pertimbangkan karena hal tersebut masukan bagi kita untuk memperbaiki produksi kita selanjutnya. Sehingga dapat disesuaikan dengan keinginan produsen.

5. Menjaga kestabilan penjualan ketika terjadi penurunan harga pasar.

Maka dari itu dalam membuat promosi kita harus merangkai kata-kata yang dapat mengangkat pencitraan penjualan produksi kita karena dengan menggunakan bahasa yang kreatif dapat menarik hati pelanggan.

Mengapa bahasa promosi mempengaruhi pelanggan...?

  • Promosi dalam bentuk tulisan lebih mudah diterima oleh masyarakat.
  • Kata-kata promosi dengan isi yang bertema trend situasi dan familiar cenderung diperhatikan dan berpeluang mempengaruhi orang.
  • Kata-kata promosi yang kuat akan diingat dan akan selalu menempatkan nama produk dengan kalimat promosinya.

Ada beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk meningkatkan kualiatas sebuah promosi kita. Kata-katanya sederhana namun memiliki daya tarik psikologis yaitu kalimat promosi yang dapat menarik hati calon pembeli :

1. Anda

Menggunakan kata anda dalam promosi seolah-olah saat itu anda dapat berbicara secara langsung dengan konsumen sehingga dapat meningkatkan hubungan baik karena dapat berinteraksi antara anda dan konsumen dan akhirnya dapat meningkatkan efektifitas promosi yang anda buat.

2. Baru

Kata ini sering digunakan oleh perusahaan besar untuk mempromosikan produknya. Contohnya trend terbaru, new design, dll.

3. Gratis

Gratis ongkos kirim, dengan kalimat seperti itu seakan-akan diberitahu bahwa mereka dapat menghemat banyak dengan membeli produk kita walaupun nyatanya tidak, kata gratis merupakan salah satu kata paling banyak digunakan karena paling ampuh meningkatkan penjualan.

4. Bergaransi

Menurut penelitian, banyak orang yang sebenarnya memiliki minat membeli namun membatalkan niatnya karena takut seperti takut produk yang dibeli cepat rusak, takut jelek dan lain sebagainya. Dengan menambah kata garansi dapat meningkatkan keyakinan dan kepercayaan pembeli terhadap produk yang kita tawarkan.

Sekian. Semoga bermanfaat.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun