Mulai dari Diri
Apa yang Anda pikirkan tentang topik ini sebelum memulai proses pembelajaran?
Sebelum memulai proses pembelajaran, yang saya pikirkan tentang topik ini adalah saya akan mempelajari tentang kesiapan saya sebagai calon guru mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran di sekolah dasar dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi, dan politik. Saya akan mempelajari isu-isu terkait pendekatan, strategi, metode, dan teknik, serta materi pembelajaran yang diterapkan sebagai scaffolding pada ZPD. Selain itu, saya akan mempelajari penerapan Scaffolding pada ZPD untuk mewujudkan pendidian yang berorientasi kepada peserta didik.
Eksplorasi Konsep
Apa yang Anda pelajari dari konsep yang Anda pelajari dalam topik ini?
Pada topik ini menjelaskan mengenai isu-isu penyelenggaraan pendidikan dan pembelajaran penerapan di sekolah dalam perspektif sosial, budaya, ekonomi dan politik yang mempengaruhi proses pendidikan dan pembelajaran. Guru memiliki peran penting dalam menciptakan suasana belajar yang mendukung setiap peserta didik terutama dengan menerapkan strategi scaffolding yang disesuaikan dengan kemampuan masing-masing peserta didik. Namun, para guru maupun orang tua harus memperhatikan beberapa kendala yang mungkin terjadi dalam implementasi scaffolding dalam praktik pembelajaran.
Ruang kolaborasi
Apa yang Anda pelajari lebih lanjut bersama dengan rekan-rekan Anda dalam ruang kolaborasi?
Dalam ruang kolaborasi, saya bersama kelompok membahas bagaimana tantangan penerapan scaffolding pada ZPD dapat diidentifikasi melalui tinjauan terhadap rencana pembelajaran yang sudah pernah dibuat. Setiap anggota kelompok memilih rencana pembelajaran yang pernah diajarkan, lalu mengevaluasi strategi scaffolding yang diterapkan dalam rencana tersebut. Kami berdiskusi tentang seberapa efektif strategi scaffolding yang telah digunakan dalam mendukung perkembangan siswa sesuai dengan ZPD mereka. Refleksi ini membantu kami memahami kekuatan dan kelemahan pendekatan yang telah diterapkan, serta bagaimana mengatasi tantangan seperti perbedaan kemampuan siswa, keterbatasan waktu, dan sumber daya. Setelah saling berbagi hasil refleksi, kami menyusun kesimpulan bersama dan mempersiapkan presentasi untuk pertemuan selanjutnya, guna lebih mendalami cara mengoptimalkan penerapan scaffolding di kelas.
Demonstrasi Kontekstual
Apa hal penting yang Anda pelajari dari proses demonstrasi kontekstual yang Anda jalani bersama kelompok (bisa tentang materi, rekan, dan diri sendiri)?