Mohon tunggu...
Chayatun  Nisa
Chayatun Nisa Mohon Tunggu... Lainnya - Chayatun Nisa

Uhamka

Selanjutnya

Tutup

Money

PERANAN BISNIS DAN TANGGUNG JAWAB SOSIAL

30 Oktober 2020   23:15 Diperbarui: 31 Oktober 2020   07:20 133
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bisnis. Sumber ilustrasi: PEXELS/Nappy

Assalamualaikum Wr. Wb.

Disini Saya ingin menjelaskan tentang apa itu Peranan Bisnis dan Tangggung Jawab Sosial.

1. PERANAN BISNIS

Apa itu peranan bisnis?

Bisnis adalah suatu usaha yang dijalankan oleh suatu organisasi atau individu dan memiliki peranan penting dalam kehidupan masyarakat, yaitu dari bisnis kita bisa menghasilkan suatu barang atau jasa yang dapat kita tawarkan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhan hidup, serta dari bisnis pula kita bisa memperoleh keuntungan.

2. AKTIVITAS BISNIS

Yaitu, sebuah kegiatan yang dilakukan seseorang atau kelompok dalam memproduksi barang atau menyediakan layanan jasa, yang bertujuan untuk mendapatkan keuntungan dan juga dalam berbisnis kita membutuhkan modal untuk memulai bisnis tersebut agar kita bisa mencapai kesuksesan dalam berbisnis. 

Berikut jenis-jenis aktivitas bisnis :

     1. PRODUKSI

    Yaitu, aktivitas yang dilakukan untuk memuaskan kebutuhan masyarakat. Produksi dapat dibedakan atas produksi primer, produksi sekunder dan produksi tersier.

     ● Produksi Primer adalah aktivitas/proses menghasilkan bahan baku atau bahan mentah yang dengan cara mengambilnya langsung dari alam. Contohnya, nelayan mengambil ikan langsung dari laut.

     ● Produksi Sekunder adalah kegiatan yang dilakukan untuk memproses bahan mentah/bahan baku menjadi bahan setengah jadi. Contoh benang yang diolah menjadi kain.

     ● Produksi Tersier adalah aktivitas pendukung atau penunjang produksi primer dan produksi sekunder. Contohnya, telekomunikasi, asuransi, dan keuangan, serta tenaga yang profesional seperti, guru dan dokter adalab bentuk dari produksi tersier.

    2. DISTRIBUSI 

     Yaitu, suatu aktivitas memindahkan barang atau jasa dari produsen ke konsumen. Kegiatan ini mencakup pengankutan, pengemasan dan pengiriman barang.

    3. KONSUMSI

     Yaitu, tuntutan yang harus dihadapi perusahaan yaitu harus selalu menjaga banyaknya permintaan pasar terhadap barang dan jasa yang dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

3. ETIKA BISNIS

   * Pengertian Etika Bisnis

   Etika Bisnis adalah cara untuk melakukan kegiatan bisnis, yang mencakup seluruh aspek yang berkaitan dengan individu, perusahaan dan masyarakat. Etika bisnis dalam suatu perusahaan dapat membentuk nilai, norma, dan perilaku karyawan serta pimpinan dalam membangun hubungan yang adil dan sehat dengan pelanggan/mitra kerja, pemegang saham dan masyarakat.

  * Contoh masalah Etika Dalam Bisnis

      1) Penipuan, adalah sebuah kebohongan yang dibuat untuk keuntungan pribadi yang merugikan oranglain.

      2) Paksaan, yaitu memaksa pihak lain untuk membeli produk atau menggunakan layanan jasa dengan cara mengancam.

4. PERAN PEMERINTAH DALAM MENDORONG PERILAKU ETIS

    Pemerintah dapat mendorong perilaku etis dengan memperketat regulasi. Diantara semuanya,hukum berkaitan dengan tanggung jawab perusahaan, konflik kepentingan, dan akuntabilitas perusahaan. Namun, aturan juga perlu penegakan, dan pelaku bisnis yang tidak etis nampaknya sering “menyelipkan sesuatu” tanpa tertangkap. Peningkatan regulasi dapat membantu, namun tidak bisa memecahkan masalah etika secara keseluruhan.

5. PERAN ASOSIASI PERDAGANGAN DALAM MENDORONG PERILAKU ETIS

    Asosiasi perdagangan mendorong perilaku etis, yaitu dengan cara sering memberikan panduan etika bagi anggotanya. Organisasi – organisasi ini, yang beroperasi dalam industri tertentu, berada dalam posisi yang baik untuk menekan anggota yang menjalankan praktik bisnis secara meragukan.

6. PERAN PERUSAHAAN DALAM MENDORONG PERILAKU ETIS

    Yaitu, dengan cara memberikan kode etik, sebuah kode etik (code of ethics) adalah panduan tertulis tentang perilaku yang dapat diterima secara etis seperti yang didefinisikan oleh organisasi kode tersebut menguraikan kebijakan seragam, standar, dan hukuman untuk pelanggaran.  

7. TANGGUNG JAWAB SOSIAL

    Tanggug jawab sosial ( social responsibility ) adalah pengakuan bahwa kegiatan usaha berdampak pada masyarakat dan pertimbangan terhadap dampak dalam pengambilan keputusan bisnis.

Terima kasih sudah membaca dan jangan lupa kunjungi web kampus kami:)

https://feb.uhamka.ac.id

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Money Selengkapnya
Lihat Money Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun