"Aku jadi duta sampo lain?" Siapa sih yang tidak asing dengan slogan tersebut pastinya kita mendengar slogan tersebut dari sebuah iklan produk perawatan rambut yang sangat terkenal dan bahkan iklan ini sempat menjadi trending di negara Indonesia sendiri.
Iklan tersebut menggarap Anggun C. Sasmi sebagai modelnya dan sekaligus menjadi duta sampo atau Brand Ambassador produk yang berasal dari Swiss dan kemudian diambil ahli oleh  Amerika Serikat yaitu Pantene.
Pantene menjadi salah satu produk perawatan rambut terkenal di semua negara yang diawali dengan penemuannya di tahun 1945 oleh ilmuwan dari sebuah perusahaan obat Swiss yaitu Hoffman-La Roche. Kemudian pada tahun 1985 sebuah perusahaan internasional yaitu P&G atau Procter & Gamble yang berasal dari Amerika Serikat membeli saham Pantene sebanyak 100%.
Pantene sudah menjadi salah produk yang tidak asing bagi masyarakat di berbagai dunia karena mereka sudah memperluas penjualan produk mereka hingga sampai sekarang dengan total 50 negara. Karena itulah Pantene bersaing dengan produk-produk perawatan rambut untuk mendapatkan hati para menggunakan dengan berbagai produk yang tentunya beragam bukan hanya sampoo, mereka juga memasarkan produk kondisioner, hair mask, dan juga Pantene menjadi produk perawatan pertama di Indonesia yang mengeluarkan Pantene Perfec+On, yaitu  kondisioner tanpa bilas. Hal tersebut mendapatkan atensi yang positif masyarakat Indonesia ditambah dengan iklan yang menggaet Maudy Ayunda yang sekaligus menjadi Brand Ambassador produk Pantene Indonesia dan pada saat itu Maudy sedang naik daun.
Iklan yang menarik menjadi salah satu daya tarik setiap perusahaan yang menawarkan produk mereka untuk menarik konsumen mereka, dengan cara yang berbeda-beda. Di era zaman sekarang kita dapat melihat bahwa banyak cara sebuah perusahaan yang mempersuasif calon pembelinya dengan iklan di televisi apalagi di koran, tetapi melalui media sosial seperti contohnya Instagram dan juga Youtube.
Perusahaan yang sudah berdiri sejak 1945 ini juga memiliki strategi pemasaran dengan membangun brand awareness di kalangan masyarakat dengan cara membuat Brand Ambassador untuk mendukung penjualan merek perusahaan tersebut. Pantene sudah menggaet beberapa artis hingga penyanyi diseluruh dunia sebagai perwakilan dari setiap negara, contohnya seperti Raline Shah, Maudy Ayunda, dan Anggun C. Sasmi sebagai Brand Ambassador Pantene Indonesia, kemudian Yuri dan Seohyun personil dari girlband terkenal di Korea Selatan yaitu Girls Generation atau SNSD sebagai perwakilan dari Pantene Korea, Tiongkok, Hong Kong plus Taiwan. Penyanyi genre Pop yaitu Ellie Goulding sebagai perwakilan dari Pantene Inggris. Dan juga Selena Gomez yang menjadi Brand Ambassador Pantene Amerika ditambah dengan bergabungnya Priyanka Chopra yang memiliki darah India sebagai "Duta Shampo" produk perawatan rambut ini.
"Market-driven economies require advertising in order to succeed in merchandising goods and services both domestically and globally. Today, cultural industries, like others, seek marketing and advertising campaigns in order to create consumer awareness and increase sales.
They do this nationally and, increasingly, internationally" (McPhail.2014). McPhail menjelaskan bahwa perusahaan-perusahaan besar yang memperdagangkan barang atau jasa dengan baik. Disinilah peran iklan sangat dibutuhkan, iklan sendiri memiliki peran yang besar dalam membangun konstruksi sosial yang ada dalam masyarakat.
Dengan meningkatkan kesadaran konsumen sekaligus untuk meningkatkan penjualan mereka. Pantene sendiri memiliki tagline Strong is Beautiful atau Kuat itu Cantik, tagline tersebut juga menjadi tema untuk kampanye Pantene dalam menyuarakan bahwa para perempuan adalah individu yang kuat dalam bidangnya masing-masing kemudian juga menyadarkan bahwa kecantikan berasal dari kekuatan dari dalam diri masing-masing.
Menurut saya, Iklan Pantene sudah memberikan gambaran bahwa semua perempuan diseluruh dunia memiliki kecantikan yang unik masing-masing. Siapa sih yang tidak mengenal Ronda Rousey?
Rousey sempat menjadi atlet wanita Amerika Serikat yang mendapatkan medali dalam perlombaan terbesar di dunia, yaitu Olimpiade Beijing di tahun 2008 kemudia ia menjadi petarung wanita dalam Mix Martial Arts atau MMA di UFC.
Kemudian Pantene mengajak Rousey untuk menjadi The New Face of Pantene yang bertemakan "Don't hate me because I'm strong" dalam iklan kampanye tagline mereka yaitu "Strong is Beautiful", ia mengatakan bahwa setiap wanita maupun ia feminin ataupun tomboi memiliki caranya sendiri untuk menunjukkan kekuatannya dan juga kecantikannya.
Rousey mengatakan bahwa kepercayaan diri membuat ia merasa terhormat pada saat Pantene mengajaknya untuk melakukan kampanye ini untuk memotivasi perempuan diluar sana bahwa mereka dapat mematahkan dan juga menghilangkan batasan-batasan yang ada.
Kemudian Pantene juga menunjukkan dengan perbedaan bentuk rambut bahkan warna kulit bukan menjadi standar kecantikan wanita. Contohnya seperti di Amerika Serikat yang rata-rata penduduknya memiliki perbedaan warna kulit, hal tersebut bukan menjadi penghambat bagi mereka untuk menunjukkan kecantikan mereka.
Beberapa orang masih menganggap bahwa CANTIK ITU HARUS PUTIH dan kalimat tersebut dipatahkan dengan berbagai tanggapan dari berbagai wanita diseluruh dunia. Pantene mengeluarkan sebuah iklan yang dimana model iklannya adalah Tierra Benton yang memiliki ras Afrika-Amerika.
Rambut mereka menjadi salah satu daya tarik dan juga kecantikan mereka, bagaimana seharusnya mereka memiliki percaya diri dan mematahkan stereotip masyarakat mengenai kecantikan.
Tierra Benton joins Pantene to present a poetic celebration of African American hair elevating it to a standard not seen in mainstream beauty media. It features women and girls who are beautiful, confident, vibrant, and elegant and who draw personal strength from the strength of their hair -- its texture, its style and its history. - Tierra Benton (on Youtube https://www.youtube.com/watch?v=0aXNHxAVQ4w)
Sedangkan Pantene Malaysia juga menyuarakan tentang tagar #WanitaBesi yang tetap dalam kampanye "Strong is Beautiful". Malaysia memiliki penduduk yang mayoritas beragama islam. Disinilah Pantene mendukung penuh para wanita yang ada di Malaysia dengan mengadakan kampanye-kampanye yang menyuarakan tentang kecantikan perempuan dan mereka menggaet Yuna yaitu penyanyi asal Malaysia.
Yuna menjadi bintang iklan Pantene sekaligus menjadi Duta Shampoo atau Brand Ambassador pertama Pantene Malaysia yang berhijab. Yuna sendiri merasa sangat terhormat saat ditunjuk sebagai Duta Shampo Pantene, disitu ia dapat mengajak para wanita untuk break their limit untuk menunjukkan bahwa mereka adalah perempuan yang kuat walaupun masing-masing dari mereka memiliki perbedaannya masing-masing.
Kita dapat lihat disini bahwa walaupun Pantene merupakan sebuah produk perawatan rambut, mereka tetap menggaet Yuna yang memakai hijab sebagai rasa respect mereka terhadap wanita di Malaysia.
"I feel honoured to be chosen as the new PANTENE MALAYSIA ambassador. PANTENE sendiri telah menjadi rejim penjagaan rambut terbaik buat saya selama bertahun-tahun. Saya sangat menyukai PANTENE kerana memberikan inspirasi kepada wanita untuk meningkatkan keyakinan menerusi kempen "Strong is Beautiful" ini" - Yuna interview with Cosmopolitan Malaysia
Ditambah dengan Iklan yang memberikan gambaran kepada masyarakat tentang produk mereka, kampanye-kampanye yang dilakukan pun dapat menjadi nilai plus bagi perusahaan tersebut. Kita sudah mendapatkan contoh dari Pantene, bagaimana mereka mengembangkan produk mereka dengan kerjasama dengan wanita diseluruh dunia untuk mendukung mereka melalui penjual produk mereka sendiri.
Daftar pustaka :
McPhail, T. (2014). Global Communication: Theories, Stakeholder, and Trends. UK: Willey Blackwell.
Pantene. Diakses dari pantene.co.id
Jow, Curly. Yuna -- Selebriti Berhijab Pertama Di Malaysia Jadi Duta Pantene
 Diakses dari cosmopolitan.my
Business Wire. (2016, Desember 7). Pantene and Ronda Rousey Tell the World: Don't Hate Me Because I'm Strong. Diakses dari businesswire.com
Rahayu, Eva. (2017, Januari 10). Priyanka Chopra Jadi Brand Ambassador Pantene Terbaru. Diakses dari swa.co.id
Follow Instagram @kompasianacom juga Tiktok @kompasiana biar nggak ketinggalan event seru komunitas dan tips dapat cuan dari Kompasiana
Baca juga cerita inspiratif langsung dari smartphone kamu dengan bergabung di WhatsApp Channel Kompasiana di SINI