Mohon tunggu...
Cetak PromosiIndonesia
Cetak PromosiIndonesia Mohon Tunggu... Lainnya - percetakan

Cetak Promosi.com adalah perusahaan yang bergerak di bidang Percetakan ATK Branding, Produk Event dan Packaging kemasan dengan skala Pabrik Terbesar. Maka dari itu kami menerima pesanan custom design yang bisa di request oleh customer dengan masa pesanan Pre order yang bergantung pada Qty pesanan anda. Kami juga ada di minimal order dan bahan yang berbeda beda Jadi sebelum order mohon konsultasi via chat shopee atau wa untuk harga finalnya

Selanjutnya

Tutup

Entrepreneur

Tips Memilih Souvenir Promosi/Merchandise Event yang Harus Diperhatikan

21 Juni 2024   16:39 Diperbarui: 21 Juni 2024   17:00 293
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Souvenir adalah media promosi untuk memperluas pasar dan meningkatkan penjualan. Tak hanya itu souvenir juga dapat menjadi langkah awal untuk menunjukan kualitas perusahaan atau pelaku bisnis.

Dengan memberikan souvenir kepada klien maka mereka akan merasa diperhatikan, sehingga mereka akan lebih setia kepada perusahaan, dan jika orang tersebut memakai terus menerus souvenir yang telah kamu berikan, secara tak langsung akan selalu teringat dengan brand perusahaan.

pilihlah souvenir yang bermanfaat agar dapat dipakai penerimannya dan sesuaikan dengan konsep perusahaan. Namun memilih souvenir tidak semudah memilih produk di rak toko. Kenali dulu manfaat dan fungsi produk souvenir yang telah disediakan  oleh percetakan souvenir terlengkap cetak promosi indonesia, Seperti : 

1.Tumbler

 Tumbler merupakan salah satu produk souvenir yang banyak manfaatnya, selain itu tumbler juga memiliki beragam jenis dan model, lebih mudah untuk dikreasikan dengan tema desain sehingga menjadi signature yang tak terlupakan dan terlihat elegan dan menarik. Tumbler biasanya sering digunakan pada acara seminar / konferensi, pameran, acara bisnis , hingga acara olahraga. Karena produk yang tahan lama bisa digunakan berulang kali dan dapat menghemat biaya sehingga lebih praktis.

2.E toll (e money flazz brizzi)

  Kartu e toll adalah salah satu produk yang bisa dijadikan pilihan untuk investasi desain jangka panjang, karena dapat digunakan untuk segala jenis transaksi yang dilakukan setiap harinya sehingga pengguna mudah mengingat nama brand dan logo yang terdapat pada desain, tak hanya itu kartu tidak mudah tertukar dengan kartu yang lain, terlihat estetik dan lebih berkualitas. Selain bisa digunakan untuk souvenir, ternyata emoney juga sudah banyak digunakan untuk membuat idcard, agar fungsi id card menjadi lebih multifungsi bukan hanya sebagai tanda pengenal.

3.Id Card dan kartu nama

  Id Card barang yang sangat penting untuk membangun integritas dan kepercayaan terhadap perusahaan, menjadi tanda identitas resmi sebagai pekerja di suatu instansi, dan memudahkan orang untuk mengenali pemakai. Dan bisa menjadi pembeda antara panitia dan tamu di setiap acara. 

id card biasanya menggunakan bahan PVC yang memiliki ketebalan yang berbeda, teknis cetaknya ada 2 jenis. Bisa dengan offset printing, atau teknis uv spot. Bahkan untuk hemat budget bisa memakai bahan Art Carton. 

4.RFID

RFID memiliki peran penting dalam memvalidasi dan memberi wewenang kepada individu dalam mengakses informasi atau tempat tertentu. Dapat mengoptimasi proses bisnis dalam mengumpulkan dan mencatat data. Rfid terdapat 2 jenis yaitu : 

  • RFID Proximity beroperasi pada 125 kHz. Control hanya bisa membaca tidak dapat menghapus data karena security yang rendah, biasanya dipakai untuk kontrol akses pintu dan parkir.

  • RFID Mifare beroperasi pada 13.56 mhz, control yang bisa mengubah hapus data karena memiliki security yang kuat, sehingga sering digunakan untuk akses hotel , gedung,  program loyalitas, dll.

5.Flashdisk / Usb

 Flashdisk merupakan barang yang paling penting dalam dunia pekerjaan, bahkan semua kalangan membutuhkan flashdisk untuk menyimpan data, sehingga flashdisk merupakan souvenir paling mewah, dengan berbagai bentuk dan bahan, di antaranya :

  • USB , biasanya berbentuk kotak standar dengan berbagai tipe, bagian body yang dapat di custom dengan berbagai bahan seperti kayu atau bahan rubber.

  • Flashdisk card, biasanya berbentuk seperti kartu pada umumnya, bagian kartu yang mudah dikreasikan untuk di cetak dengan beragam desain karena permukaan yang datar seperti kartu ID Card.

6.Lanyard

  Lanyard merupakan aksesoris yang tidak bisa dihilangkan , karena untuk menjadi icon atau identitas perusahaan yang mudah dikenali. Bisa menjadi souvenir yang dapat digunakan untuk aksesoris tambahan seperti menggantung hp, bolpoint, id card, dll. Dan juga hemat budget untuk acara Event.

7.Payung

  Payung adalah barang yang bermanfaat, dan memberikan visibilitas tinggi yang sulit dicapai dengan media promosi lainnya, karena logo dapat terlihat jelas saat payung digunakan, biasanya payung lebih cocok menjadi souvenir di acara olahraga, acara sosial, karena lebih mengutamakan fungsi selain itu terlihat lebih berkualitas.

8.Mug

 Mug merupakan souvenir yang mengedepankan fungsi selain daya guna yang tinggi dapat memberikan sentuhan personal, dan lebih mudah untuk diingat oleh penerima, sehingga mug sering digunakan sebagai souvenir untuk acara pernikahan, ulang tahun dan acara kantor lainnya, hingga media kampanye pemilu.

9.Ballpoint

 Ballpoint adalah salah satu produk yang sangat penting untuk membangun citra baik perusahaan karena memberikan kesan elegan dan berkualitas bisa digunakan untuk meeting memberikan sentuhan profesional, sehingga ballpoint sering di gunakan untuk souvenir acara instansi pendidikan, hingga acara bisnis. Selain harga yang murah bisa menunjang keprofesionalan dalam bisnis.

10.Agenda

 Agenda merupakan produk paling penting untuk perusahaan membangun integritas dan sering digunakan untuk keperluan inventaris kantor. Agenda tak hanya bisa di jadikan souvenir dalam acara bisnis namun agenda lebih sering di pakai pada gift eksklusif karena dengan berbagai model dan jenis yang dapat dipilih sesuai dengan budget. Dari bahan art cartoon hingga bahan kulit yang terlihat elegan, biasanya perusahaan menyediakan untuk keperluan management atau karyawan yang memerlukan.

11.Kipas

 Kipas biasanya sering kita temukan dalam acara event pameran, hingga kampanye, selain fungsinya sangat bermanfaat ternyata kipas adalah souvenir yang sangat aesthetic. Selain itu harganya yang murah dapat menghemat budget.

12.Wristband

 Wristband atau sering disebut dengan gelang tiket, wristband memiliki peran penting dalam sebuah konser atau event seminar, karena untuk tiket masuk biasanya penggunaan tiket lebih praktis dengan model gelang tiket, selain tidak mudah hilang atau berpindah tangan, dan juga terlihat lebih keren dapat di simpan untuk menjadi bukti dalam mengikuti sebuah acara, dan tentunya wristband memiliki beragam jenis yang bisa menyesuaikan budget dan level.

13.Gantungan Kunci

 Gantungan Kunci ternyata memiliki manfaat yang tak kalah penting dari souvenir lainnya. Selain bentuknya yang beragam, gantungan kunci memiliki fungsi untuk mencegah terjadinya kehilangan barang kecil, barang kecil jadi lebih mudah untuk ditemukan dan juga menjadi pembeda dengan barang lainnya. Selain itu dapat menjadi souvenir fashion agar terlihat lebih lucu dan unik. Biasanya gantungan kunci sering ditemukan sebagai gift dalam pembelian produk tertentu atau acara seminar karena harganya yang murah.

14.Holder Kulit

 Holder Kulit merupakan aksesoris yang menunjang penampilan agar terlihat lebih keren, dan membentuk citra baik perusahaan dengan menampilkan produk yang berkualitas dalam branding perusahaan. Sehingga holder kulit menjadi souvenir eksklusif pada acara bisnis tertentu.

15.Akrilik

  Akrilik biasanya menjadi pilihan untuk hadiah pada acara wisuda atau acara kantor, selain itu bisa untuk mengabadikan moment untuk dapat dipajang di atas meja agar terlihat lebih aesthetic, tak heran souvenir akrilik dipakai untuk acara wisuda atau hadiah pernikahan.

Produk yang disediakan oleh cetak promosi indonesia tidak hanya berfungsi untuk souvenir saja, tapi penting sebagai identitas dan meningkatkan citra baik perusahaan. 

terdapat teknis cetak untuk berbagai produk souvenir di dukung oleh mesin berstandar internasional tak heran hasilnya lebih optimal dan warna tajam solid. Berikut kami jelaskan untuk jenis cetak di cetak promosi indonesia : 

1.Teknis UV Printing 

  Proses ini menggunakan sinar ultraviolet atau UV dan tinta khusus yang bisa mencetak pada berbagai jenis media bahan mulai dari permukaan yang datar kertas, kayu, akrilik lembaran hingga objek 3D seperti pena, bola, mug, dll.

Selain itu warna yang dihasilkan lebih cerah, efisiensi waktu terjamin bisa lebih cepat dan hasil cetak lebih berkualitas dan mempesona.

2.Teknis Digital Printing

  Proses cetak digital memiliki fleksibilitas cetak dalam jumlah kecil maupun banyak, menghasilkan cetakan dengan resolusi tinggi, dengan detail yang tajam dan warna yang beragam, dengan kecepatan waktu cetak yang cepat karena bisa mencetak langsung dari file digital ke bahan. Bahan yang bisa dicetak meliputi kertas, karton, vinyl, kanvas, kain, substrat sintetis, serta lainnya.

3.Teknis offset printing

  Cetak offset printing berbeda dengan cetak digital yang dapat mengefisiensi waktu, karena proses cetak nya dari gambar terlebih dahulu di tempatkan di media khusus kemudian ditransfer ke plat dan baru di cetak di permukaan akhir, metode cetaknya harus dalam jumlah yang banyak. dengan hasil cetak yang maksimal dan warna yang dihasilkan tajam solid.  

4.Teknis grafir

  Proses ini merupakan teknis yang mengikis permukaan luar untuk membentuk sesuai dengan rancangan tertentu, warna yang dihasilkan berupa warna dasar pada barang tersebut biasanya menghasilkan warna emas,perak atau silver.biasanya digunakan pada produk berbahan keramik,stainless dll.

Pilihlah souvenir sesuai dengan konsep acara perusahaan, sesuaikan dengan warna dan tema desain,pilih sesuai target pasar dan budget yang disediakan oleh perusahaan. Konsultasikan dengan ahlinya dalam memilih bahan dan jenis cetak agar kualitas terjamin, sehingga souvenir dapat menjadi investasi promosi berjalan untuk jangka panjang.

Penjelasan di atas adalah gambaran tentang bagaimana souvenir juga bisa digunakan sebagai ajang promosi bagi perusahaan untuk memperkenalkan produk.

SEMOGA BERMANFAAT.

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
Mohon tunggu...

Lihat Konten Entrepreneur Selengkapnya
Lihat Entrepreneur Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun