Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

"Enoden", Kereta Tua nan Cantik Jalur Hase Melalui Pantai Shonan di Kamakura

7 Maret 2020   12:47 Diperbarui: 7 Maret 2020   18:34 321
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Enoden, dengan kereta2 tua di Kamakura, yang melewati kota Shonan, kota pantai teluk. Kereta2 disini memang kereta2 tua, yang beroperarasi sejak puluhan tahun lalu. Sengaja karena pemerintah local mau mengangkat kota Kamakura yang awalnya hanya tahu tentang patung raksasa, The Great Buddha Kamakura ...... 

***

Cukup puas mendengarkan "suara2 surga" di Museum Kamakura Sky, walau pun sebenarnya kami tetap belum puas, tetapi kami harus segera ke Stasiun Hase, untuk kereta Enoden mengantar kami ke Stasiun Kamakura, lalu ganti kereta ke Stasiun Tokyo, ganti lagi ke Stasiun Kinshicho, barulah kami turun lagi ke Stasiun Nishi Funabashi dan terakhir ke Stasiun Funabashi Hoten.

Itu sekitar 2 jam kurang (1 jam 54 menit) dengan 1.465 Yen. Cukup jauh dan tidak semua bisa dengan tiket JR Pass, karena Kereta Enoden adalah jalur Odakyu (bukan Japan Railway, perusahaan pemerntah Jepang). Dan, jika kami terlambat ke Stasiun Hase, alamat kami harus bermalam di Kamakura. Karena Enoden hanya sampai sekitar jam 19.00 waktu itu (klo tidak salah) .....

www.googlemap.com
www.googlemap.com
Lokasi apartemen Michelle di Funabashi Hoten, lewat Tokyo menuju Kamakura di Kanagawa sekitar 2 jam naik kereta biasa (bukan Shinkansen, kereta peluru, karena tidak ada Shinkansen ke Kamakura).

Dan, ternyata juga kereta Enoden itu sebenarnya memang kereta wisata, dimana kita semua untuk sampai ke titik wisata utama yaitu The Greater Buddha Kamakura, Enoden membawa kami berkeliling dahulu, untuk melihat panorama dan beberapa titik wisata Kamakura. Jadi, tidak langsung.

Begitu juha ketika puang dari Stasiun Has eke Stasiun Kamakura,  kita semua pun dibawa keliling dahulu sebelum sampai. Padahal dari Stasiun Hase ke Stasiun Kamakura, Cuma berbeda 1 stasiun, its meand hanyha sekitar 3 menit saja, sekitar antara 2 atau 3 km saja.

Begitulah pemerintah setempat Kamakura memperkenalkan kota nya dengan wisata naik jalur Odakyu, dengan berbagai jenis kereta2 tua nya dan berkeliling kota .....

Kereta Enoden sendiri merupakan Enoshima Electric Railway adalah kereta api pribadi di Jepang yang menghubungkan Stasiun Kamakura di Kamakura dengan Stasiun Fujisawa di Fujisawa, Kanagawa.

Stasiun dalam perjalanan meliputi Hase, halte terdekat dengan Ktoku-in, kuil dengan patung luar biasa Amida Buddha. Kereta api ini sepenuhnya dimiliki oleh Grup perusahaan Odakyu. Dan pertama kali Enoden dibukan untuk umum sekitar tahun 1902 lalu. Cukup tua .....

Rute ini sepanjang 10 kilometer, single-track saja. Artinya, memang kereta Enoden ini hanya 1 jalur saja, pulang dan pergi (jadi 2 jalur).

www.trip101.com
www.trip101.com
Kereta2 Enoden, jalur di Kamakura. Karena Kamakura adalh kota kecil, dan hanya punya 2 jalur kereta Enoden, seperti inilah begitu kecilnya jarak antar kereta.

Jalur pulang dan pergi itu meliputi titik2 wisata Kamakura yang berbeda, selain The GreT Buddha nya. Ada 2 stasiun untuk mencapai Stasiun Kamakura, dan melewati pemandangan pantai Kamakura dan perbukitannya.

Stasiun2 itu ada Stasiun Yuigahama dan Stasiun Wadazuka.

www.en.wikipedia.org | Jalur dari The Great Buddha Kamakura dari Stasiun Hase ke Stasiun Kamakura
www.en.wikipedia.org | Jalur dari The Great Buddha Kamakura dari Stasiun Hase ke Stasiun Kamakura
Stasiun Yuigahama adalah stasiun kereta api di Enoshima Electric Railway (Enoden) yang terletak di Kamakura. Berjarak 8,9 kilometer dari terminal Enoden di Stasiun Fujisawa. Stasiun Yuigahama dibuka pada 16 Agustus 1907. Memiliki peron atau platform satu sisi yang melayani 2 arah dan tidak dijaga, karena memang Kamakura adalah kota kecil.

enoden-co-jp-5e633532097f367fa734edd2.jpg
enoden-co-jp-5e633532097f367fa734edd2.jpg
 

www.enoden.co.jp
www.enoden.co.jp
Coba lihat! Walau stasiun ini hanya 1 sisi untuk melayani 2 jalur pulang pergi dan tidak dijaga, pemerintah Jepang pun tetap membangun "ramah disabilitas". Jadi, aku tidak pernah takut kemanapun di Jepang, denagn fasilitas2 yang baik untukku .....

Stasiun Wadazuka  adalah stasiun kereta api di Enoshima Electric Railway (Enoden) yang berlokasi di Kamakura, yang berjarak 9,2 kilometer dari terminal Enoden di Stasiun Fujisawa. Dibuka pada tanggal yang sama seperti StasiunYuigahama, dan juga mempunyai peran 1 sisi untuk layanan 2 jalur dan juga tidak dijaga.

www.en.wikipedia.org
www.en.wikipedia.org
Begitu juga Stasiun Wadazuka, dengan 1 sisi peron dan fasilitas "ramah disabilitas" yang sama dengan Stasiun Yuigahama 

***

Selama kami naik Enoden dari Stasiun Hase. Berkeliling naik Enoden, dengan kereta tua, membuat perjalanan kami semakin bermakna.

Shonan Kamakura

Shnan area Kamakura adalah nama sebuah wilayah di sepanjang pantai Teluk Sagami di Prefektur Kanagawa, Jepang tengah. Kota mungil ini memang kami datangi karena kereta Enoden yang kami tumpangi melewati pantai Shonan.

Kereta tua yang berbeda di jalur Hase yang dipunyai oleh perusahaan swasta, Odakyu | www.trover.com
Kereta tua yang berbeda di jalur Hase yang dipunyai oleh perusahaan swasta, Odakyu | www.trover.com
Sebenarnya, ini adalah pantai teluk. Karena teluk, wilayah ini mendapat manfaat dari iklim yang sejuk dan pantai2 cantik dan panjang yang ditutupi pasir vulkanik yang gelap.

Apa yang istimewa tentang Enoden, adalah area di mana kereta lokal ini bepergian. Jarak yang ditempuh kereta hanya 10 kilometer, meliputi area pantai yang populer, Shonan dari stasiun Fujisawa ke stasiun Kamakura. Sejarah sistem kereta api ini adalah 100 tahun sehingga ini juga merupakan situs bersejarah.

Lalu, ketika kereta Enoden bergerak diantara perumahan dengan gang jalur kereta yang sempit, memberikan pengalaman nyata untukku. Jalur2 kereta dalam gang2 yang sempit pun, terawatt sangat baik! Dan, pemandangannya sangat menakjubkan!

Coba deh, lihat foto di bawah ini ......

Salah satu kereta Enoden, melewati gang2 jalur kereta yang sempit diantara perumahan di Kamakura | www.trip101.jp
Salah satu kereta Enoden, melewati gang2 jalur kereta yang sempit diantara perumahan di Kamakura | www.trip101.jp
Kereta Enoden jalur Hase Kamakura, memang sangat special, terutama untukku. Makanya, aku ingin membagikan di artikel ini dan beberapa atikel sebelumnya tentang Jalur Hase ini.

Kereta2 Enoden yang benar2 dirawat sejak puluhajn tahun bahkan ratusan tahun lalu, tetap difungsikan pemerintah local untuk membawa wisatawan2 yang dating ke The Great Buddha Kamakura, dan untuk calon2 wisatawan ke area Kamalura.

Termasuk kota kecil Shonan Kamakura .....

Keberadaan kereta2 Enoden yang cantik2 ini, membuah pemandangan Shanon dengan pantai teluknya, bersinar. Dan memberikan pandangan yang baru. Ketika kereta2 tua Enoden, berlatar belakang Pantai Shonan Kamakura ......

Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun