Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol nonton surfing, sport climbing, tenis. very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Olahraga Pilihan

Hari Terindah Barbora Krejcikova, Juara Baru Wimbledon yang Selalu Ramah Berinteraksi dengan Fans dan Netizen

14 Juli 2024   01:18 Diperbarui: 14 Juli 2024   02:06 58
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Barbora Krejcikova sambil tersenyum lebar mengangkat kedua tangannya tinggi-tinggi begitu memastikan sebagai juara baru Wimbledon.

Barbora Krejcikova juara Wimbledon 2024 setelah memenangkan pertandingan final melawan Jasmine Paolini yang berlangsung selama hampir dua jam di lapangan utama All England Lawn Tennis Club, London, Sabtu (13/7).

Krejcikova meneruskan supremasi petenis putri Ceko di Wimbledon. Setahun lalu petenis putri Ceko lainnya, Marketa Vondrousova, yang memenangkan gelar juara Wimbledon.

"Ini hari terindah dalam hidup saya. Tak terbayangkan sebelumnya bisa menjadi juara (tunggal) di sini."

"Musim ini saya lalui dengan tidak baik (karena serentetan cedera). Saya sendiri pun meragukan bisa melangkah jauh (ke babak akhir turnamen ini)," ucap Krejcikova dalam sesi wawancara usai pertandingan.

Krejcikova mengawali musim ini dengan rentetan hasil buruk sebelum juara di Wimbledon/foto: Wimbledon.com
Krejcikova mengawali musim ini dengan rentetan hasil buruk sebelum juara di Wimbledon/foto: Wimbledon.com

Sembari menahan air mata Krejcikova berkata lagi, "Saya tak menduga bisa meraih gelar juara yang sama dengan Jana Novotna."

Jana Novotna adalah petenis legendaris Ceko juara tunggal putri Wimbledon tahun 1998 yang menemukan bakat tenis dan juga menjadi mentor Krejcikova. Tahun 2017 silam Jana Novotna meninggal dunia karena penyakit kanker.

mendiang Jana Novotna juara Wimbledon 1998 yang pernah jadi mentor Krejcikova/foto: Wimbledon.com
mendiang Jana Novotna juara Wimbledon 1998 yang pernah jadi mentor Krejcikova/foto: Wimbledon.com
Gelar juara tunggal putri Wimbledon 2024 melengkapi karier gemilang Barbora Krejcikova yang sebelumnya pernah juara tunggal putri grand slam French Open tahun 2021.

Krejcikova juga pernah 7 kali juara ganda putri Grand Slam, dua diantaranya di Wimbledon tahun 2018 dan 2022. Serta tiga kali juara ganda campuran grand slam Australian Open.

Titel juara milik Barbora Krejcikova komplit karena pernah pula memenangkan medali emas ganda putri Olimpiade di Tokyo, serta juara Fed Cup (Billie Jean King Cup) tahun 2018, dan juara WTA Finals tahun 2021. (lanjut baca ke halaman 2)

Barbora Krejcikova ketika memenangkan juara tunggal putri French Open 2021/foto: RolandGarros.com
Barbora Krejcikova ketika memenangkan juara tunggal putri French Open 2021/foto: RolandGarros.com

Barbora Krejcikova bukan hanya hebat prestasinya, juga mengagumkan kepribadiannya yang dikenal selalu ramah berinteraksi kepada fans dan juga dengan netizen di medsos.

Petenis 28 tahun kelahiran Brno tersebut tidak sombong walau berstatus bintang dengan banyak gelar juara grand slam. Selalu berusaha menyapa balik fans yang mengerubungi di sekeliling.

Dalam siaran langsung seusai final Wimbledon 2024, terlihat Krejcikova menyapa balik dan memberikan tanda tangan di bola tenis kepada seorang penonton di tribun atas yang menyebut namanya. Interaksi ramah yang kerap dilakukan Krejcikova di turnamen-turnamen lainnya.

Barbora Krejcikova tanya jawab asyik dengan netizen di X/sumber: akun X @BKrejcikova
Barbora Krejcikova tanya jawab asyik dengan netizen di X/sumber: akun X @BKrejcikova

Krejcikova juga aktif berinteraksi asyik dengan netizen di media sosial. Dia menyempatkan diri sebanyak dua kali melakukan tanya jawab di X (Twitter) sepanjang Wimbledon 2024.

Tanya jawab seru dengan netizen X dilakukan ketika pertandingan perempat final Krejcikova tertunda akibat hujan, dan setelah melakukan latihan sehari sebelum pertandingan final.

Krejcikova tanya jawab asyik dengan netizen di X/sumber: akun X @BKrejcikova
Krejcikova tanya jawab asyik dengan netizen di X/sumber: akun X @BKrejcikova

Sosok ramah dengan aura positif juga dimiliki oleh Jasmine Paolini yang dikenal murah senyum.

Paolini masih bisa tersenyum walau kondisi hatinya sedih karena masih harus bersabar lebih lama untuk meraih gelar juara grand slam pertamanya setelah tiga kali kalah di babak final. Jasmine Paolini sebulan lalu kalah dalam final tunggal dan ganda putri di French Open.

Jasmine Paolini masih tetap tersenyum walau kalah menyakitkan/foto: Wimbledon.com
Jasmine Paolini masih tetap tersenyum walau kalah menyakitkan/foto: Wimbledon.com
Paolini berucap positif dalam wawancara seusai final melawan Krejcikova, "Saya harus terus tersenyum. Hal yang membanggakan bisa tampil bertanding di final (Wimbledon)." (lanjut baca ke halaman 3)

"Terima kasih kepada semua yang telah mendukung saya. Jangan marah ya kalau saya belum bisa menang." ucap Paolini sambil tersenyum yang diberikan applaus sambil tertawa oleh penonton di stadion.

Jasmine Paolini sedang dalam masa terbaik dalam kariernya. Dia tidak pernah melewati babak kedua grand slam di tahun-tahun sebelumnya, namun kemudian sukses menembus babak keempat Australian Open 2024. 

Dilanjutkan dengan menembus final French Open dan Wimbledon. Prestasi yang membuat Jasmine Paolini akan menembus ranking top 5 dunia pekan depan dari sebelumnya di posisi ketujuh 

Sedangkan Barbora Krejcikova yang saat ini ranking 32 WTA, akan kembali masuk ranking top 10 pada pekan depan.

Jasmine Paolini ranking top 5 WTA pekan depan/foto: Wimbledon.com
Jasmine Paolini ranking top 5 WTA pekan depan/foto: Wimbledon.com

Kilasan Pertandingan Final Tunggal Putri Wimbledon 2024

Barbora Krejcikova digdaya di set pertama memanfaatkan serve kencang yang dipunyainya. Paolini terlihat agak gugup di lapangan, sering melakukan error.

Sesi foto Krejcikova dan Paolini sebelum memulai pertandingan final Wimbledon 2024/foto: Wimbledon.com
Sesi foto Krejcikova dan Paolini sebelum memulai pertandingan final Wimbledon 2024/foto: Wimbledon.com
Krejcikova sudah berhasil melakukan break point di game pertama. Paolini yang tiga kali melakukan error hanya sekali meraih poin. 1-0 unggul Krejcikova, yang dilanjutkannya dengan meraih skor tambahan di game kedua.

Keunggulan skor Krejcikova melebar jadi 4-1, setelah mematahkan serve Paolini yang empat kali pukulannya error.

Barbora Krejcikova akhirnya memenangkan set pertama dengan keunggulan skor 6-2.

Situasi terbalik di set kedua. Krejcikova lebih sering melakukan pukulan error. Sehingga Paolini bisa melakukan break point di game 2 dan 8, untuk memenangkan set kedua dengan skor 6-2.

Set ketiga berlangsung lebih ketat. Kedua pemain silih berganti meraih skor saat memegang serve hingga game 6. Skor pun imbang 3-3. (lanjut baca dan lihat video highlight ke halaman 4)

Barbora Krejcikova tampil gemilang di final/foto: Wimbledon.com
Barbora Krejcikova tampil gemilang di final/foto: Wimbledon.com
Momentum kemenangan Barbora Krejcikova didapat pada game 7, meraih poin setelah Paolini melakukan rentetan error yang ditutup dengan double fault. 

Krejcikova memastikan menang 6-4 di set ketiga, setelah serve kencangnya di posisi match point tidak bisa dikembalikan dengan baik oleh Jasmine Paolini.

video highlight final tunggal putri Wimbledon 2024/sumber: Wimbledon channel 

Barbora Krejcikova sukses menjadi petenis asal Ceko kelima yang juara tunggal putri, menyusul prestasi gemilang Martina Navratilova, Jana Novotna, Petra Kvitova, dan Marketa Vondrousova.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Olahraga Selengkapnya
Lihat Olahraga Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun