Nama : Chika Aprilianti
NIM : 43221010018
Dosen Pengampu : Apollo, Prof. Dr, M.Si.Ak
Sebelum menjadi seorang pemimpin dan memimpin suatu organisasi sebaiknya kita mengetahui terlebih dahulu “apa itu kepemimpinan dan pemimpin?”
Kepemimpinan dapat dikatakan sebagai sumber kekuasaan yang mengarahkan dan mempengaruhi orang lain. Kepemimpinan berperan sebagai penggerak yang dapat membujuk orang lain dan mengajak mereka untuk bekerja secara sukarela. Kepemimpinan secara harfiah berarti manajemen. Kata pemimpin mengandung arti mengarahkan, memajukan atau mengatur, mengarahkan dan juga menunjukkan atau mempengaruhi. Seorang pemimpin memiliki tanggung jawab baik fisik maupun mental atas keberhasilan tugas yang dipimpinnya, sehingga menjadi seorang pemimpin tidaklah mudah dan tidak semua orang bisa sama. Ada banyak faktor yang dapat mempengaruhi karyawan atau cara pekerjaan tertentu dilakukan. Faktor-faktor tersebut dapat berupa ancaman, penghargaan, otoritas dan persuasi. Manajemen juga dapat diartikan sebagai suatu proses yang dapat menggerakkan dan mempengaruhi seluruh aktivitas kerja karyawan atau anggota suatu organisasi. Manajemen didefinisikan sebagai ilmu atau seni dan kemampuan seorang manajer, sifatnya memanggil dan menggerakkan orang untuk mencapai tujuan perusahaan secara efektif dan efisien.
Menurut KBBI online, kata pemimpin berasal dari akar kata pimpin yang artinya orang yang memimpin. Seorang pemimpin dapat didefinisikan sebagai orang yang memiliki kemampuan untuk memimpin, mempengaruhi orang lain dan kelompok. Menurut kamus sosiologi modern, pemimpin adalah seseorang yang mempunyai peran atau kedudukan yang dominan dan berpengaruh dalam suatu kelompok. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa seorang pemimpin adalah orang yang dapat mempengaruhi orang lain untuk mencapai tujuan bersama. Bagaimana dengan posisi seperti presiden atau manajer struktur administrasi? Bisa dilihat lihat, seorang presiden atau pemimpin adalah sebuah posisi; dia adalah kepala struktur administrasi. Tetapi seorang pemimpin mungkin tidak memiliki kepemimpinan. Ketika seorang pemimpin atau pemimpin memiliki kemampuan untuk memimpin dan mempengaruhi kelompoknya, ia dapat disebut sebagai seorang pemimpin.
Lalu di bawah ini di jelaskan definisi kepemimpinan yang di kutip menurut beberapa ahli :
Menurut Wahjosumidjo (2005: 17), kepemimpinan diterjemahkan ke dalam karakter, perilaku pribadi, mempengaruhi orang lain, pola, interaksi, hubungan kolaboratif antar peran, posisi satu posisi manajerial dan persuasi dan persepsi legitimasi orang lain.
Menurut Miftah Thoha (2010: 9) kepemimpinan adalah suatu kegiatan yang bertujuan untuk mempengaruhi perilaku orang lain, yaitu seni mempengaruhi perilaku orang baik secara individu maupun kelompok. Kepemimpinan merupakan salah satu faktor terpenting dalam suatu organisasi karena sebagian besar keberhasilan dan kegagalan organisasi ditentukan oleh manajemen organisasi.
Menurut C. Turney (1992) dalam Martinis, Yamin dan Maisah (2010: 7 ) mendefinisikan kepemimpinan sebagai proses kelompok yang dilakukan seseorang dalam mengelola dan menginspirasi banyak tempat kerja untuk mencapai tujuan organisasi dengan menerapkan teknik kepemimpinan.