Best Practice
Meningatkan kemampuan numerasi anak melalui mencetak angka dengan menggunkan roti tawar di TK Aisyiyah Nagari Sialang Gaung, Kecamatan Koto baru, Kabupaten Dharmasrya, Sumatera Barat
PENDAHULUAN
Rendahnya kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini sering terjadi dan menjadi topik hangat yang jadi perbincangan setiap tahunya oleh pendidik, orang tua dan masyarakat. Dimana harusnya anak usia dini (4-5 th) sudah mampu mengenal lambang bilangan satu sampai sepuluh. Upaya yang dapat dilakukan untuk mengatasi permasalahan rendahnya kemampuan anak usia dini (4-5th) dalam mengenal lambang bilangan adalah dengan menggunakan permainan mencetak angka dengan roti tawar.
Dimana kemampuan mengenal lambang bilangan menjadi salah satu kemampuan yang sangat penting untuk dimiliki dan kuasai oleh anak. Sebab kemampuan mengenal lambang bilangan merupakan kemampuan dasar dalam bidang matematika yang kelak akan sangat berguna bagi kehidupan sehari-hari anak. Selain itu, kemampuan mengenal lambang bilangan  juga dapat mempengaruhi kesiapan anak untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya. Seperti yang telah diungkapkan oleh World Health Organization dalam penelitian longitudinal bahwa "early mathematics skills strongly predict later mathematics skills" yang artinya kemampuan matematika awal sangat menggambarkan kemampuan matematika dikemudian hari (Gandana et al., 2017).
PEMBAHASAN
SituasiÂ
Kondisi yang menjadi latar belakang masalah
Kurangnya berkembang kemampuan anak dalam memahami konsep bilangan
Dalam bermain angka, anak kurang mendaptkan pembelajran yang kreatif dan menyenangkan.
Media yang digunakan guru masih monoton yaitu lebih banyak menggunkan lembar kerja.
Yang harus dilakukan
Memberi motivasi kepada anak agar anak memiliki pemahaman yang baik terhadap lambang bilangan
Guru bertanggung jawab membimbing agar anak dapat memahami lambang bilangan melalui kegiatan belajar yang bermakna dan menyenangkan.
TantanganÂ
Dalam proses persiapan yaitu pengadaan media pembelajaran yang belum tersedia, media yang digunakan harus menarik,
Dalam proses pelaksanaan yaitu, terjadinya kendala pada saat pemutaran video karena tidak memakai spiker, yang menyebabkan suaranya kecil
Tantangan lainya adalah karena anak anak belum mengerti lambang bilangan, sehingga guru harus menstimulasi aspek kognitif dengan menggunakan media dan ,etode yang sesuai"mencetak angka dengan roti tawar"
Aksi
Guru menayangkan video tentang bilangan
Guru memberikan contoh cara mencetakan angka dari roti tawar
Guru membagikan roti tawar kepada anak, setiap anak diberikan dua roti tawar, kemudia guru meminta anak satu persatu untuk menimbang roti tersebut
Guru membagi anak menjadi dua kelompok, kemudian guru membagikan cetakan angka kepada anak, kemudian guru meminta anak untuk mencetakan angka yang disukai dengan roti tawar yang dibagikan.
Refleksi hasil dan dampak
DampaknyaÂ
Anak lebih semangat dan kreatif
Anak belajar dalam kondisi/suasana yang menyeangankan, sehingga anak mudah memahami lambang bilangan
Hasilnya
Karena anak belajar dalam suasana yang menyenangkan menggunakan benda real dapat dihitung dan nampak bentuk bilangan, anak perlahan -- lahan menunjukan peningkatan pemahaman tentang lambang bilangan dengan benar
KESIMPULAN
Dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa kegiatan pembelajran harus dengan menggunakan metode yang tepat dan lebih bervariatif dengan tetap memperhatikan tujuan pembelajaran, kegiatan pembelajaran harus menggunakan media yang menarik bagi anak, kegiatan belajar harus menggunakan teknologi untuk menunjang proses pembelajaran.
DAFTAR PUSTAKA
Dewi, N. L. P. A., Jampel, I. N., & Tegeh, I. M. (2017). Microsoft Power Point Terhadap
Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak. E-Journal Pendidikan Anak Usia Dini,Universitas Pendidikan Ganesha, 5(1), 33--44. Retrieved from
Gandana, G., Pranata, O. H., & Danti, T. Y. (2017). Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan 1-10 melalui Media Balok Cuisenaire pada Anak Usia 4-5 Tahun di TK At-Toyyibah.
Jurnal Paud Agapedia, 1(1), 92--105. Retrieved from
https://ejournal.upi.edu/index.php/agapedia/article/viewFile/7160/4760
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD/article/view/11070
https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPAUD
Â