Mohon tunggu...
Chindy Louiqita
Chindy Louiqita Mohon Tunggu... Lainnya - Ilmu Komunikasi, Universitas Negeri Malang

Halo! Saya Chiny Loui Qita, seorang mahasiswi jurusan Ilmu Komunikasi di Universitas Negeri Malang. Di kampus, saya dikenal sebagai sosok yang penuh semangat dan selalu siap menghadapi tantangan baru. Saya memiliki kemampuan berbicara di depan umum yang mumpuni, dengan gaya yang menarik dan penuh percaya diri. Selain itu, mengelola konten di berbagai platform media sosial adalah salah satu keahlian saya, selalu up-to-date dengan tren terbaru. Menulis artikel dan laporan dengan sudut pandang yang unik dan tajam menjadikan saya seorang jurnalis kampus yang diandalkan. Dengan kombinasi keterampilan ini, saya siap memberikan kontribusi positif di dunia komunikasi.

Selanjutnya

Tutup

Beauty

Dekontruksi Makna Cantik pada Iklan Kecantikan L'oreal Paris

13 Desember 2023   09:07 Diperbarui: 13 Desember 2023   09:14 171
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
 sumber gambar : YouTube Official L'oreal Paris Indonesia

Perempuan merupakan salah satu ciptaan tuhan yang diciptakan dalam bentuk sempurna dan istimewa. Istimewa karna perempuan memiliki daya tarik yang kuat yaitu kecantikan yang dapat membuat  lawan jenisnya yaitu laki- laki untuk patuh kepadanya dan memiliki sifat yang rela berkorban jiwa dan raganya untuk melindungi perempuanya. Pada masa Mesir kuno atau yang lebih kita kenal saat ini sebagai Nefertiti yang memiliki makna" A  beautifull woman has come" atau " Perempuan cantik telah datang". Seperti saja contohnya Helen dari Troya putri Zeus yang  saat itu ia menjadi perempuan yang diperebutkan cintanya sehingga mengakibatkan perang sepuluh tahun antara  bangsa Yunani dan Trojan.

Selain itu,  Lucrezia Borgia yang merupakan seorang wanita Italia yang hidup pada  abad Pertengahan, saat itu ia adalah wanita yang penampilannya paling sering menjadi sorotan publik karena dianggap seksi atau memiliki tubuh yang ideal dan mendekati standar "cantik", itulah sebabnya ia banyak dilirik oleh platform televisi untuk membintangi suatu produk.Ada juga wanita asal Inggris bernama Joan of Arc. Ia merupakan sosok kontroversial karena kecantikan, kecerdasan, dan keberaniannya menentang penjajahan Perancis di Inggris.

Jika kita Kembali melihat tahun 1930an hingga 1950an, kita pernah melihat wanita tercantik sepanjang masa yaitu Marilyn Monroe, dengan paras cantik dan tubuh yang seksi yang ia miliki. Generasi selanjutnya yang juga memiliki standar dari kecantikan yakni seorang wanita bernama Twidge, Definisi dari wanita cantik dengan mata bulat besar, kulit putih,tubuh yang sangat langsing terdapat di dalam dirinya. Lalu di dalam dunia periklanan juga mengenal Cindy Crawford,  yang merupakan supermodel asal Amerika yang terpilih sebagai wanita tercantik di dunia versi majalah People pada 1980an dan 1990an. Di era kecantikan postmodern, Gisele Bundchen, Jennifer Lopez, dan Madonna yang juga turut berpartisipasi untuk merepresentasikan makna dari "kecantikan" yang dimiliki oleh seorang Wanita seperti memiliki Tingkat percaya diri yang patut untuk dicontoh oleh Wanita yang merasa minder dengan kesempurnaan mereka, proporsi tubuh yang ideal,kulit putih dan masih banyak lagi.

Sejak dulu Perempuan selalu  dikontruksikan oleh pandangan dari masyarakat setempat sebagai  sosok  yang cantik  yaitu dengan memiliki  kulit cerah atau mendekati putih, bentuk tubuh ideal adalah memiliki badan yang lansing, rambut lurus pajang,dan bentuk perut yang rata, bola mata besar,  serta memiliki kaki yang ramping. Karna itu banyak perempuan yang saat ini akan melakukan segala cara untuk  memiliki bentuk tubuh yang ideal dan mencapai standari kecantikan atau mengubah bentuk tubuhnya menjadi lebih cantik. Seperti contohnya adalah dengan hadirnya tempat kecantikan seperti Spa, klinik kecanikan, salon rambut, pusat kebugara seperti gym menjadi tempat  wanita untuk membentuk tubuh ideal yang sesuai denagan keinginan mereka. Belum lagi produk kecantikan lainnya yang digunakan untuk wajah, vitamin, rambut dan tubuh juga wanita dikonsumsi untuk meciptakan tampilan yang cantik dan mempesona. Sehingga, hal itu telah menciptakan suatu pemahaman di masyarakat bahwa perempuan yang langsing dan cantik dapat lebih dihargai oleh Masyarakat sekitar dibandingkan dengan Perempuan yang belum mencapai standar dari kecantikan yang diciptakan oleh Masyarakat.

Pernyataan itu sendiri di perkuat denagan adanya asumsi masyarakat kita bahwa perempuan yang memiliki tampilan yang menarik tidak hanya disukai dan digemari sebatas sebagai pasangan  atau teman, namun  juga masyarakat menyimpulkanya sebagai  kepribadian yang baik. Misalnya saja, perempuan yang cantik di pandang lebih sukses kehidupannya, lebih berbakat, lebih percya diri, lebih mudah bersosialisasi secara tidak langsung ia akan lebih mudah diterima di dalam lingkungan Masyarakat dan mendapatkan respon yang positif atau tidak jarang mereka bahkan medapatkan banyak pujian yang mana perbedaan sifat Masyarakat sangat berbeda dengan perempuan yang tidak dianggap menarik ( jelek).

Bukan hanya wanita yang lebih tua saja yang khawatir akan menjadi jelek, wanita yang lebih muda dan remaja juga merasa khawatir akhir-akhir ini, dengan tingkat yang berbeda-beda. Wanita muda  lebih mungkin mengalami stres karena perubahan kondisi fisik mereka yang terus-menerus seiring bertambahnya usia, namun wanita lanjut usia yang telah mencapai menopause takut terlihat lebih tua. Wanita lebih mementingkan citra tubuhnya dibandingkan pria. Keburukan melahirkan rasa takut, yang pada akhirnya membuat perempuan  melakukan berbagai hal untuk mencapai standar kecantikan yang ditetapkan oleh masyarakat dan diri mereka sendiri. Mereka mencapainya dengan mengubah tubuh mereka menjadi penampilan ideal, terutama melalui perawatan dan pembentukan tubuh yang  disiplin, diet ketat, atau berbagai jenis operasi plastik. Oleh karena itu, masyarakat, khususnya perempuan, berulang kali memaksakan kebiasaan dan praktik hegemoni yang terdapat dalam media yang mengkonstruksi visualisasi. Citra tubuh ideal bagi wanita, terutama melalui iklan.

Iklan sendiri dapat muncul melalui media cetak seperti dalam bentuk koran atau majalah, elekronik atau platform baru yang menjadi medium  dalam proses hegemoni untuk membangun citra cantik dalam diri perempuan. Bagaimana perempuan dipandang tampil mempesona di ruang publik atau bahkan  diruang privat yang mana disana hanya ada dirinya sendiri. Hal ini membuat  iklan menjadi populer dan sangat diminati. Dalam keseharian kita, kita dapat  mengamati proses hegomoni yang  sedang berlangsung melalui tampilan iklan -- iklan  yang menawarkan produk kecantikan yang mempengaruhi seseorang untuk membeli produk iklan tersebut. Kencenderungan pada iklan yang turut menampilkan model yang memiliki paras cantik dan perempuan yang memiliki kulit putih.

Citra tubuh yang diciptakan oleh industri kecantikan  terus disebarkan oleh media, dan masyarakat akhirnya percaya bahwa perempuan harus cantik, dan perempuan berkulit putih harus cantik, sampai-sampai hal tersebut seolah-olah sudah menjadi kenyataan akan menjadi mapan di hati cantik. Kulit langsing, rambut panjang dan masih banyak syarat lainnya. Kecantikan mungkin tampak seperti gangguan bagi wanita masa kini. Obsesi terhadap kulit putih, atau gagasan untuk menjadi orang yang memiliki kulit berwarna putih, saat ini seolah sudah menjadi sebuah ideologi yang menyebar nyaris tak terkendali sehingga membuat gagasan tersebut lolos dari label rasis dalam budaya populer, khususnya pada iklan sabun mandi (Prabasmoro, 2003: 27). Oleh karena itu, tidak mengherankan jika platform media televisi seperti penayangan iklan mengkonstruksi konsep kecantikan sebagai kulit  putih, tubuh langsing, tinggi, hidung mancung, dan rambut panjang. Proses adopsi dari nilai-nilai kecantikan yang terlahir dari persepsi Masyarakat yang lebih  mengutamakan penampilan perempuan, warna kulit, dan bentuk tubuh di atas kekuatan fisik.

Pengertian cantik menurut KBBI  adalah konsep cantik diartikan sebagai  elok; molek , muka yang indah ,bentuk tubuh yang ideal , rambut lurus yang terawat dan masih banyak lagi definisi dari kecantikan itu sendiri. Karena persepsi kecantikan itu Masyarakat mematokan standar dari  cantik yang diartikan sebagai perempuan yang memiliki wajah yang putih mulus,tubuh yang langsing,tinggi yang ideal dan masih banyak lagi pandangan dari masyarakat mengenai standar dari kecantikan. Tanda-tanda kecantikan tersebut dapat kita lihat  melalui Iklan L'oreal Paris  Revitalift Crystal Essence. Ikaln tersebut berdurasi selama 30 detrik yang memperlihatkan model cantik Cinta Laura yang menggunakan produk  di dalam iklan tersebut terdapat beberapa dekonstruksi makna.

Dekontruksi makna yang dihasilkan oleh iklan adalah Pada saat iklan itu kita bisa melihat aspek manifest bagaimana iklan itu mengkontruksi kita sebagai audiens tentang penampilan yang disebut dengan kata wanita "cantik" Dimana iklan itu telah menunjukan bahwa wanita yang cantik haruslah memiliki kulit yang putih, mulus,lembut,bersih,cerah, yang didukung dengan kata campangenya yaitu "kulit tampak cerah sebening keristal" itu menambah perspektif kita sebagai masyarakat bahwa wanita yang cantik itu harus memiliki kulit bening seputih keristal. Dimana iklan ini juga menunjukan bahwa wanita yang memiliki ciri-ciri diatas merupakan wanita yang superior dibandingkan wanita yang tidak memiliki ciri-ciri tersebut.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Beauty Selengkapnya
Lihat Beauty Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun