By Christie Damayanti
Kemarin, kesempatanku untuk diskusi dan berbincang dengan 'market leader' dari produsen sanitary Indonesia. Dan mereka memang sangat mendukung konsepku untuk membuka mata stake-holder2 di Indonesia, khususnya di Jakarta, untuk mulai aware dan peduli tentang warga prioritas.
Warga prioritas itu terdiri dari warga disabilitas dan warga lansia, dimana mereka, termasuk aku, membutuhkan bukan sekedar toilet untuk membuang panggilan alam saja, tetapi juga kami membutuhkan toilet yang bisa memberikan kenyamanan bagi kami.
Untuk itu, aku ingin sekali memberikan karya bagi kami, teman2 prioritas. Dan kemarin, awal dari produk karya kami, jika Tuhan berkenan, akan memberikan dampak posirif bagi Indonesia.
Konsep arsitektural tentang toilrt, memang sudah aku pelajari, termasuk toilet disabilitas. Tetapi, semuanya hanya aa yang aku butuhkan dan apa yang aku inginkan. Dimana konsep ini, belum mengacu kepada toilet disabilitas yang bisa dipergunakan semua kaum prioritas, terutama bagi kaum disabilitas yang beraneka ragam jenisnya!
Sehingga, kemarin aku harus banyak berdiskusi untuk itu. Jenis2 sanitary nya, teknologinya bahkan amenities nya .....
"Wisata Toilet, Tour de Toilette"
Haha ..... apaan sih ini? Tour untuk melihat2 tilet? Astagaaaaa ..... lebai amaaattttt .....
Pasti yang tertanam di benak kalian adalah seperti ini. Tetapi, bacalah dahulu di artikel ini dan artikel2 selanjutnya. Nanti kita akan mendapatkan inspirasi untuk kita bisa membantu dunia tempat tinggal kita, menjadi lebih baik .....
Cerita tentang sanitary untuk membangun toilet yang ramah lingkungan, berteknologi tinggi, juga yang bisa menghemat air, dimana air semakin lama semakin menipis karena berbagai macam hal kesalahan manusia, adalah tidak lepas dari sebuah produsen 'market leader' di Indonesia.
Secara referensi, aku tahu produk ini adalah yang terbaik, dari Jepang, sebuah Negara yang sungguh sangat memperhatikan detail dari berbagai macam aspek.
Sebuah gedung yang "Jepang banget", yang memang di desain dari Jepang yang sangat modern, berteknolpgi tinggi serta sangat minimalis, menampung berbagai macam produk berteknologi tinggi, untuk membuat dunia lebih baik.
Dari awal keluar dari mobil dan aku berada di kursi roda ajaibku, di lobby utama aku memang langsung dibantu untuk duduk di kursi roda. Tetapi di lobby nya sendiri, si pemilik gedung sudah merancangkan ramp yang nyaman bari disabilitas diatas kursi roda.
![51910897-2245032528851084-8562577905182310400-n-5c6633cb12ae9469902a8204.jpg](https://assets.kompasiana.com/items/album/2019/02/15/51910897-2245032528851084-8562577905182310400-n-5c6633cb12ae9469902a8204.jpg?t=o&v=770)
![Dokumentasi Bp Yacub dan www.cendrawasihlandscape.com](https://assets.kompasiana.com/items/album/2019/02/15/cendrawasih-5c6634ff677ffb5cf6231cd5.jpg?t=o&v=770)
Bagitu kami masuk, suasana interior yang "jepang banget", lalu naik ke lantai 2 dengan tombol lift yang sudah nyaman untuk disabilitas (tinggi dari permukaan lantai sekitar 80 cm). Dan, disini lah "tour de toilette"Â dimulai .....
Aku tidak ingin mempromosikan suatu merk produk tertentu, tetapi produk yang berasal dari Jepang ini, memang sangat menginspirasi. Negara Jepang yang memang terkenal dengan deati dan teknologinya, jua sangat peduli dengan standarad2 nya di dunia, bahkan untuk "urusan belakang" ini pun, mereka sangat teliti demi membuat dunia lebih baik.
Seorang Jepang, bernama Kazuchika Okura tahun 1917 lalu mendirikan pabrik untuk memproduksi sanitary, terbesar di dunia. Komitmen Kazachika Okura, membuat hasil produksinya tidak tertandingi, terhadap kualitas dan inovasi dari dahulu, bahkan sampai sekarang.
