Jadwal pertandingan Olimpiade Paris tanggal 25 Juli 2024 disemarakkan oleh pemanah Indonesia dan pemain sepak bola wanita yang memulai kiprah.
Tiga pemanah putri Indonesia, Diananda Choirunisa, Rezza Octavia, dan Syifa Nur Afifah Kamal, dijadwalkan tampil mengikuti seleksi penentuan ranking pada pagi hari waktu setempat.Â
Setiap pemanah diberikan kesempatan melepaskan 72 anak panah dari jarak 70 meter.Â
Jika bidikan panah sukses menancap ke area paling tengah (bulls eye), pemanah mendapatkan skor 10.
Hasil keseluruhan 72 bidikan anak panah dihitung total skornya. Pemanah yang mendapat poin tertinggi menjadi unggulan 1 di fase knock-out nomor individual.
Jumlah keseluruhan skor tiga pemanah putri Indonesia akan dihitung untuk menentukan posisi unggulan berapa di nomor beregu.Â
Ada 12 negara termasuk Indonesia yang mengikuti kompetisi panahan beregu putri di Olimpiade Paris 2024.Â
Empat peserta beregu yang meraih poin tertinggi di seleksi peringkat, langsung lolos ke babak perempat final. Delapan negara sisanya bertanding di fase play-off berjuang menuju perempat final.
Pada sore hari waktu setempat, giliran pemanah putra Indonesia, Arif Dwi Pangestu yang akan tampil di babak seleksi peringkat.
Akan dihitung hasil poin dari Arif Dwi Pangestu, dan poin pemanah putri Indonesia yang mendapat skor tertinggi di babak seleksi peringkat. (lanjut baca ke halaman 2)
27 negara termasuk Indonesia mengikuti seleksi pemeringkatan tim campuran putra-putri. Namun hanya 12 tim dengan skor terbanyak yang berhak lolos ke fase knock-out.
Karena itu trio pemanah putri Indonesia beserta Arif Dwi Pangestu harus berusaha mendapatkan skor setinggi-tingginya agar bisa tampil di pertandingan babak knock-out tim campuran.
Jadwal Pertandingan Panahan (Archery) Olimpiade, 25 Juli 2024
- Seleksi ranking individual putri (14:30 WIB)
- Seleksi ranking beregu putri (17:30 WIB)
- Seleksi ranking individual putra (19:15 WIB)
- Seleksi ranking beregu putra (22:15 WIB)
- Seleksi ranking tim campuran (22:15 WIB)
12 tim sepak bola wanita yang berpartisipasi di Olimpiade Paris, semuanya jebolan Piala Dunia 2023.
Tim bola wanita Spanyol yang sukses juara dunia setahun lalu menjadi sorotan utama di Olimpiade Paris 2024.Â
Spanyol datang ke olimpiade membawa pemain-pemain bintang top seperti Aitana Bonmati, Alexia Putellas, dan Jennifer Hermoso.
Regu putri Spanyol langsung berhadapan dengan lawan berat, Jepang, di pertandingan pertama Olimpiade 2024.
Jepang di babak grup Piala Dunia 2023 tampil perkasa menang 4-0 atas Spanyol. Namun Jepang tersingkir di perempat final, kalah melawan Swedia.
Hinata Miyazawa, top skorer Piala Dunia Wanita 2023, turut masuk skuad Jepang di Olimpiade Paris.
Jadwal Pertandingan Sepak Bola Putri (Women's Football) Olimpiade, 25 Juli 2024
- 17:00 waktu Paris (22:00 WIB)
- Kanada vs. Selandia Baru (grup A)
- Spanyol vs. Jepang (grup C)
- 19:00 waktu Paris (24:00 WIB)
- Jerman vs. Australia (grup B)
- Nigeria vs. Brasil ( grup C)
- 21:00 waktu Paris (02:00 WIB, 26/7)
- Prancis vs Kolombia (grup A)
- USA vs. Zambia (grup B)
Bola tangan (handball) menggelar 16 hari pertandingan di Olimpiade 2024. Sebelum upacara pembukaan hingga hari penutupan.
12 tim bola tangan wanita yang berasal dari dua grup di Olimpiade Paris, memulai kiprah pada 25 Juli. (lanjut baca ke halaman 3)
Tim tuan rumah Prancis yang berstatus sebagai juara bertahan, dijadwalkan bertanding melawan regu Hongaria.
Big match terjadi pada duel Norwegia versus Swedia. Di Olimpiade Tokyo tahun 2021 lalu, Norwegia mengalahkan Swedia dalam pertandingan perebutan medali perunggu handball wanita.
Sementara itu rugby sevens akan menggelar pertandingan terakhir grup tim putra. Juga menggelar pertandingan perempat final dan play-off penentuan ranking 9 hingga 12.
Jadwal Pertandingan Bola Tangan Putri (Women's Handball) Olimpiade, 25 Juli 2024
- Slovenia vs. Denmark (grup A, 14:00 WIB)
- Belanda vs. Angola (grup B, 16:00 WIB)
- Spanyol vs. Brasil (grup B, 19:00 WIB)
- Jerman vs. Korea Selatan (grup A, 21:00 WIB)
- Hongaria vs. Prancis (grup B, 24:00 WIB)
- Norwegia vs. Swedia (grup A, 02:00 WIB - 26/7)
Jadwal Pertandingan Rugby Sevens Putra (Men's 7s) Olimpiade, 25 Juli 2024
- Samoa vs. Kenya (grup B; 19:00 WIB)
- Argentina vs. Australia (grup B; 19:30 WIB)
- USA vs. Uruguay (grup C; 20:00 WIB)
- Fiji vs. Prancis (grup C; 20:30 WIB)
- Afrika Selatan vs. Jepang (grup A; 21;00 WIB)
- Selandia Baru vs. Irlandia (grup A; 21:30 WIB)
- 2 pertandingan play-off ranking 9 s/d 12 (01:00 & 01:30 WIB -26/7)
- 4 pertandingan perempat final (02:00, 02:30, 03:00, 03:30 WIB- 26/7)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H