Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Kompasiana

ready to finish in a month maybe in 1001 or 1010

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Luis De La Fuente Membangun Skuad Berbahaya yang Membangkitkan Kejayaan La Furia Roja

10 Juli 2024   10:53 Diperbarui: 10 Juli 2024   13:20 251
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Timnas Spanyol U-21 juara Piala Eropa 2019/foto: RFEF

Timnas Spanyol menembus final Euro 2024 dengan torehan rekor baru spektakuler. Spanyol usai menang 2-1 melawan Prancis di semifinal, jadi tim pertama yang membuat enam kemenangan beruntun dalam satu edisi Piala Eropa.

La Furia Roja tinggal selangkah lagi jadi yang terbaik di benua Eropa selama dua tahun beruntun. Setelah setahun lalu memenangkan titel juara UEFA Nations League.

Pelatih Luis De La Fuente Castillo sosok yang berjasa membangkitkan kembali kejayaan La Furia Roja di perhelatan sepak bola Eropa. 

Skuad berbahaya yang dimiliki timnas senior Spanyol saat ini berkat kejeniusan Luis De La Fuente menemukan dan mengasah bakat-bakat bagus pemain muda sejak belasan tahun silam.

starting line up Spanyol di semifinal EURO 2024/foto: RFEF
starting line up Spanyol di semifinal EURO 2024/foto: RFEF
Awal mula De La Fuente terlibat dengan timnas Spanyol ketika dipercaya menjadi pelatih kepala skuad U-19 di bulan Mei 2013.

Dua bulan berselang De La Fuente berhasil membawa Spanyol U-19 melaju ke semifinal Piala Eropa. 

Prancis yang mengalahkan Spanyol di semifinal Piala Eropa U-19 dengan skor 2-1 di tahun 2013. 

Yang menarik, salah satu pemain inti Prancis U-19 saat itu adalah Aymeric Laporte yang kini menjadi bek andalan Spanyol di Euro 2024.

Aymeric Laporte pernah menjadi pemain lawan Spanyol di Piala Eropa U-19/foto: RFEF
Aymeric Laporte pernah menjadi pemain lawan Spanyol di Piala Eropa U-19/foto: RFEF
Dua pemain Spanyol U-19 di Piala Eropa 2013 yang dilatih De La Fuente kemudian kariernya bersinar di klub dan timnas, yaitu Hector Bellerin dan Jose Gaya.

Bellerin mencapai puncak kariernya di Arsenal, sedangkan Gaya jadi pemain inti Valencia hingga kini. Bellerin dan Gaya cukup sering menjadi pemain inti timnas senior Spanyol saat masih dilatih Luis Enrique.

Luis De La Fuente kemudian akhirnya sukses memberikan gelar juara kepada timnas Spanyol U-19 di Piala Eropa tahun 2015, setelah di final menang 2-0 atas Rusia. (lanjut baca ke halaman 2)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun