Mohon tunggu...
Charis Dewantara
Charis Dewantara Mohon Tunggu... Mahasiswa -

Dari masyarakat membaca akan lahir masyarakat yang cerdas dan bijaksana

Selanjutnya

Tutup

Catatan Pilihan

Metode Cepat Baca Al-Qur'an Sistem 9 Jam

4 Mei 2014   02:49 Diperbarui: 23 Juni 2015   22:54 173
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

[caption id="attachment_305894" align="aligncenter" width="300" caption="Dok. Pri"][/caption]

“MembimbingAl-QuranHinggaKe PelosokNegeri

MUImenyebutkanbahwa80%pendudukMuslimdi Indonesia belum mampu membaca Al-Qur’an, yakni
sebanyak165, 746 jutajiwa. Usia    0-15    tahun    sebanyak    67,212    juta    jiwa, belum/sedang belajar di TPA/TPQ. sisanya, sebanyak 98,534 juta jiwa tidak belajar sama sekali.

MAKNA: Secarabahasakataburhanberartiargumentasi yangjelasdanterpilah untukmemperolehkebenarandanpengetahuanmelaluiprosesberfikir. Burhanysangatmenekankanprosesdanperanananalisisrasional(al-Qiyas,al- Jami’) untuk memperoleh pengetahuan sekaligus sebagai suatu kebenaran.

METHODE: Burhany merupakan sebuah methode cepat membaca al-Qur’an dan mempelajari ilmu tajwid dengan sistem 9 jam. Disusun secara matematis, agar memudahkan dalam penalaran. Lebih menekankan pada proses, bukan pada kecerdasan seseorang. Sehingga, siapapun bisa mempelajarinya.

PROGRAM: BurhanyadalahsingkatandariBimbinganAl-Quran HarapanIndonesia.Merupakansebuahprogram tebarkemanfaatan cepatmembacaal-Quranhinggake pelosoknegeri. Dengan3pilar (Guru-Relawan-Pewakaf),Burhanydiharapkanmenjadi harapanbaru bimbinganal-Qurannegeriini.

[caption id="attachment_305895" align="aligncenter" width="300" caption="Dok. Pri"]

13991205691950489061
13991205691950489061
[/caption]

Kitab Burhany terdiri dari 48 halaman dan dapat diklasifikasikan menjadi 3

kelompok.Kelompok1mulaihal1-13,kelompok2mulaihal14-30,kelompok3 mulai hal 31-48.

Hal 1-13:Pengenalanhuruf Hijaiyah.Amati bentuknya,dengarkanbunyi hurufnya,tirukandenganlantang. (Semuanya dibaca pendek)

Hal 14-15:Pengenalan harakat fathah- kasrah- dhommah.

Hal 16-17:Pengenalan tanwin. Biasakanpengucapannya.

Hal 18-22:PengenalanMadThabii danMadLayyin. Berlatihlan untuk membedakanpanjangdanpendek.

Hal 23-26:Pengenalan huruf mati atausukun.

Hal 27-30:Pengenalan tasydiid.

Hal 31      :Pengenalan lamtebal (tafkhim) danlamtipis (tarqiq) Hal 32-38:Pengenalan hukum nun sukun dantanwin.

Hal 39-40:Pengenalan Mad denganpanjang4-6harakat.

Hal 41      :Pengenalan mim sukun.

Hal42-44: Pengenalan cara bacawaqaf.

Hal 45      :Idghom Mutamatsilan-Mutajanisain-Mutaqaribain. Hal 46-47:Latihan

Hal 48      :Pengenalan tanda waqaf.

[caption id="attachment_305897" align="aligncenter" width="300" caption="Dok. Pri"]

13991210581339508268
13991210581339508268
[/caption]

KLASIFIKASI BENTUK

1. Klasifikasi Bentuk

a.      Guru menjelaskan dan memahamkan bentuk huruf yang akan diajarkan. Misal, huruf يseperti bebek,dll.

b.     Mintalahsantriuntukmengklasifikasikanbentukhuruf.Misal:Ani, huruf ya’sama seperti bentukapa?

2. Mendengar dan mengulang (Tasmi’ dan Takrir)

a.    Guru membacaseluruh halaman dansantri mendengarkan.

b.    Guru membacaper kata,santri menirukan.

c.    Santri membaca,guru menyimak.

3. Pembiasaan

a.    Santri membacaberulang-ulang.

b.    Santri membaca bergiliran

[caption id="attachment_305899" align="aligncenter" width="300" caption="Dok. Pri"]

1399121192476538917
1399121192476538917
[/caption]

TARGET PENGAJARAN

Dewasa dan Remaja:

Bimbingan baca Al-Quran

a.   9kalipertemuan

b.   Per pertemuan 4-6halaman

Anak-anak:

Bimbingan baca, tulis, dan hafalan Al-Quran

a.   Dibagi 3kelompok, Burhany 1, 2, dan 3

b.   Masing-masingkelompok32pertemuan

c.   Targethafalan Q.S.An-Naas – AlLail



KOMENTAR TOKOH

"Kamuharus ngajar ngaji.Dan ciptakankomunitasnya!"

--KH.HasanAbdullahSahal,PimpinanPondokModernGontor

"Sebuahinovasiyangbaik.Lanjutkan perjuanganmuini!"

--KH.AbdussomadBukhori,KetuaMUIJawaTimur

"MelanjutkanrevolusiIqra'.Inilah tafsiramaly(perbuatan) perintahmembacayang selaluditafsirmaknawykan (pengertiannya).Selamat.SemogaAllah melimpahkan barakahnyauntukantum dan kitasemua.Amin"

--TuanGuruHasanainJuaini,Pengasuh PesantrenNurulHaramain,NTB.

PeraihPenghargaanInternationalRamonMagsaysayth2011--

“DansesungguhnyatelahKamimudahkanAl Quran untuk pelajaran, makaadakah

orangyangmengambilpelajaran?(Q.S.Al Qamar:17,22,32,dan40)

AdDahhaktelahmeriwayatkanbahwaIbnu`Abbasberkata:Andaikata Allahtidak memudahkanAl Quran bagilidahmanusia, niscayatidak seorang pundari manusiayangdapat berbicaradenganpembicaraan Allah.

Ibadahadalah cinta dan kesungguhan.Jadi, janganpernah lelahuntukmeletakkan kata-kataitu dalamhatikita dan menjadikannyapelecutibadah dan amal. Sesungguhnya,Al Quran itumudahuntuk dipelajari.Buktikanlah !!


HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Catatan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun