Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

10 Pembalap yang Jadi Sorotan di Grand Prix Indonesia Mandalika 2024

28 September 2024   07:45 Diperbarui: 28 September 2024   08:21 169
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Jorge Martin di sesi latihan MotoGP Mandalika 2024/foto: MotoGP.com

Puluhan juta penggemar motorsport seantero dunia pada akhir pekan ini mengalihkan perhatian ke Indonesia yang menggelar balapan bergengsi MotoGP, Moto2, dan Moto3, di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat.

Puluhan pembalap elit dunia siap adu kecepatan pada Grand Prix Indonesia di Pertamina Mandalika International Street Circuit yang memiliki 17 tikungan. 

Beberapa pembalap sedang bersaing sengit memperebutkan gelar juara dunia 2024.

Siapa saja 10 Pembalap yang jadi sorotan utama di Grand Prix Indonesia Mandalika 2024, berikut ulasannya.

1. Marc Marquez, 

Marc Marquez sudah mengoleksi 2885 poin di ajang MotoGP, menang 61 race  dari 107 kali naik podium. Namun pembalap Spanyol yang kini berusia 31 tahun tersebut belum pernah meraih poin di GP Mandalika.

Marc Marquez belum pernah finis di Sirkuit Mandalika/foto: MotoGP.com
Marc Marquez belum pernah finis di Sirkuit Mandalika/foto: MotoGP.com

Marc Marquez mengalami kecelakaan parah pada sesi latihan di GP Mandalika 2022, sehingga tidak bisa mengikuti race. Dia juga terjatuh dalam sesi sprint dan race di GP Mandalika 2023.

Sepanjang 2024 performa Marquez melejit dari tahun-tahun sebelumnya. Marc Marquez selalu naik podium dalam tiga race sebelum Grand Prix Indonesia.

Penggemar di seluruh dunia tentunya berharap Marc Marquez bisa mendapatkan hasil baik di Mandalika tahun ini. 

Marc Marquez pada sesi latihan pertama di Mandalika kemarin, membuat waktu 01:29.885, yang tercepat ketujuh dari semua pembalap. 

2. Francesco Bagnaia

Pecco Bagnaia bakal berupaya sebaik-baiknya mempertahankan gelar juara dalam race di Grand Prix Indonesia Mandalika, karena sedang bersaing meraih gelar juara MotoGP 2024.

Bagnaia saat ini tempati ranking kedua di klasemen MotoGP dengan perolehan 317, selisih 24 poin dari Jorge Martin yang berada di posisi pertama.

Pecco Bagnaia di sesi latihan MotoGP Mandalika 2024/foto: MotoGP.com
Pecco Bagnaia di sesi latihan MotoGP Mandalika 2024/foto: MotoGP.com
Namun Pecco Bagnaia dua kali gagal finis dalam tiga race terakhir yang membuatnya harus kembali bangkit meraih banyak poin di GP Mandalika agar tidak kehilangan peluang menjadi juara dunia.

Bagnaia tampil cukup apik dalam sesi latihan pertama, tercepat keempat di antara pembalap lainnya dengan membuat waktu 1:29.712.

3. Jorge Martin

Jorge Martin saat ini berada di posisi terdepan dalam persaingan menjadi juara dunia MotoGP, berkat keberhasilannya 22 kali naik podium sprint dan race di 14 Grand Prix musim ini.

Usaha untuk finis pertama kali dalam race penuh di Mandalika menjadi target utama buat Jorge Martin, karena dia gagal menyelesaikan lomba penuh di tahun 2022 dan 2023. 

Jorge Martin di sesi latihan MotoGP Mandalika 2024/foto: MotoGP.com
Jorge Martin di sesi latihan MotoGP Mandalika 2024/foto: MotoGP.com
Jorge Martin hanya berhasil menjadi pemenang dalam sesi sprint Mandalika di tahun 2023.

Kemarin Martin membuat waktu secepat 1:29.670 pada latihan pertama yang menempatkannya di posisi kedua pembalap terkencang.

4. Enea Bastianini

Bastianini membuat rekor lap baru 1:29.630 pada latihan pertama kemarin.

Performa Enea Bastianini sedang bagus dalam dua race sebelumnya. Naik podium di GP San Marino, serta juara di GP Emelia Romagna. 

Enea Bastianini/foto: MotoGP.com
Enea Bastianini/foto: MotoGP.com
Hasil dalam dua race terakhir membuat Bastianini salah satu pembalap favorit juara GP Mandalika pada akhir pekan ini. 

5. Fabio Quartararo

Performa Quartararo sangat buruk sepanjang musim ini, tak pernah menaiki podium.

Namun Quartararo punya kans untuk kembali naik podium di Mandalika, setelah membuat waktu 1:29.844 dalam latihan pertama kemarin yang menempatkannya pada posisi keenam pembalap tercepat.

Fabio Quartararo/foto: MotoGP.com
Fabio Quartararo/foto: MotoGP.com
Fabio Quartararo satu-satunya pembalap MotoGP yang dua kali naik podium di Sirkuit Mandalika. Quartararo finis kedua dalam race GP Mandalika tahun 2022, dan finis ketiga di race 2023.

6. Aron Canet 

Aron Canet sedang berupaya membuat rekor sebagai pembalap Moto2 pertama yang tiga kali naik podium di Grand Prix Indonesia. 

Canet finis ketiga di race GP Mandalika 2022, kemudian finis kedua pada balapan setahun lalu.

Aron Canet/foto: MotoGP.com
Aron Canet/foto: MotoGP.com
Setelah terpuruk hingga pertengahan tahun, Aron Canet perlahan mulai bangkit kembali dengan tiga kali naik podium dalam empat race terakhir.

Tanda-tanda Aron Canet bakal bersinar di GP Mandalika 2024 sudah terlihat saat membuat waktu tercepat kedua di latihan pertama Moto2, secepat 1:33.747 dalam satu putaran lap.

7. Ai Ogura 

Ai Ogura yang saat ini memimpin klasemen Moto2 dengan 188 poin, menjadi pembalap tercepat di latihan pertama dengan waktu 01:33.690.

Ai Ogura/foto: MotoGP.com
Ai Ogura/foto: MotoGP.com
Pembalap Jepang asal Tokyo berusia 23 tahun tersebut berpeluang besar naik podium pertama kalinya di Mandalika. 

8. Mario Aji 

Pembalap kebanggan Indonesia, Mario Aji, sudah mengoleksi 3 poin dalam 13 race Moto2 musim ini.

Pembalap asal Madiun berusia 20 tahun tersebut berupaya meraih poin untuk kedua kalinya di Mandalika, mengulangi momen manis pada tahun 2022 saat masih membalap di Moto3.

Mario Aji pada sesi latihan Moto2 GP Mandalika 2024/foto: MotoGP.com
Mario Aji pada sesi latihan Moto2 GP Mandalika 2024/foto: MotoGP.com
Mario Aji membuat waktu 1:35.079 pada sesi latihan pertama kemarin. 

Aji sedikit lebih lambat dari Celestino Vietti yang juara di GP Emelia Romagna seminggu lalu. Vietti membuat waktu lap 1:34.944.

9. David Alonso 

David Alonso hanya butuh dua kemenangan saja untuk mengamankan titel juara dunia Moto3 tahun 2024.

David Alonso/foto: MotoGP.com
David Alonso/foto: MotoGP.com
Setahun lalu David Alonso finis kedua pada race GP Mandalika. Namun catatan waktunya saat latihan pertama kemarin masih jelek. Hanya 1:38.872 yang membuatnya di posisi 13.

Berbanding jauh dari Collin Veijer yang pada sesi latihan pertama kemarin, membuat rekor lap Moto3 dengan waktu 1:37.942.

10. Fadillah Arbi Aditama 

Mendapatkan wildcard di Grand Prix Mandalika harus dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh pembalap Moto3 Indonesia, Fadillah Ardi Aditama, untuk membuat prestasi terbaik.

Fadillah yang sudah dua kali mencicipi race Moto3 di GP Catalunya dan Aragon beberapa bulan lalu, kemarin membuat waktu 1:40.308 pada sesi latihan pertama.

Fadillah Arbi Aditama di sesi latihan Moto3 GP Mandalika/foto: MotoGP.com
Fadillah Arbi Aditama di sesi latihan Moto3 GP Mandalika/foto: MotoGP.com
Sabtu hari ini dan besok minggu padat dengan jadwal kegiatan Grand Prix Indonesia di Sirkuit Mandalika. Berikut rundown-nya,

Sesi Hari Sabtu, 28 September

  • Moto3 Practice 2 (08:40-09:10 WITA)
  • Moto2 Practice 2 (09:25-09:55 WITA)
  • MotoGP Free Practice 2 (10:10-10:40 WITA)
  • MotoGP Qualifying 1 (10:50-11:05 WITA)
  • MotoGP Qualifying 2 (11:15-11:30 WITA)
  • Moto3 Qualifying 1 (12:50-13:05 WITA)
  • Moto3 Qualifying 2 (13:15-13:30 WITA)
  • Moto2 Qualifying 1 (13:45-14:00 WITA)
  • Moto2 Qualifying 2 (14:10-14:25 WITA)
  • MotoGP Sprint Race 13 Lap (15:00-16:00 WITA)

Sesi Hari Minggu, 29 September

  • MotoGP Warm Up (10:40-10:50 WITA)
  • MotoGP Rider Fan Parade (11:00-11:35 WITA)
  • Moto3 Race 20 Lap (start 12:00 WITA)
  • Moto2 Race 22 Lap (start 13:15 WITA)
  • MotoGP Race 27 Lap (start 15:00 WITA)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Balap Selengkapnya
Lihat Balap Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun