Mohon tunggu...
Christina Susi Handayani
Christina Susi Handayani Mohon Tunggu... Guru - Guru/SD Tarakanita 5 Jakarta

Saya adalah seorang guru yang tidak ingin hanya menjadi guru saja, namun ada kelebihan lain yang harus saya miliki. Oleh karena itu saya senang mengembangkan diri saya dengan dan dari mana saja sumbernya yang penting cocok dengan hoby dan bermanfaat bagi saya. Saya senang menulis, saat ini saya sedang mengikuti beberapa buku antologi. Saya sudah memiliki beberapa buku antologi puisi dan satu buku antologi cerpen. Semoga saya bisa terus menulis dan menulis. Menulis itu sungguh mengasyikkan. Semangatttt!

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Jurnal Refleksi Dwimingguan Modul 2.2

4 Maret 2023   23:19 Diperbarui: 4 Maret 2023   23:21 232
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

JURNAL REFLEKSI MODUL 2.2

 

Kembali lagi sampai pada kegiatan Jurnal Refleksi. Jurnal refleksi ini merupakan salah satu kegiatan rutin dalam PGP (Program Guru Penggerak). Kami para Calon Guru Penggerak (CGP) diberi tugas untuk menuliskan apa saja yang sudah dipahami selama pembelajaran modul tertentu (upgrading skill).

Kali ini saya akan menuliskan apa yang saya dapatkan selama mempelajari modul 2.2 dalam kurun waktu 2 minggu terakhir. Banyak cara atau metode untuk menuliskan refleksi. Saya akan menggunakan metode 4F yang diprakrsai oleh Dr. Roger Greenway yang mencakup 4 F yaitu Facts, Feelings, Finding dan Future.

Fact (Fakta)

Kamis, 23 Februari 2023, kami disapa oleh fasilitator kami Bapak Ismail yang sangat rajin mengingatkan tugas kami dalam PGP. Beliau menyampaikan bahwa hari tersebut merupakan hari pertama kami akan mulai belajar tentang modul 2.2 Pembelajaran Sosial dan Emosional. Kami mulai dari diri dari rangkaian alur MERDEKA kemudian dilanjutkan Eksplorasi Konsep, Ruang Kolaborasi, Demonstrasi Kontekstual, Elaborasi Pemahaman, Koneksi Antar Materi, dan Aksi Nyata.

Pada Modul 2.1 ini materinya tentang Pembelajaran Sosial dan Emosional.

Diharapkan kami dapat memahami dan menjelaskan pentingnya Pembelajaran Sosial dan Emosional dalam kegiatan sehari-hari di sekolah. Pembelajaran ini dimaksudkan untuk menciptakan lingkungan belajar yang aman, nyaman, menyenangkan, sehingga  peserta didik mampu mencapai prestasi akademik dan bersosialisasi secara maksimal.

Pembelajaran Sosial dan Emosional didasarkan pada kerangka kerja CASEL (Collaborative for Academic, Social, and Emotional Learning) tujuannya adalah untuk mengembangkan 5 (lima) Kompetensi Sosial dan Emosional (KSE) yaitu: kesadaran diri, kesadaran sosial, manajemen diri, keterampilan berelasi, dan pengambilan keputusan yang bertanggung jawab.

Kami juga harus dapat menjelaskan  dan  mengimplementasikan tentang pembelajaran sosial dan emosional di kelas dan sekolah. Ada 4 indikator di dalamnya yaitu:

  • Pengajaran eksplisit
  • Integrasi dalam praktik mengajar guru dan kurikulum akademik
  • Penciptaan iklim kelas dan budaya sekolah
  • Penguatan pembelajaran sosial dan emosional pendidik dan tenaga kependidikan PTK)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun