DARI BTS HINGGA SEHUN EXO,BERIKUT 10 IDOL DAN ARTIS KOREA YANG MENJADI BRAND AMBASSADOR BRAND LOKAL
Halyyu wave tampaknya menjadi sebuah fenomena yang sangat menggemparkan masyarakat diberbagai belahan dunia. Banyak perhatian yang diarahkan pada Korea Selatan saat ini ,baik dunia hiburan ,budaya hingga makanan mereka yang secara tidak langsung meningkatkan branding serta pendapatan Negara Korea Selatan sendiri.
Korean-pop atau yang biasa dikenal dengan Kpop dapat berkembang dengan begitu cepat dikarenakan perkembangan teknologi yang membuat dunia hiburan mereka menguasai tangga industri dengan begitu cepat dan menjangkau target pasar dengan sangat baik. Salah satu target pasar dari Hallyu Wave adalah Negara kawasan Asia.
Negara Asia Tenggara yang menjadi target pasar terbesar Hallyu Wave salah satunya adalah Indonesia. Hal ini dikarenakan sebagian besar masyarakat Indonesia merupakan penggemar dari KPop baik itu drama hingga musik Korea Selatan. Â Hal ini menyebapkan banyak brand lokal yang tertarik menjadikan selebriti dan idol korea selatan sebagai Brand Ambassador mereka dengan harapan branding yang jauh lebih baik dan kenaikan penjualan tentunya. Berikut beberapa idol hingga selebriti Korea Selatan yang menjadi brand ambassador brand lokal IndonesiaÂ
1. BTS -- Tokopedia
Bagi penggemar KPop,rasanya nama BTS bukanlah hal yang asing. Salah satu boygrup meraih kesuksesan paling besar sepanjang sejarah Korea Selatan ini didapuk menjadi brand ambassador salah satu e-commers asal Indonesia yaitu Tokopedia pada tahun 2019 lalu. Pemilihan Brand Ambassdor yang telah memiliki popularitas yang sangat besar ini tentu menyeret nama Tokopedia dan memberikan dampak secara positif. Branding dari Tokopedia hampIr dikatakan berhasil,dikarenakan ada banyak masyarakat Indonesia hingga luar negeri yang mengenal Star-Up lokal ini hingga menjadikan Tokopedia menjadi salah satu Star-Up yang diperhitungkan diwilayah Asia.
2. BlackPink- TokopediaÂ
(sumber: https://www.instagram.com/tokopedia/ )
Sepertinya Tokopedia tidak main-main dalam memilih brand ambassador star-up mereka. Hal ini terbukti selain menggandeng BTS yang merupakan salah satu idol papan atas Korea Selatan bahkan dunia ,Tokopedia juga menggaet Black Pink yang merupakan girlgrup papan atas Korea Selatan yang bahkan disebut juga sebagai salah satu girlgrup tersukses di dunia sebagai brand ambassador mereka. Ke-4 anggota Blackpink juga kerap kali mengisi event-event yang diselenggarakan oleh Tokopedia
3. NCT DREAM -- LemoniloÂ
(sumber: https://www.instagram.com/lemonilo/)
Akhir 2021 Lemonilo mengumumkan brand ambassador terbaru mereka yaitu NCT DREAM dengan 7 anggota yaitu Mark, Renjun, Jeno, Jaemin, Haechan, Chenle dan Jisung. Berita ini sontak menjadi trending diberbagai media sosial karena salah satu pasar dari NCT adalah Indonesia serta ada banyak pengggemar boygrup ini di Indonesia. Bahkan dengan lounching produk Mie Lemonilo x NCT DREAM ,penjualan dari Lemonilo meningkat drastis karena banyak fans membeli dengan jumlah banyak untuk mendapatkan photocard ekslusif NCT DREAM x Lemonilo
4. NCT DREAM -- Somethinc
(sumber: https://www.instagram.com/somethincofficial/?hl=id)
Somethinc baru-baru ini juga mengumumkan brand ambassador terbaru mereka yaitu NCT DREAM dengan anggota 5 orang yaitu  Renjun, Jeno, Jaemin, Chenle dan Jisung. Pemilihan brand ambassador ini juga menyebapkan Somethinc dan NCT DREAM menjadi tending di twitter. Bukan hanya sekedar menjadi ambassador ,Somethinc juga meluncurkan produk edisi khusus bersama NCT DREAM yang mana langsung diburu oleh penggemar
5. NCT 127 -- NU GREAN TEAÂ
(sumber: https://www.instagram.com/nuteaid/)
Sub-unit NCT lainnya juga menjadi brand ambassador produk lokal lainnya yaitu Nu Grean Tea. Bukan hanya menjadi brand ambassador yang membintangi berbagai iklan dari Nu Grean Tea , brand lokal ini bahkan juga mengeluarkan produk kolaborasi antara NCT 127 dengan Nu Grean Tea dengan wajah para member terpampang dalam produk Nu Grean Tea. Ketika produk ini diluncurkan secara resmi ,banyak penggemar yang berbondong-bondong membeli Nu Grean Tea special NCT 127 untu mengloksi kemasan minuman ini.
6. Twice -- Scarlett Whitening
(sumber: https://www.instagram.com/scarlett_whitening/?hl=id)
2021 lalu brand asal Indonesia Scarlett Whitening mengumumkan di instagram resmi mereka bahwa salah satu girl grup papan atas Korea Selatan Twice menjadi brand ambassador mereka. Berita ini sontak menghebohkan penggemar KPop di Indonesia,hal ini dikarenakan Twice memiliki banyak penggemar diwilayah Asia salah satunya Indonesia. Pemilihan Brand ambassador ini juga dinilai tepat karena image Twice memiliki member-member yang sangat cantik sehingga sesuai dengan Scarlett Whitening yang basic skincare dan body care.
7. Kim Seon Ho
Salah satu artis yang melejit namanya berkat drama Star Up dan Hometown Chacha ini didapuk menjadi brand ambassador Everwhite pada tahun 2021 lalu. Kepopuleran nama Kim Seon Ho sebagai dampak dari boomingnya drama Star Up ditambah perannya di drama Hometown Chacha membuat ia mendapat banyak tawaran membintangi berbagai iklan dan salah satunya menjadi Brand ambassador Everwhite. Branding everwhite cukup berhasil dengan menggandeng artis Korea Selatan yang satu ini,karena penggemar kdrama mulai mengenal Everwhite sebagai brand skincare lokal lewat Kim seon ho
8. Choi Siwon Super Junior -- Mie SedapÂ
(sumber: https://www.instagram.com/miesedaapid/)
Awal 2021 brand lokal Mie Sedap mengumumkan bawa Choi Siwon salah satu anggota Super Junior sebagai brand ambassador mereka. Iklan diberbagai media hingga peluncuran mie kolaborasi Siwon x Mie Sedap seperti Mie Sedap Korean Spacy Chiken sangat laris dikalangan pembeli. Seiring dengan kepopuleran makanan korea di Indonesia banyak peminat yang ingin mencicipi bagaimana mie korea tersebut yang telah diluncurkan oleh brand Mie Sedap
9. Oh Sehun EXO -- WhitelabÂ
(sumber: https://www.instagram.com/whitelab_id/?hl=id)
Baru-baru ini Oh Sehun salah satu member boygrup papan atas Korea Selatan EXO dikonformasi oleh brand skincare asal Indonesia Whitelab menjadi brand ambassador terbaru mereka. Sontak saja hal ini menjadi tranding diberbagai sossial media,karena EXO sendiri memiliki fans yang sangat banyak di Indonesia dan Sehun sudah banyak menjadi Brand Ambassador brand-brand terkenal dunia seperti DIOR dan banyak lainnya. Branding dari whitelab cukup mumpuni ketika memilih Sehun EXO sebagai brand ambassador,bukan hanya tranding di media sosial,ada banyak pengggemar yang menantikan lounching produk special Whitelab x Sehun.
- Cha Eunwoo -- MS GlowÂ
(sumber: https://www.instagram.com/msglowbeauty/)
Tepat pada 07 Febaruari 2022 MS Glow secara resmi mengumumkan bahwa Cha Eunwoo sebagai brand ambassador resmi mereka . Hal ini mereka umumkan melalui instagram resmi dari MS Glow. Sontak saja,kabar mengejutkan ini menjadi tranding no1 di twitter. Banyak masyarakat yang mengaku terkejut sekaligus senang mengetaui idol KPop serta artis ini menjadi brand ambassador produk skincare asal inonesia yaitu MS Glow.Â
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H