Siapa yang tidak kenal Wardah? Wardah merupakan brand kecantikan lokal yang sudah berdiri sejak 1995 oleh Nurhayati Subakat, Wardah juga dikenal sebagai pelopor brand kecantikan halal di Indonesia. Sejak puluhan tahun didirikan, Wardah mampu bersaing dengan brand kecantikan lainnya seperti Revlon, Sariayu dan Pixy.
Strategi kreatif iklan yang dilakukan wardah juga sangat baik. Dengan mengambil segmentasi wanita yang sedang berada pada umur produktif sebagai fokus target pasarnya membuat Wardah memiliki brand image yang kuat di mata masyarakat serta konsumen setia nya.
Kemajuan Wardah saat ini tidak lepas dari peran seorang celebrity endorser yang menunjang efektivitas penyampaian iklan produk Wardah. Beberapa diantaranya yaitu Inneke Koesherawati, Dewi Sandra, Dinda Hauw, dan lain-lain.
Melalui berbagai kampanye iklannya yang dapat menginspirasi banyak wanita Indonesia untuk berani melangkah dan melakukan perubahan juga merupakan salah satu ciri khas yang ingin ditunjukkan oleh Wardah.
Salah satu kampanye yang sudah dilakukan sejak lama ialah “Wardah Inspiring Movement” (WIM), sebuah gerakan kebaikan inisiatif Wardah yang melibatkan serta mengundang partisipasi individu, kelompok, maupun organisasi untuk bersama-sama berkontribusi terhadap pembangunan Indonesia di bidang Pendidikan, Kesehatan, Pemberdayaan Perempuan, dan Lingkungan dengan cara menyebarkan inspirasi melalui kemampuan dan keahlian apa pun yang dimiliki oleh para wanita Indonesia pada berbagai bidang sesuai ketertarikannya.
Wardah sukses membangun brand image positif dan kuat dibenak konsumennya sebagai brand kecantikan lokal halal yang mengajak banyak wanita Indonesia sebagai penggerak perubahan melalui campaign Wardah Inspiring Movement. Namun tidak berhenti sampai situ saja, Wardah kali ini juga meluncurkan campaign baru berupa “Beauty Moves You”.
Dalam campaign ini Wardah terus mengajak wanita Indonesia untuk menjadi penggerak perubahan, melalui hal ini Wardah ingin menunjukkan bahwa setiap wanita yang berani bergerak adalah para Brave Beauties dengan kontribusi yang beragam.
Langkah inisiatif ini bertujuan menciptakan ekosistem yang inovatif agar semua wanita dapat terus bergerak membawa manfaat dan memberikan dampak yang lebih luas.
Wardah Beauty Moves You berupaya untuk menerobos pola pikir yang mungkin selama ini membatasi ruang gerak perempuan untuk berdaya dan mendorong mereka menjadi versi terbaik dari dirinya.
Dalam campaign “Beauty Moves You” ini Wardah memperkenalkan aspek baru bagi perempuan dengan mengedepankan nilai-nilai progresif, modern, kesopanan, berani, dan kebermanfaatan. Gerakan ini juga mengandung arti bahwa kecantikan yang sesungguhnya tampak dalam setiap langkah yang memberikan manfaat kepada lingkungan, sesama dan dunia.
Maka dari itu, Wardah berkomitmen kuat untuk menciptakan inovasi produk dengan standar internasional. Salah satunya dengan mengedepankan konsep halal green beauty innovation. Untuk mendukung konsep halal green beauty tersebut, Wardah meluncurkan berbagai rangkaian produk kecantikan dengan proses yang berkelanjutan, cruelty free, dan memastikan tidak ada bahan berbahaya bagi konsumen.
Dalam melakukan inovasi produk Wardah bekerja sama dengan konsultan global dalam pengembangan penelitian & dermatologis dari AS, Australia, Prancis, Thailand, India, juga Indonesia.
Produk Wardah dibuat menggunakan bahan baku terbaik dari seluruh dunia dan setiap produk Wardah telah melewati uji keamanan (safety test) dan keampuhan (clinical test) yang dilakukan sesuai standar internasional.
Selain itu, Wardah juga bekerja sama dengan petani lokal untuk mendukung penggunaan bahan baku lokal, seperti ekstrak aloe vera, green tea, licorice, cucumber, seaweed, honey dan berbagai bahan lainnya dari Indonesia dengan kualitas global.
Dalam merancang setiap produknya, wardah berkolaborasi dengan local & global expert Wardah telah bekerja sama dengan 300+ ahli kecantikan dan peneliti tersebar di 25 negara dan 200+ inovator muda Indonesia dalam mengembangkan produk, serta 45.000+ beauty advisor untuk mendukung penampilan perempuan Indonesia dalam mengekspresikan diri dan melangkah dengan berani di dunia.
Demi mendukung campaign ini Wardah menggelar acara Beauty Moves You The Experience pada 30-31 Oktober 2021 lalu. Dalam acara tersebut, Wardah turut mengundang banyak tokoh perempuan progresif dari lintas profesi dan keahlian, baik tokoh dari Indonesia maupun tokoh global seperti Brand Ambassador Wardah Dewi Sandra, Founder Zero Waste Indonesia Maurilla Imron, dan Founder Lyfewithless Cynthia Lestari, Aktris Dian Sastrowardoyo, Brand Ambassador Wardah Mesty Ariotedjo, Fashionpreneur Brave Beauties Nicky Clara, Mindfulness Practitioner Raden Prisya dan masih banyak lagi tokoh progresif yang diundang dalam acara tersebut.
Selain menggelar acara Beauty Moves You The Experience, Wardah juga melakukan campaign #BeautyMovesYou Global Movement pada 16 - 22 November 2021 lalu di Dubai. Wardah berpartisipasi sebagai no. 1 beauty brand dari Indonesia dalam Global Business Forum Dubai Expo. Melalui 2 acara tersebut dapat kita lihat bahwa Wardah benar-benar menunjukkan komitmennya untuk terus menyebarkan kebermanfataan yang lebih luas melalui campaignnya.
Partisipasi Wardah di industri fashion menjadi kesempatan yang besar untuk berkolaborasi dengan lebih banyak mitra strategis dalam mendukung global halal lifestyle dan mendorong seluruh masyarakat terutama para wanita untuk menjadi penggerak perubahan.
Selain itu, hadirnya brand lokal di acara global diharapkan dapat menjadi motivasi dan inspirasi untuk seluruh brand lokal agar terus mengembangkan inovasi dan bergerak maju bersama ke pasar internasional.
Penulis: Charrisa Septichia Kirani, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H