Perusahaan CNN Indonesia (PT Nikel Nusantara Capital Indonesia) merupakan perusahaan yang berdiri dalam bidang industri pertambangan. NCC Indonesia terdiri dari banyaknya perusahaan di indonesia yang fokus utamanya pada hal-hal eksplorasi, produksi dan distribusi. Perusahaan CNN Indonesia secara resmi diluncurkan pada tanggal 20 Oktober 2014 dengan situs web bernama "CNNIndonesia.com" dan dinaungi oleh jurnalis online yang berpengalaman dalam bidang tersebut yaitu Budiono Darsono, Yusuf Arifin dan Nezar Patria.Â
Bagian pertama akan membahas planning media korporasi perusahaan CNN Indonesia. CNN Indonesia sendiri memiliki Visi dan Misi :Â
Panjang bukan berarti membosankan. Pendek tidak berarti dangkal
Panjang pendek bukanlah rumus. Panjang pendek bukanlah lingkungan
Panjang dan pendek hanyalah sebuah format penyampaian. Sebuah pilihan, Dangkal dan membosankan adalah cermin ketidakterampilan penyampaiannya. Bukan karena formatnya. Karena berita kami bisa panjang dan pendek. Sama seperti dengan pilihan kami untuk tidak sekedar menggunakan semata kata-kata untuk menyampaikan berita. Grafis, foto dan video juga merupakan alat kami. Semua bisa saling berdiri sendiri bercerita sekaligus saling melengkapi sebuah kesatuan.
Kami tak hendak menjadi hakim. Tak hendak pula menjadi algojo. Niatan kami hanyalah mengungkapkan fakta secara apa adanya. Membilasnya dari bias.
Kami ada semata karena semata karena kepekaan. Ketika sebuah peristiwa, sebuah perkara, kayak untuk disampaikan, menarik dan sebisa mungkin membuka wawasan. Ketika kegembiraan, tragedi, yang tersembunyi, dan yang terbuka perlu untuk diketahui.
Kami hadir untuk mengabarkan.Â
Pasar Internal CNN Indonesia mengacu pada audiens dalam negeri yaitu Penonton Televisi CNN Indonesia dalam segmentasi audiens dilakukan dengan cara menargetkan penonton, mulai dari masyarakat umum hingga kalangan profesional atau pebisnis yang membutuhkan berita terkini dengan analisis yang mendalam.Â
Pasar Eksternal CNN Indonesia mengacu pada audiens luar negeri yang berkolaborasi secara global, terutama karena CNN Indonesia memiliki bagian dari jaringan berita internasional dengan nama "Cable News Network". Contohnya diambil dari jaringan berita internasional CNN yang memproduksi liputan bersama dan memanfaatkan sumber daya global demi menghasilkan berita yang berkualitas dan relevan dalam ranah internasional.
Bagian kedua membahas mengenai Segmentasi Demografis yang dilihat berdasarkan jenis kelamin, pekerjaan/ pendidikan, agama dan suku.Â
Jenis KelaminÂ
Melihat kecenderungan apa yang disukai oleh perempuan dan laki-laki dalam hal konsumsi media dari platform media yang berbeda. Contohnya pada masa ini Gen-Z (18-34 tahun) mencari informasi berita melalui platform media sosial daripada menonton melalui televisi, dikarenakan akses nya lebih mudah. Pada jenis kelamin pria lebih cenderung menyukai berita politik, olahraga dan teknologi sedangkan jenis kelamin perempuan lebih menyukai berita yang cenderung mengenai pengalaman hidup yang berkaitan pada gaya hidup seperti berita keluarga dan isu-isu sosial yang sedang terjadi pada saat ini.
Pekerjaan/Pendidikan
Perlu dipertimbangka juga ada budaya populer dimana semua pekerjaan/pendidikan suka seperti kdrama,sobat ambay, dll. Â Contohnya Jurnalis dan Reporter dalam pendidikan mereka sebagian besar berasal dari jurusan ilmu komunikasi yang berada di bidang jurnalistik. Pekerjaan mereka juga lebih mengumpulkan, menyusun dan menyampaikan berita kepada masyarakat audiens sehingga mereka sering melakukan investigasi atau peliputan secara langsung dengan terjun ke lapangan.Â
AgamaÂ
Mayoritas acara bertemakan acara muslim-berita mediapun cenderung memberitakan soal mualaf,acara ramadhan. Agama yang dianut orang yang bekerja di Perusahaan NCC Indonesia yaitu islam, kristen dan hindu. Tetapi mayoritas islam yang dimana mereka cenderung lebih mengonsumsi berita melalui situs web, televisi, dan media sosial mengenai berita yang berkaitan dengan aspek kehidupan dalam sehari-hari dengan nilai keagamaan, contohnya saat bulan ramadhan. CNN Indonesia sendiri dapat memberikan konten yang lebih relevan seperti tradisi keagamaan muslim.
Suku
Karakteristik suku seperti cara berkomunikasi, makanan, adat, istiadat, dll berpengaruh pada pembuatan konten media. Contohnya Suku Jawa merupakan kelompok etnis terbesar di indonesia khususnya daerah Jawa Tengah, Jawa Timur dan Yogyakarta. Audiens dari suku jawa ini cenderung tertarik pada berita nasional atau lokal yang membahas mengenai perkembangan politik, ekonomi dan budaya. CNN Indonesia sendiri dapat menghadirkan liputan mengenai budaya jawa serta acara adatnya nya sebagai strategi untuk menjangkau audiens lokal di Indonesia.
Jadi yang dapat disimpulkan dari Korporasi Media Perusahaan CNN Indonesia dapat dilihat dengan cara mereka menjalankan suatu perusahaan dengan pertimbangan visi dan misi yang kuat dengan tujuan membangun perusahaan CNN Menjadi lebih maju dan berkembang dan CNN Indonesia selalu mementingkan persoalan yang terjadi pada masyarakat Indonesia khususnya mengenai golongan usia, agama, lokasi/pekerjaan dan suku.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H