Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Zheng Qinwen vs Donna Vekic di 16 Besar US Open, Duel Ulangan Final Tenis Tunggal Putri Olimpiade Paris

31 Agustus 2024   04:38 Diperbarui: 31 Agustus 2024   13:04 168
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Wang Yafan/foto: USOPEN.ORG - Pete Staples 

Tiga minggu yang lalu Zheng Qinwen sukses meraih medali emas tenis tunggal putri Olimpiade Paris seusai di final mengalahkan Donna Vekic. 

Braket undian membuat duel Qinwen versus Vekic terulang kembali di babak 16 besar US Open 2024.

Zheng Qinwen tampil gemilang di babak ketiga, membuat 7 aces dan total 17 winners, serta 5 kali mematahkan serve Jule Niemeier, sehingga Qinwen menang telak 6-2, 6-1.

Zheng Qinwen/foto: USOPEN.ORG - Pete Staples 
Zheng Qinwen/foto: USOPEN.ORG - Pete Staples 
Sedangkan Donna Vekic membuat 8 aces dan total 21 winners, serta 4 kali menang break point untuk mengatasi perlawanan sengit pemain tuan rumah Peyton Stearns dengan skor, 7-5, 6-4.

Donna Vekic/foto: USOPEN.ORG - Dustin Satloff
Donna Vekic/foto: USOPEN.ORG - Dustin Satloff
Juara bertahan Coco Gauff lolos ke babak 16 besar usai susah payah melawan Elina Svitolina.

Set pertama dimenangkan Svitolina dengan skor 6-3 usai mematahkan serve Gauff di game kedelapan. Coco Gauff gantian menang 6-3 di set kedua setelah memenangkan break point pada game keenam.

Tiga kali Coco Gauff mematahkan serve Elina Svitolina di set ketiga, sehingga kemenangan 6-3 diraih Gauff. 

Coco Gauff/foto: USOPEN.ORG - Pete Staples 
Coco Gauff/foto: USOPEN.ORG - Pete Staples 
Coco Gauff pada babak 16 bertemu rekan kompatriotnya Emma Navarro. Rekor pertemuan keduanya seimbang 1-1.

Navarro mengalahkan Coco di pertemuan terakhir sebulan yang lalu pada babak 16 besar Wimbledon. Sedangkan Coco Gauff memenangkan pertemuan pertama di semifinal turnamen Auckland Open tujuh bulan silam.

Emma Navarro/foto: USOPEN.ORG - Andrew Ong
Emma Navarro/foto: USOPEN.ORG - Andrew Ong
Emma Navarro untuk pertama kalinya lolos ke babak 16 besar US Open usai menang rubber set, 6-4, 4-6, 6-3, melawan Marta Kostyuk.

video highlight Navarro versus Kostyuk di US Open 2024/sumber: US Open Tennis 

Paula Badosa lolos ke babak 16 besar setelah selamat dari situasi genting, berhasil sekali save match point dari Elena-Gabriela Ruse.

Set pertama direbut Ruse dengan keunggulan 6-4 usai tiga kali melakukan break point. Paula Badosa tampil digdaya pada set kedua, hanya sekali kehilangan skor pada game kedua, sehingga menang telak 6-1.

Paula Badosa/foto: USOPEN.ORG - Andrew Ong 
Paula Badosa/foto: USOPEN.ORG - Andrew Ong 
Set ketiga berlangsung sengit, kedua pemain bergantian meraih angka hingga posisi 6-6. Ruse sempat sekali match point pada game 10, tapi Badosa bisa berbalik merebut skor. 

Badosa unggul cepat 4-0 pada tie break, namun Ruse bisa memperkecil ketertinggalan skor hingga 9-8. Kemudian Ruse melakukan unforced error yang membuat Paula Badosa menang tie break.

video highlight Paula Badosa versus Elena-Gabriela Ruse di US Open 2024/sumber: US Open Tennis 

Lawan yang akan dihadapi Paula Badosa di babak 16 besar adalah Wang Yafan yang secara mengejutkan mengalahkan Victoria Azarenka.

Yafan yang sebelumnya belum pernah menembus 16 besar turnamen Grand Slam, merebut set pertama dari Azarenka dengan skor 6-4 setelah sempat tertinggal 1-3.

Victoria Azarenka yang pernah tiga kali masuk final US Open, merebut set kedua dengan skor 6-3.

Memasuki set ketiga, stamina Azarenka yang sudah 35 tahun terkuras habis. Wang Yafan memanfaatkan kondisi tersebut, dan menang telak 6-1.

Wang Yafan berpotensi lolos ke perempat final walau secara peringkat jauh di bawah Badosa. 

Wang Yafan/foto: USOPEN.ORG - Pete Staples 
Wang Yafan/foto: USOPEN.ORG - Pete Staples 
Keduanya pernah sekali bertemu di perempat final turnamen Korea Open pada bulan September 2019. Saat itu Wang Yafan unggul telak 6-1, 6-3, atas Paula Badosa.

Elise Mertens melaju ke babak 16 besar US Open 2024 setelah melalui pertandingan berat melawan wakil tuan rumah, Madison Keys.

Elise Mertens/foto: USOPEN.ORG - Dustin Satloff 
Elise Mertens/foto: USOPEN.ORG - Dustin Satloff 
Set pertama berlangsung seru kejar-kejaran angka. Masing-masing pemain saling balas melakukan tiga kali break point. 

Madison Keys memenangkan tie break di set pertama dengan skor 7-5. Uniknya, masing-masing pemain melakukan double fault pada dua poin terakhir.

Pada set kedua, Mertens dan Keys saling bergantian meraih poin saat memegang servis hingga game kesepuluh. 

Momentum kemenangan di set kedua jadi milik Elise Mertens setelah mematahkan serve Keys di game 11. 

Empat unforced errors beruntun yang dibuat Madison Keys di game 12 membuat Mertens memastikan menang 7-5 pada set kedua.

Pada awal set ketiga situasi tetap berimbang. Kedua petenis saling meraih poin saat memegang servis hingga game keenam. 

Kemudian masalah menimpa kaki Madison Keys sehingga beberapa menit mendapatkan perawatan medis. Kondisi kaki yang tidak prima membuat performa Keys kedodoran. 

Sedangkan Elise Mertens tampil semakin trengginas dengan pukulan kencang yang akurat. Set ketiga akhirnya dimenangkan oleh Mertens dengan skor 6-4 yang membawanya lolos ke 16 besar US Open.

Hasil Babak Ketiga Tunggal Putri US Open 2024

  • Paula Badosa, 4-6, 6-1, 7-6 (10-8), Elena-Gabriela Ruse 
  • Wang Yafan,6-4, 3-6, 6-1, Victoria Azarenka
  • Emma Navarro, 6-4, 4-6, 6-3, Marta Kostyuk 
  • Coco Gauff, 3-6, 6-3, 6-3, Elina Svitolina 
  • Zheng Qinwen, 6-2, 6-1, Jule Niemeier

video highlight Qinwen versus Niemeier di US Open 2024/sumber: US Open Tennis 

  • Donna Vekic, 7-5, 6-4, Peyton Stearns
  • Elise Mertens, 6-7 (5-7), 7-5, 6-4, Madison Keys
  • Aryna Sabalenka, 2-6, 6-1, 6-2, Ekaterina Alexandrova

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun