Salah satu sisi Honda Vario 150 eSP (gambar astra-honda.com)
Jujur, saya salah satu penyuka sekaligus pengguna setia motor matik. Sejak merantau di Jakarta, tunggangan matik selalu menjadi teman setia. Demikian pun saat kembali ke kampung halaman, nun di bagian timur Indonesia, motor matik pula menjadi andalan.
Namun demikian, tak semua skuter matik mampu menjawab keinginan dan memenuhi kebutuhan. Paling tidak, memperhitungkan tingkat ‘ketermuatan’ dan kenyamanan berkendara. Bagi saya, itu menjadi pertimbangan elementer, walau masih ada alasan lain yang bisa dikedepankan.
Dengan tinggi badan di atas rata-rata, tentu saya membutuhkan tunggangan yang nyaman dan tak menyulitkan saya untuk bermanuver di jalan raya ibu kota yang terkenal macet bukan kepalang. Ditambah lagi bila harus boncengan, atau mengangkut beberapa anggota keluarga.
Sayangnya sejauh ini, keinginan dan kebutuhan tersebut masih sebatas angan. Boleh dikata masih menjadi kerinduan yang terus diperam. Beberapa teman kantor menganjurkan saya untuk mencari motor gede alis moge. Namun entah mengapa saya selalu berkata tidak. Bisa jadi saya telah jatuh cinta dengan matik.
Pertemuan dengan Honda Vario
Kurang lebih setahun terakhir saya bekerja di salah satu perusahaan media. Rerata rekan-rekan kerja saya mengendarai motor ke kantor. Dan sebagian besar menggunakan motor matik.
Dari antara deretan motor matik itu, tatapan mata dan kerinduan saya akhirnya bertumbukan dengan sesosok tunggangan warna hitam, bertubuh kekar, bermata tajam, dan sangat gagah.
“Saya beli [motor] ini belum lama. Nyaman, tenaganya oke, bisa memuat beberapa anggota keluarga,”tutur Yanto (45), rekan kerja, menjawab rasa ingin tahu saya.
Dari berbagai pengakuan dan kisah yang dibagikan, ada banyak hal yang meluncur dari mulutnya. Namun, ada dua poin yang ditangkap dari testimoni rekan tersebut: nyaman dan tenaganya oke.
Well, dua hal tersebut sedikit banyak menjawab kerinduan saya. Namun, sebagai pengendara yang telah lama mengakrabi kendaraan roda dua, dua atribut tersebut masih jauh dari memadai untuk meyakinkan saya. Apa benar demikian?
Inovasi
Perkembangan teknologi tak bisa lepas pisah dari inovasi. Menyitir Rogers dan Shoemaker, inovasi merupakan ide-ide baru, praktik-praktik baru atau objek-objek baru. Hal tersebut pun lekat dengan salah satu produsen motor dunia, PT Astra Honda Motor (AHM).
Di tengah jagad persaingan industri kendaraan bermotor khususnya, yang semakin ketat AHM pun terus berinovasi untuk menghasilkan produk yang tak hanya mampu merebut pasar, tetapi juga menyentuh hati pengguna.
Pada 14 Januari 2015 lalu, PT AHM meluncurkan Honda Vario 150 eSP. Melalui President Director PT AHM, Toshiyuki Inuma, produsen tersebut ingin menghadirkan inovasi terbaru, yang menyempurnakan produk-produk sebelumnya, serta menjadi yang terdepan di kelas skuter matik.
Dengan basis mesin hampir serupa Honda PCX 150, tunggangan teranyar ini hadir dengan segebung keunggulan lainnya yang menempatkannya di depan dari skuter matik lainnya hampir dalam segala hal. Ditambah lagi, terobosan AHM memproduksi skuter matik berkapasitas mesin 150 cc pertama di Indonesia, membuat produk ini sangat Indonesia.
Berikut beberapa keunggulan Honda Vario yang membuat saya akhirnya jatuh hati. Tak perlu berbicara banyak ada banyak keunggulan yang membuat Vario 150 sempurna bagi siapa saja.
Pertama, teknologi mesin terbaru. Siapa saja yang ingin mendapatkan tunggangan terbaik tentu tak bisa menampik faktor yang satu ini. Ya, kualitas mesin.
Honda Vario mengusung teknologi mesin terbaru yang memungkinkannya sangat irit bahan bakar. Tak hanya itu, tunggangan ini dipastikan telah lulus standar emisi Euro 3 sehingga sangat ramah lingkungan. Di tengah situasi Jakarta khususnya yang sudah berada dalam taraf pencemaran lingkungan yang memprihatinkan, mendapatkan Honda Varion ini merupakan pilihan terbaik.
Kedua, teknologi berkelas.Tak hanya mesin dengan sentuhan teknologi terbaik. Komponen lainnya pun setali tiga uang. Dari antara beragam teknologi yang digunakan, beberapa dari antaranya adalah penggunakan Dual Keen Eyes LED Headlight yang membuatnya sangat agresif dan jelas menampakkan wajah matic kelas premium.
Dengan berbagai keunggulan tersebut, sudah barang tentu harga yang dipatok tak semurah produk sejenis lainnya. Bukan rahasia lagi, kualitas sepadan dengan harga. Ada uang, ada barang,demikian ungkapan kekinian.
Namun demikian jangan khawatir. Harga yang dipatok untuk produk unggulan ini sudah diperhitungkan secara baik dan bijak. Para pembeli membayar untuk sebuah produk terbaik.
Bila sudah demikian tunggu apa lagi, ayo miliki Honda Vario 150 eSP dan rasakan sensasi mengendarai skuter matik yang sempurna. Bersama Vario 150 kita merasakan sensansi tunggangan sempurna. Vario 150 sempurna, ride the perfection….
Berikut spesifikasi Vario 150 eSP (sumber astra-honda.com):
Dimensi:
PxLxT : 1.921 x 683 x 1.096 mm
Berat kosong : 109 Kg
Jarak Sumbu Roda : 1.280 mm
Jarak terendah ke tanah : 135 mm
Kapasitas tangki bahan bakar :5,5 liter
Rangka:
Tipe rangka : Tulang punggung
Tipe suspensi depan : Teleskopik
Tipe suspensi belakang : Lengan ayun dengan shockbreaker tunggal
Ukuran Ban Depan : 80/90 – 14 M/C 40P (tanpa ban dalam)
Ukuran Ban Belakang : 90/90 – 14 M/C 46P (tanpa ban dalam)
Rem Depan : Cakram hidrolik, dengan piston tunggal
Rem Belakang : Tromol – sistem pengereman CBS
Mesin
Tipe Mesin : 4-langkah, SOHC dengan pendinginan cairan, eSP
Kelas : 150 cc
Volume langkah: 150 cc
Diameter x Langkah : 57,3 x 57,9 mm
Perbandingan Kompresi : 10,6 :1
Daya maksimum : 9,3 kW / 8.500 rpm
Torsi maksimum : 12,8 N.m / 5.000 rpm
Kapasitas minyak pelumas mesin: 0,8 liter pada penggantian periodic
Tipe kopling: otomatis, sentrifugal, tipe kering
Tipe transmisi: otomatis, V-Matic
Pola pengoperan gigi: otomatis
Tipe strarter : Pedal dan elektrik
Kelistrikan:
Sistem Pengapian : Full Transisterized, Baterai
Tipe Battery : Battery 12V-5Ah, tipe MF
Tipe Busi : ND U22EPR-9, NGK CPR9EA-9
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H