Kazuchika Okura dan beberapa temannya, berangkat ke Jerman sebelum ini, dan mereka banyak belajar tentang teknologi sanitary. Perlahan, mereka mempelajari teknologi2 di Jerman, dan akhirnya menemukan teknologi sendiri, secara bangsa Jepang memang sangat mengandalkan nasionalisme mereka .....
Pada akhirnya, brand ini memang menjadi leader market produk sanitary yang berkualiats dan berteknologi tinggi, di seluruh dunia, mengalahkan produk2 sejenis, bahkan dari neraga adikuasa.
![toto4-5c6638a06ddcae17336165a4.jpg](https://assets.kompasiana.com/items/album/2019/02/15/toto4-5c6638a06ddcae17336165a4.jpg?t=o&v=770)
"Tour de Toilet", dimulai dari sini .....
Â
Mottonya sangat jelas, untuk bangga dengan pekerjaan, melakukan yang terbaik, tetap menjaga kualitas dan keseragaman, selalu focus untuk pelayanan dan kepercayaan serta terus bekerjasama demi kemakmuran. Motto ini, yang memberikan TOTO benar2 menjadi market leader untuk produk sanitary di dunia ......
Â
Kepedulian merk ini, terfokus dengan 'global envirenment'. Visi sangat jelas. Karena air adalah sesuatu untuk bisa produk ini terpakai, dan itu adalah yang  tertinggi, mereka sadar tenang masa depan air. Bahwa, semakin kesini air bersih akan semakin menipis, sehingga produk ini sangat peduli untuk menyelamatkan lingkungan, terutama air.
 Sejak didirikan, TOTO selalu menyadari nilai air yang luar biasa. Saat ini, dengan meningkatnya ancaman pemanasan global dan prevalensi kekurangan air, mereka terdorong untuk terus berusaha menyelamatkan air di masa yang akan datang. Konsep produk ini, adalah HEMAT AIR.
 Menyalakan faucet atau kran air di toilet, mungkin tampak seperti kegiatan biasa sehari2, tetapi produk ini juga kesempatan untuk menghemat air dan mengurangi emisi CO2. Menambahkan "perlindungan sumber daya air" ke daftar Global Environment Goals untuk upaya mereka untuk menghasilkan teknologi yang memfasilitasi kelestarian lingkungan.
 Apakah konsep ini juga dipakai oleh produk2 sejenis. Mungkin iya, mungkin tidak. Tetapi, yang jelas dengan focus nya untuk melestarikan lingkungn. Dan artinya, mereka berusaha menciptakan produk2 berteknologi, untuk bisa melestarikan lingkungan, dan menjadikan dunia lebih baik.
Lalu, bagaimana dengan cara mereka memprotek lingkungan?
Banyak caranya. Teknoloi memang memegang peranan besar. Ketika kita menciptakan teknologi, itu lah yang bisa membuat kita berbeda.
![Dokpri](https://assets.kompasiana.com/items/album/2019/02/15/toto-5c66390d677ffb4a1a1fb1e7.jpg?t=o&v=770)
![Dokpri](https://assets.kompasiana.com/items/album/2019/02/15/toto2-5c66391ac112fe0d261f1f26.jpg?t=o&v=770)
Jaman dulu, atau mungkin di rumah kita masih punya kloset yang harus menggelontorkan air sedemikian banyaknya, untuk menggelontorkan limbah kita, itu sangat boros untuk pemakaian air.
Foto diatas, adalah perubahan bentuk dan teknologi tentang kloset. Sebelah kiri, mungkin masih ada yang memakainya, karena dengan kita menarik tuas untuk menggelontorkan air di tabung, maka akan keluar sekitar 13 liter air! Itu sangat boros, dimana air bersih semakin menipis.
Sehingga tahun 1999, TOTO meluncurkan teknologi "dual flush", dengan meminimaljan penggunaan air menjadi 6 liter dan 3 liter saja. Disebut "ecoflush", flush yang ramah lingkungan.
Â
Itu tahun 1999, sekarang lebih canggih lagi, yaitu menggunakan penggelontoran air hanya 4,5 liter untuk limbah padat dan 3 liter air untuk limbah cair. Terobosan ini, mereka tetap tidak mengorbankan kenyamana dan fungsionalitas nya. Bahkan, semakin kesini, semakin mereka memberikan kenyamanan yang luar biasa, apalagi untuk kaum disabilitas ......
Tidak percaya?
Tunggu artikel berikutnya dalam "wisata toilet, tour de toilette" ......
Â
Sebelumnya :
Teknologi Toilet bagi Kaum Prioritas, Hemat Air dan Melestarikan Lingkungan
Toilet itu Adalah "Sahabat" Kita. Heh, Lebay Banget!
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI