Prestasi Malaysia menurun di Olimpiade Tokyo 2020. Hanya menggaet satu perak lewat Azizulhasni Awang, dan satu perunggu dari Aaron Chia/Soh Wooi Yik (badminton ganda putra).
Malaysia yang masih penasaran mendapatkan emas olimpiade, mengirimkan 26 atlet dari 11 cabang olahraga di Paris 2024.
Badminton dan balap sepeda masih jadi harapan utama Malaysia buat meraih medali emas olimpiade pertama di Paris.
Azizulhasni Awang kandidat terdepan untuk meraih medali emas olimpiade pertama buat Malaysia. Berbekal pengalaman matang pernah meraih perak dan perunggu di olimpiade sebelumnya.
Lee Zii Jia andalan utama Malaysia untuk meraih emas badminton di Olimpiade Paris.
Performa Lee Zii Jia sedang bagus dalam beberapa bulan terakhir. Baru saja meraih gelar juara di Australian Open dan Thailand Open, serta runner up Malaysia Masters.
Apakah Malaysia akan berhasil menuntaskan rasa penasaran meraih medali emas olimpiade yang pertama pada tahun ini? Kita lihat saja hasilnya nanti di sepanjang Olimpiade Paris 2024.
Daftar lengkap atlet Malaysia di Olimpiade Paris 2024
- Angkat Besi: Aniq Kasdan (kelas -61 kg putra)
- Atletik: Muhammad Azeem Fahmi (lari 100 meter putra)
- Badminton: Lee Zii Jia (tunggal putra); Goh Jin Wei (tunggal putri); Aaron Chia/Soh Wooi Yik (ganda putra); Pearly Tan/Thinaah Muralitharan (ganda putri); Chen Tang Jie/Toh Ee Wei (ganda campuran)
- Balap Sepeda: Azizulhasni Awang (trek sprint & keirin putra); Muhammad Shah Firdaus Sahrom (trek sprint & keirin putra); Nurul Izzah Izzati (trek sprint & keirin putri); Nurul Aisyah Zubir (road race putri)
- Loncat Indah: Bertrand Rhodict Lises (10 meter platform putra); Nur Dhabitah Sabri (3 meter springboard putri)
- Golf: Gavin Green (individual putra); Ashley Lau Jen Wen (individual putri)
- Layar: Khairulnizam Mohd Afendy (ILCA 7 putra); Nur Shazrin Mohamad Latif (ILCA 6 putri)
- Menembak; Johnathan Wong (10m Air Pistol putra)
- Panahan Individual dan Tim Putri: Ariana Zairi;Â Nurul Fazil;Â Syaqiera Mashayikh
- Renang: Khiew Hoe Yean (400m gaya bebas putra); Tan Rouxin (100m gaya dada putri)
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H