Mohon tunggu...
Christie Damayanti
Christie Damayanti Mohon Tunggu... Arsitek - Just a survivor

Just a stroke survivor : stroke dan cancer survivor, architect, 'urban and city planner', author, traveller, motivator, philatelist, also as Jesus's belonging. http://christiesuharto.com http://www.youtube.com/christievalentino http://charity.christiesuharto.com

Selanjutnya

Tutup

Inovasi

'Generasi Gadget' : Sanggupkah Kita Mengikutinya ?

12 April 2012   07:27 Diperbarui: 25 Juni 2015   06:43 536
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

By Christie Damayanti

[caption id="attachment_181481" align="aligncenter" width="467" caption="pyred.com"][/caption]

Anak2 kita sekarang, termasuk anak2ku, memang ada di dunia globalisasi. Dunia sekarang dilingkupi dengan teknologi, hampir semua lini., dan kita tidak bisa membendungnya. Mereka benar2 'tersihir' dengan semua yang serba mudah, serba menyangkan dan serba menarik. Tinggal memencet tombol di gadget, dunia sudah terbentang luas dihadapannya ......

Dan anak2 kita sudah dan sangat sadar dengan hal tersebut. Mereka adalah anak2 masa depan. Mereka dengan gampangnya memencet tombol 'klik', dan apa yang mereka inginkan, ada di hadapannya, dan merek tinggal 'menodong' ( biasanya berupa materi atau informasi2 ) orang tuanya untuk apa yang mereka butuhkan, atau yang mereka inginkan .....

Disamping hal-hal yang positif, penggunaan gadget dalam gaya hidup masyarakat globalisasi ini, ternyata bisa menyusahkan diri sendiri, jika kita tidak pandai2 'mengakalinya'. Karena, terlihat bahwa semua gadget adalah buatan manusia dan buatan manusia sangat tidak sempurna. Tetapi, buatan Tuhanlah yang sempurna. Gadget akan 'terkalahkan' dengan buatan Tuhan .....

Generasi anak2 kita, disebut 'e-Generation' ( lihat tulisanku 'e-Generation': Tetap Harus Bisa Melihat Kesempurnaan Tuhan dalam Penciptaan-Nya ), menunjukkan ciri2 yang 'khusus' dan mempunyai kemampuan tinggi dalam mengakses informasi serta mengakomodasi kesempatan, sehingga mereka selalu mengembangkan dirinya dengan sangat cepat, bahkan bisa saja generasi ini menjadi sangat tanggap dalam 'mengelola dunia'. Dalam arti, permasalahan mereka dengan mudah terakses lewat internet, TANPA lingkungan ( orang tua ) tahu, sehingga mereka membentuk 'gap' dengan lingkungannya, dan tiba2 mereka dengan berani 'muncul' di banyak kesempatan ..... Mereka mengandalkan teknologi untuk berkomunikasi, bermain, bersosialisasi serta berinteraksi .....

Sebagai contoh misalnya, ketika anakku yang besar, Dennis, masih duduk di bangku TK ( bayangkan, bangku TK, bukan SD atau SMP ! ), di sekolah bahasa Inggrisnya ( aku menyekolahkan bahasa Inggris di English First ), memang belajar bahasa Inggris sambil bermain, dengan 'native speaker' dari Oxford. Dennis diajarkan membuka laptop, berinteraksi dengan si guru di depannya. Dia diajarkan membuka email dengan teman2 si guru di Oxford, untuk berinteraksi dalam bahasa Inggris, diajarkan membuka web EF dan diajarkan juga untuk berinteraksi dengan banyak hal serta mencari gambar2 untuk tugas2nya .....

Waktu itu, sekitar tahun 2000 - 2001. Aku sedang tidak bekerja ( tetapi aku tetap mengajar di sebuah kampus besar di Jakarta ), karena full time menjaga anakku ke-2 yang bermasalah, sehingga aku bisa dan sempat untuk terus menemani Dennis berkegiatan. Aku tidak terlalu tahu tugas2nya. Kupikir,

"Ahhhh, tugas apa sih? Mungkin hanya permainan2, menggambar atau mewarnai", sehingga aku hanya tersenyum, ketika Dennis mengatakan bahwa tugasnya menyenangkan sekali!

Ketika si guru keluar dari ruang praktikumnya ( ruang yang penuh dengan anak2 belajar bahasa Inggris dengan laptop ), dia tersenyum melihatku. Katanya, bahwa Dennis sangat agresif membantu temannya setelah tugasnya selesai. Aku terpengarah, apa sih yang terjadi? Si guru tersenyum2 sendiri, ketika dia mempersilahkan aku masuk ke ruang tersebut, dan melihat Dennis, anakku yang baru duduk di bangku TK, 'cuap2' bahasa Inggris ( yang masih belepotan, tentu ! ), bergaya mengajarkan teman2nya, ketika tugasnya sudah selesai! Tugas apa? Mereka diminta untuk mencari gambar2 binatang, sesuai dengan namanya dalam bahas Ingrris, mencari dari internet, di print, digunting dan di temple sebagai tugasnya!

Astagaaaaaaa .......

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun