By Christie Damayanti
Olimpiade memang merupakan ajang prestasi akbar internasional, di bidang olahraga. Tentu saja, setiap Negara yang mau mengikutkan kontingannya berlaga, apalagi bagi Negara sebagai tuan rumah, akan mengeluarkan banyak biaya.
Mereka pun akan berusaha untuk mendapatkan sponsor2 untuk membantu pembiayaan even akbar tersebut, sehingga berbagai daftar perusahaan yang sekiranya mampu membantu, sudah dipersiapkan listnys, jauh sebelum even ini diadakan .....
Seperti he Coca-Cola Company, yang sudah sering menjadi sponsor bagi even2 akbar seperti ini. Baik lokal ataupun internasional. Â
Perusahaan besar ini, mensponsori Olimpiade 1928 di Amsterdam, dan telah mendukung setiap Olimpiade sejak itu. Coca-Cola menyegarkan atlet, ofisial, dan penonton Olimpiade dengan minumannya selama Olimpiade.
Sebagai mitra dari 204 Komite Olimpiade Nasional dan tim mereka, perusahaan ini telah mengembangkan tradisi yang kuat dalam menciptakan program dan acara untuk membawa semangat Olimpiade kepada konsumen di negara2 tuan rumah Olimpiade.
Coca-Cola menjadi anggota piagam Program TOP pada tahun 1986 di bawah kategori produk eksklusif minuman non-alkohol.
Pada tahun 2019, The Coca-Cola Company dan IOC memperpanjang perjanjian kemitraan mereka hingga tahun 2032, sebagai bagian dari Perjanjian Kemitraan TOP Bersama yang pertama.
Perjanjian ini memperluas hubungan The Coca-Cola Company dengan Gerakan Olimpiade menjadi hubungan bersejarah selama 104 tahun. The Coca-Cola Company adalah Mitra Olimpiade terlama yang berkelanjutan.
The Coca-Cola Company adalah produsen, pemasar, dan distributor konsentrat dan sirup minuman non-alkohol terkemuka di dunia yang digunakan untuk memproduksi lebih dari 230 merek produk.
Perusahaan ini memiliki operasi lokal di lebih dari 200 negara di seluruh dunia.
***
Di Jepang, Coca-Cola memang sangat menginspirasi.
Setiap aku datang kesana untuk menjenguk anakku yng tinggal, kuliah dan bekerja disana, pasti Coca-Cola menerbitkan sesi2 khusus tentang presentasinya.
Misalnya,
Setiap musim berganti, dari musim Sakura/musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin, kaleng Coca-Cola berganti dengan ganbar2 sesuai dengan musimnya. Padahal, isinya ya sama, Coca-Cola.
Bisa juga, jika ada even2 khusus dan Coca-Cola mendapatkan waktu untuk membantu, kaleng atau botolnya akan berganti dengan even tersebut.
The Coca-Cola Company tidak mau ketinggalan, apalagi olimpiade ini merupakan olimpiade yang terunik karena diselenggarakan pada saat pandemic serta yang pertama kali olimpiade tanpa penonton.
Mwnurut sahabatku, Maria Cheng, yang tinggal di Chiba, di semua tempat yang menjual Coca-Cola, pasti ada keterangan dan lambang2 Olimpiade. Wajar. Dan, bagi kolektor, benda2 kolektibel ini, akan diburu untuk dikoleksi.
Karena pandemic, kita tidak bisa kesana. Selain untuk menonton pertandiang cabang2 olahraga yang kita suka, kita pun bisa berburu berbagai souvenir Olimpiade Tokyo 2020, untuk dikoleksi.
Untukku sendiri, selain membeli berbagai souvenir tentang even tersebut, aku pun berbisnis kecil2an, seperti yang aku lakukan selama ini. Pesanan2 dari teman2ku di Jakarta, akan kubelikan dengan harga yang sedikit kunaikkan untuk upahku.
Mereka menatakan bahwa mereka berkomitmen untuk menciptakan omen2 yang tidak akan terlupakan selama even akbar ini, sebagai yang paling banyak ditonton dan dirayakan di dunia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H