Mohon tunggu...
charles dm
charles dm Mohon Tunggu... Freelancer - charlesemanueldm@gmail.com

Verba volant, scripta manent!

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Sederet Inovasi Terbaru Toyota, dari Kredit Ringan hingga T-CARE

14 Agustus 2022   07:21 Diperbarui: 14 Agustus 2022   07:30 4373
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Booth T-CARE di GIIAS 2022: foto dokpri

Tahukah Anda pintu Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2022 sudah dibuka?

Ya, pameran otomotif terbesar di Tanah Air resmi dimulai pada Kamis (11/8/2022) bertempat di Indonesia Convention and Exhibition (ICE) BSD City Tangerang, Banten.

Dari sederet booth yang membentang di pusat konvensi dan pameran terbesar di Indonesia dengan 10 ruangan dengan luas tak kurang dari 50.000 m2 itu, Toyota-Astra Motor (TAM) sungguh mencuri perhatian.

Betapa tidak. Toyota GIIAS 2022 mengokupasi lebih dari 3.000 m2 di Hall 1B. Menampilkan aneka pilihan produk, layanan, dan teknologi.

Para pengunjung bisa melihat dari dekat sekitar 35 line-up produk  mulai dari kendaraan elektrifikasi, sports car, hingga model-model konvensional lainnya. 

Tidak hanya itu. Para pengunjung pun bisa merasakan berbagai layanan dan teknologi yang dipamerkan.

"Dalam semangat Let's Go Beyond, Toyota akan menghadirkan sesuatu yang spesial selama digelarnya event GIIAS 2022, baik dari sisi produk, layanan, dan teknologi," ungkap President Director PT Toyota-Astra Motor (TAM), Susumu Matsuda.

Lebih lanjut, Susumu mengatakan pihak Toyota berkomitmen melayani kebutuhan mobilitas pelanggan sesuai prinsip Beyond Product, Beyond Service, & Beyond Technology.

"Toyota akan menjadikan salah satu ajang pameran otomotif terbesar di Asia ini sebagai kesempatan untuk memberikan Mobility Happiness for All," tegasnya.

Salah satu sisi di dalam booth Toyota di GIIAS 2022: foto dokpri
Salah satu sisi di dalam booth Toyota di GIIAS 2022: foto dokpri

Memenuhi Kebutuhan Mobilitas 

Salah satu komitmen Toyota adalah memenuhi kebutuhan mobilitas secara total kepada pelanggan. Seperti dikatakan Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, pada hari pertama GIIAS 2022, "Kehadiran Total Mobility Solution pada GIIAS 2022 merupakan wujud semangat Toyota memberikan pilihan solusi bagi masyarakat Indonesia untuk memenuhi kebutuhan mobilitas yang beragam secara efektif dan efisien." 

Dalam pengertian sederhana, Toyota tidak hanya menghadirkan produk-produk dengan teknologi dan spesifikasi yang lebih mumpuni. Namun, kehadiran berbagai program yang inovatif, mudah diakses, aman, serta nyaman bagi pelanggan juga merupakan prioritas tersendiri.

Dengan demikian, para pelanggan bisa mengakses dan mendapatkan solusi untuk aneka kebutuhan seiring berkembangnya kebutuhan mobilitas dari waktu ke waktu.

Lantas, apa saja solusi yang sudah ditawarkan Toyota? Pada dasarnya, sebagaimana disampaikan Marketing Director PT Toyota-Astra Motor, Anton Jimmi Suwandy, pihak Toyota sudah memberikan solusi dalam memiliki kendaraan Toyota sejak dahulu.

Hal ini terlihat dari bantuan yang diberikan saat mencari informasi, proses pembelian, perawatan secara berkala, upgrade kendaraan baru, hingga menambah kendaraan karena progressing in life.

Semuanya bertujuan untuk memberikan kemudahan kepada para konsumen untuk melakukan mobilitas dengan produk-produk Toyota, dan tentu saja agar semakin Setia Sama Toyota.

Saat ini, seperti dikatakan Anton, pihak Toyota terus melakukan peningkatan baik secara luring maupun daring sehingga segala sesuatu berjalan efektif, efisien, dan sederhana.

"Pilihan layanan total mobility solution Toyota pun kian lengkap baik program usership, ownership, dan after sales yang semakin menarik dengan benefit yang lebih untuk pelanggan," lanjutnya.

Lantas, apa saja kemudahan-kemudahan itu?

Pertama, Anton memberi contoh bagaimana Toyota menjawab kebutuhan mobilitas masyarakat tanpa harus memiliki kendaraan. KINTO hadir sebagai solusi bagi pelanggan.

Mudahnya, KINTO bisa dijelaskan sebagai solusi baru berkendara dengan cara berlangganan selama 36 bulan dengan fasilitas pelayanan penuh. 

Para pelanggan mendapat pelayanan paripurna dalam satu paket, mulai dari biaya berlangganan yang sudah dilengkapi asuransi kendaraan, servis berkala, hingga perpanjangan pajak kendaraan.

Tidak sampai di situ. Berlaku pula ketentuan "one price" yakni biaya berlangganan yang sama di seluruh area Jabodetabek. Pemesanan KINTO pun mudah karena bisa dilakukan secara online.

Kedua, Toyota membantu para pelanggan yang ingin memiliki kendaraan impian. Hadir berbagai alternatif solusi melalui paket kredit ringan dan mudah dengan manfaat yang bisa didapat sekaligus.

EZ Deal menawarkan paket kredit dengan cicilan ringan selama 6 tahun. Pihak Toyota menyasar generasi milenial yang baru mempunyai penghasilan dan anggaran masih terbatas tetapi tetap bisa memenuhi kebutuhan mobilitasnya.

Selain itu, program ini memiliki beberapa keunggulan. Mulai dari mendapatkan mobil impian tanpa harus merogoh kocek dalam-dalam di awal, cicilan ringan sehingga kebutuhan lain tetap bisa terpenuhi, cicilan disesuaikan dengan perkembangan karier konsumen, serta adanya kemudahan "trade-in" sehingga pelanggan tak pernah ketinggalan informasi terkait produk-produk terbaru dari Toyota. 

Sebagai contoh, untuk mendapatkan satu unit Toyota Raize, pelanggan hanya perlu mengeluarkan cicilan mulai dari Rp2,7 juta per bulan. Bagi yang menjadikan Toyota Yaris sebagai cita-cita, cukup memastikan cicilan mulai dari Rp3,4 juta per bulan.

Toyota Trade-in secara khusus menjadi "one stop solution" atau satu sistem terintegrasi yang memungkinkan pelanggan bisa menjual mobil lama dan menggantinya dengan mobil baru. 

Ketiga, Toyota terus menyesuaikan diri dengan perkembangan zaman. Pelayanan tidak lagi berkutat pada ranah "offline." 

Toyota terus memperkuat pendekatan digital melalui kehadiran website resmi dan aneka akun media sosial. Para pelanggan yang ingin mendapatkan informasi bisa menjangkaunya secara digital. Begitu juga memanfaatkan berbagai fitur seperti chatbot Toyota dan m-Toyota.

Para pelanggan yang ingin berkonsultasi mengenai perawatan kendaraan akan sangat terbantu dengan hadirnya Halobeng. Toyota Live Showroom hadir untuk memberikan pengalaman kepada para pelanggan untuk merasakan sensasi seperti saat berkunjung ke gerai resmi Toyota. 

Masih ada lagi program Toyota Official Store Solution (TOSS) untuk memfasilitasi kebutuhan konsumen, mulai dari membeli mobil baru, suku cadang, aksesoris, hingga paket servis yang bisa dilakukan kapan saja dan di mana saja.

Prosesnya pun mudah. Memilih produk, melakukan transaksi secara online, dan barang yang dipesan akan segera datang ke alamat tujuan.

Booth T-CARE di GIIAS 2022: foto dokpri
Booth T-CARE di GIIAS 2022: foto dokpri

T-CARE

Keempat, bila Anda bertandang ke booth Toyota, makan akan dijumpai berbagai area pelayanan. Salah satunya adalah T-CARE.

Ini adalah program terbaru, berlaku mulai 1 Juli 2022, untuk memberikan layanan purna-jual  kepada para pelanggan. Ini menjadi wujud kepedulian Toyota terhadap keamanan dan kenyamanan para pelanggan. 

Program ini sungguh layak disambut gembira. Sebab, para pelanggan yang membeli mobil baru model-model tertentu mulai Juli 2022 dengan kode produksi 2022 akan otomatis mendapatkan banyak benefit, mulai dari pembebasan biaya servis berkala, jasa, dan suku cadang sebanyak enam kali selama tiga tahun.

Ringkasnya, berikut keuntungan T-CARE:

  1. Bebas biaya jasa (dari servis berkala kedua hingga ketujuh, maksimal 3 tahun atau 60 ribu km).

  2. Bebas biaya suku cadang (dari servis berkala kedua hingga ketujuh, maksimal 3 tahun atau 60 ribu km).

  3. Dengan rutin servis berkala setiap enam bulan, pelanggan bisa menikmati bonus berupa Extended Warranty 1 tahun/20.000 km, dengan demikian total Toyota Warranty Indonesia tercatat menjadi 4 tahun atau 120 ribu km dengan rutin servis tiap enam bulan.

Sebagaimana dikatakan di atas, tidak semua model Toyota mendapat manfaat dari T-CARE. Corolla Cross dan Corolla Cross Hybrid, C-HR Hybrid, Fortuner, LC-300, Raize, Rush, Alphard, Vellfire, Avanza, Veloz, Innova, Sienta, Voxy, Camry dan Camry Hybrid, Corolla Altis dan Corolla Altis Hybrid, Toyota 86, Vios, Yaris, Hilux, Hi-Ace Premio & Commuter adalah model Toyota yang termasuk di dalamnya.

Apakah kendaraan Toyota Anda tercakup program T-CARE? Cek nomor rangka kendaraan Anda dan dapatkan sertifikat elektroniknya!

Bersama salah satu produk  anyar Toyotadi GIIAS 2022: foto dokpri
Bersama salah satu produk  anyar Toyotadi GIIAS 2022: foto dokpri

Pihak Toyota mengakui, berbagai terobosan dan inovasi digital itu sudah mendapat tanggapan positif. 

"Kami berterima kasih untuk respons positif dan animo yang besar yang sudah diberikan customer terhadap berbagai total mobility solution Toyota," tandas Fumitaka Kawashima, Marketing Director PT Toyota-Astra Motor.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun