Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Bytedance Sport Contributor

Olynpics Paris and Grand Slam US Open 2024 will be my last article series. Ready to finish in a month.

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Malaysia yang Penasaran Meraih Emas Olimpiade, Mentok Terus di Medali Perak

23 Juli 2024   13:40 Diperbarui: 23 Juli 2024   13:41 193
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Aaron Chia dan Soh Wooi Yik /foto: BAM Malaysia 

Lebih dari 120 negara berhasil meraih medali emas olimpiade, sejak olimpiade edisi pertama di Yunani tahun 1896 hingga edisi terakhir di Tokyo.


Amerika Serikat pengoleksi emas olimpiade terbanyak, sejumlah 1175 medali emas. Sedangkan Indonesia sudah mengoleksi delapan medali emas olimpiade.

Sementara itu ada lebih dari 80 negara masih berjuang merebut medali olimpiade pertama.

Brunei, Kamboja, Laos, Myanmar, dan Timor Leste, negara dari kawasan Asia Tenggara yang belum pernah mendapatkan medali olimpiade.

39 negara lebih beruntung pernah meraih medali perak dan perunggu olimpiade, tapi masih berupaya meraih emas pertama di Olimpiade Paris 2024.

Malaysia negara yang paling banyak meraih perak olimpiade, tapi belum bisa mendapatkan emas.

Malaysia yang pertama kali mengikuti olimpiade tahun 1956 di Melbourne, hingga saat ini telah mengoleksi 8 medali perak dan 5 perunggu.

Momen yang paling menyesakkan pendukung Malaysia terjadi saat Olimpiade Rio De Janeiro 2016. Ketika itu tiga wakil Malaysia kalah dalam pertandingan final bulu tangkis.

Lee Chong Wei/foto: BAM Malaysia 
Lee Chong Wei/foto: BAM Malaysia 

Malaysia di Olimpiade 2016 mendapatkan 4 medali perak melalui 

  • Lee Chong Wei (badminton tunggal putra)
  • Goh V Shem/Tan Wee Kiong (badminton ganda putra)
  • Chan Peng Soon/Goh Liu Ying (badminton ganda campuran)
  • Pandelela Rinong/Cheong Jun Hoong (loncat indah sinkronisasi). 

Tambahan  satu perunggu buat Malaysia di Olimpiade 2016 melalui Azizulhasni Awang (balap sepeda trek Keirin) -lanjut baca ke halaman 2

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun