Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Novak Djokovic Tersingkir Susul Alcaraz, 16 Besar Tunggal Putra US Open 2024 Tanpa Peraih Medali Olimpiade

31 Agustus 2024   12:35 Diperbarui: 31 Agustus 2024   14:11 273
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Novak Djokovic tersingkir cepat dari US Open 2024/foto: USOPEN.ORG - Simon Bruty

Anomali terjadi di sektor tunggal putra Grand Slam US Open 2024. Dua pemain juara di US Open 2022 dan 2023 tersingkir cepat pada babak awal.

Juara bertahan Novak Djokovic tersisih di babak ketiga, menyusul Carlos Alcaraz yang sehari sebelumnya tumbang di babak kedua.

Djokovic yang di awal bulan ini meraih medali emas Olimpiade Paris, tak terduga kalah melawan Alexei Popyrin yang sebelumnya tak pernah melewati babak ketiga Grand Slam.

Popyrin sudah tiga kali kalah saat berhadapan dengan Djokovic. Dua kali kalah tahun ini di ajang Grand Slam Australian Open dan Wimbledon. Pertemuan pertama di Japan Open 2019.

Alexei Popyrin tampil luar biasa menghadap Djokovic/foto: USOPEN.ORG - Simon Bruty
Alexei Popyrin tampil luar biasa menghadap Djokovic/foto: USOPEN.ORG - Simon Bruty
Alexei Popyrin yang tiga pekan lalu merebut gelar juara turnamen bergengsi ATP 1000 di Montreal, Kanada, tampil penuh percaya diri menghadapi Djokovic.

50 winners dibuat Popyrin sepanjang pertandingan, menandingi 40 winners dari Djokovic. Pada set pertama, masing-masing meraih skor saat memegang servis hingga game 8. 

Popyrin sukses mematahkan servis di game 9 dengan dua kali membuat forehand winner. 

Set pertama dimenangkan Popyrin dengan skor 6-4 tanpa memberikan poin kepada Djokovic di game 10.

Selebrasi kemenangan Alexei Popyrin/foto: USOPEN.ORG - Simon Bruty
Selebrasi kemenangan Alexei Popyrin/foto: USOPEN.ORG - Simon Bruty
Alexei Popyrin juga sukses menang di set kedua dengan skor 6-4, setelah mematahkan serve Djokovic pada game kelima.

Novak Djokovic kemudian bangkit di set ketiga, berhasil menang break point sebanyak tiga kali, sehingga menang 6-2.

Memasuki set keempat, Popyrin berada di atas angin setelah merebut tiga poin beruntun pada game 5 hingga 7, sehingga unggul 5-2.

Namun Djokovic bisa memperkecil ketertinggalan jadi 5-4 usai membuat break point di game 8. 

Pada game 10, Popyrin tidak membuang-buang kesempatan menang lagi. Popyrin dengan pukulan kencangnya menutup game 10 tanpa memberikan poin kepada Djokovic. 

video highlight Alexei Popyrin versus Novak Djokovic di US Open 2024/sumber: US Open Tennis 

Alexei Popyrin membuat sejarah besar dalam kariernya untuk pertama kali menembus babak 16 besar turnamen Grand Slam.

Calon lawan yang akan dihadapi Alexei Popyrin di babak 16 besar adalah Francis Tiafoe.

Tiafoe memenangkan pertandingan maraton lima set selama 4 jam lebih melawan sahabatnya Ben Shelton.

Tiafoe dan Shelton berbincang seusai bertanding/foto: USOPEN.ORG - Andrew Ong 
Tiafoe dan Shelton berbincang seusai bertanding/foto: USOPEN.ORG - Andrew Ong 
Shelton merebut set pertama dengan skor 6-4, dibalas oleh Tiafoe dengan kemenangan 7-5 di set kedua. Pada set ketiga terjadi tie break yang dimenangkan Ben Shelton dengan poin 7-5.

Francis Tiafoe/foto: USOPEN.ORG - Andrew Ong
Francis Tiafoe/foto: USOPEN.ORG - Andrew Ong
Francis Tiafoe yang minim membuat error, tampil lebih solid dibandingkan Shelton pada dua set berikutnya. Sehingga Tiafoe unggul 6-4 dan 6-3, sekaligus memastikan lolos ke babak 16 besar.

video highlight Francis Tiafoe kontra Ben Shelton di US Open 2024/sumber: US Open Tennis 

Babak 16 Besar US Open 2024 tanpa peraih medali Olimpiade Paris, karena Lorenzo Musetti juga kalah di babak ketiga. 

Djokovic, Alcaraz, dan Musetti adalah penerima medali tenis tunggal putra di Olimpiade Paris 2024.

Situasi yang berbanding kontras dengan sektor tunggal putri. Semua peraih medali tunggal putri di Olimpiade Paris, Zheng Qinwen, Donna Vekic, dan Iga Swiatek, mulus masuk babak 16 besar US Open.

Lorenzo Musetti/foto: USOPEN.ORG - Simon Bruty
Lorenzo Musetti/foto: USOPEN.ORG - Simon Bruty
Lorenzo Musetti di babak ketiga US Open kalah dalam duel empat set, 2-6, 6-3, 3-6, 6-7 (4-7), melawan Brandon Nakashima.

Brandon Nakashima/foto: USOPEN.ORG - Simon Bruty
Brandon Nakashima/foto: USOPEN.ORG - Simon Bruty
Petenis remaja China berusia 19 tahun, Shang Juncheng, menyerah dalam pertandingan maraton lima set menghadapi finalis US Open 2022, Casper Ruud.

Shang Juncheng tampil apik di dua set awal, menang 7-6 (7-1) dan 6-3.

Shang Juncheng/foto: USOPEN.ORG - Simon Bruty
Shang Juncheng/foto: USOPEN.ORG - Simon Bruty
Pengalaman serta stamina yang kuat membuat Casper Ruud bisa berbalik unggul di tiga set berikutnya dengan hanya memberikan empat poin kepada Juncheng, 6-0, 6-3, 6-1.

Casper Ruud/foto: USOPEN.ORG - Simon Bruty
Casper Ruud/foto: USOPEN.ORG - Simon Bruty
Hasil Babak Ketiga Tunggal Putra US Open 2024

  • Casper Ruud, 6-7 (1-7), 3-6, 6-0, 6-3, 6-1, Shang Juncheng 
  • Taylor Fritz, 6-3, 6-4, 6-2, Francisco Comesana 
  • Brandon Nakashima, 6-2, 3-6, 6-3, 7-6 (7-4), Lorenzo Musetti
  • Alexander Zverev 5-7, 7-5, 6-1, 6-3, Toms Martn Etcheverry 
  • Andrey Rublev, 6-3, 7-5, 6-4, Jiri Lehecka
  • Grigor Dimitrov, 6-3, 6-3, 6-1, Tallon Griekspoor 
  • Frances Tiafoe, 4-6, 7-5, 6-7 (5-7), 6-4, 6-3, Ben Shelton
  • Alexei Popyrin, 6-4, 6-4, 2-6, 6-4, Novak Djokovic

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun