Kemasan adalah salah satu senjata promosi dalam dunia bisnis yang sangat mempengaruhi daya tarik pasar. Kemasan bisa juga dikatakan sebagai silent salesman. Karena mempengaruhi konsumen dalam mengambil keputusan pembelian.
Bukan hanya sekedar pelindung material, lebih dari itu dapat menjadi suatu identitas merek yang kuat dan memiliki ciri khas untuk menarik perhatian pasar yang sangat berperan penting untuk media promosi agar mempermudah konsumen untuk mengingat dan mengenal suatu brand usaha. Karena menjadi pembeda dengan yang lain, Sehingga dapat meningkatkan penjualan dan integritas brand.
Ada beberapa aspek yang harus kita perhatikan, diantaranya :Â
1. Memahami Target Pasar
 Target pasar bertujuan untuk memastikan bahwa pemasaran yang dilakukan tepat sasaran. Untuk mempermudah dalam menentukan jenis produk yang akan ditawarkan dan ditujukan ke konsumen sangat Penting dilakukan untuk meningkatkan penjualan sekaligus mengukur tingkat keberhasilannya. Brand bukan hanya mengatur soal label, tapi meliputi reputasi, posisi di pasar, image, dan persepsi konsumen. Sehingga apa yang kita jual sesuai dengan yang dibutuhkan dan memudahkan setiap pelaku pasar menemukan produk yang diperlukan. Sesuaikan konsep dan design yang jelas dan masuk akal dengan apa yang akan disampaikan dalam suatu brand. Sehingga menjadi enterpreneur yang terkenal dengan suatu ciri khasnya.
2. Memilih Bahan Untuk Menyesuaikan Brand
Pilih bahan atau material sesuai dengan konsep produk, strategi pembentukan identitas agar bisnis dapat tampil berbeda, professional, dan menarik di mata konsumen. Elemen-elemen tersebut harus dirancang sedemikian rupa, sehingga mampu mencerminkan karakteristik merek agar mudah diingat oleh konsumen.
Misalkan dalam bisnis fashion dan produk merchandise, tentunya kedua bisnis tersebut jelaslah beda. maka dari itu kamu perlu memahami kemasan seperti apa yang akan dapat menjadi karakteristik suatu brand, dapat menggunakan produk kemasan pada kemasan box atau paper bag sesuaikan dengan nilai dan kualitas dari produk yang akan dijual, sesuaikan dengan budget atau money management, karena dalam memilih material box ada banyak jenisnya seperti :Â
- Bahan Hardboard (Memiliki karakteristik bahan yang mewah sehingga kemasan akan terlihat lebih berkualitas dan memiliki nilai yang tinggi, di dukung dengan design yang elegan, kualitas bahan yang kokoh membuat produk lebih aman).
- Bahan Corrugated (Memiliki karakteristik natural dan lebih kalm membuat kemasan lebih terlihat simple, selain itu bahan ini lebih mengedepankan fungsional untuk keamanan produk, karena memiliki berbagai tingkat ketebalan yang sangat berpengaruh untuk keamanan dengan harga terjangkau hingga semua segmen bisnis dapat menggunakannya) dapat ditambahkan lapisan art paper untuk memakai design full colour yang lebih menarik dan berkesan.
- Bahan Softbox (terdapat 2 jenis bahan ivory dan duplex yang hampir mirip kualitasnya , memiliki karakteristik yang sangat Soft dan cantik lebih mudah untuk dikreasikan dalam berbagai bentuk unik, bahan ini lebih cocok untuk mengedepankan visual dengan kemudahan membentuk, semua segmen sering menggunakan karena harganya terjangkau)
- Bahan Kraft (Memiliki karakteristik natural dan terkenal dengan harganya yang sangat terjangkau, lebih cocok untuk segmen yang sedang memulai bisnisnya) tapi kami mempunyai solusi agar bahan ini terlihat mewah dengan print full printing.
Kamu dapat konsultasikan kebutuhan brand kepada ahlinya, seperti pabrik percetakan yang menyediakan wadah untuk media promosi dan membentuk integritas brand. Dengan pelayanan yang sangat baik perlu diperhatikan untuk mendorong kepuasan dengan apa yang kamu inginkan dalam mewujudkan terciptanya kemasan branding. Cocok jika kamu menghubungi cetak promosi indonesia untuk membantu membangun brand.
3. Investasikan pada desain
 Terdapat beberapa elemen penting yang wajib diperhatikan antara lain Logo yang profesional dan menarik,  nama produk dan slogan unik dan mudah di ingat, warna dan bentuk yang senada, sehingga dapat mendorong kemasan yang digunakan lebih eksklusif . Melalui strategi ini, produk akan punya nilai jual tinggi sehingga konsumen menjadi yakin untuk membelinya. Mempertahankan konsistensi dan selalu lakukan inovasi.
Mengapa Desain itu dikatakan Investasi, karena bersifat jangka panjang yang menjadi inti dari sebuah brand yang akan diingat selalu oleh pelaku pasar, semakin lama brand tersebut ber kiprah di dalam pasar maka akan semakin meningkat nilai integritas dan kualitas sehingga pelaku pasar lebih mudah mencari dan menemukan suatu brand, dan pelaku bisnis lebih mudah dalam meningkatkan omset, contohnya brand Chanel yang telah berkiprah dari tahun 1910 lebih dari 1 abad.dan selalu melakukan inovasi dengan trend yang ada. sehingga pelaku pasar tidak bosan dan akhirnya Dunia mengenalnya.
Jika merasa kesulitan dalam memilih desain, jangan ragu untuk mencari bantuan dari desainer grafis atau ahli branding. Pendapat mereka dapat memberikan wawasan berharga. Anda bisa berkonsultasi di jasa cetak promosi indonesia, karena selain bisa produksi media branding tapi memiliki tim desain yang profesional, telah berkiprah lebih dari 6 Tahun di bidangnya. yang sudah di percaya oleh berbagai perusahaan dan Organisasi besar.
Kesimpulan
Dapat disimpulkan bahwa kemasan bukan hanya sekedar material pelindung produk, lebih dari itu dapat menjadi identitas penting bagi brand agar dikenal oleh konsumen. Dengan 3 aspek yang wajib dipelajari demi terciptanya suatu brand yang berintegritas tinggi. Seperti brand Chanel yang telah berkiprah dari tahun 1910 lebih dari 1 abad.dan selalu melakukan inovasi dengan trend yang ada.Â
tidak mungkin bisa terkenal seperti sekarang jika kemasannya biasa-biasa saja. Tidak hanya itu saja, melalui desain packaging yang menarik juga menjadi brand personality untuk terhubung dengan konsumen. Melalui desain kemasan akan membuat konsumen lebih sadar bahwa produk Anda tersebut memang diperuntukkan dan sesuai untuk mereka.
Ingin Kemasan Brand terlihat menarik, bingung memulainya dari mana? bisa mulai hubungi cetak promosi indonesia.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H