Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Kompasiana

ready to finish in a month maybe in 1001 or 1010

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Siapa Saja Pencetak Gol di Semifinal EURO dari Tahun 1960? Ini Daftarnya

9 Juli 2024   07:31 Diperbarui: 13 Juli 2024   09:00 139
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Gol Harry Kane membantu Inggris menang di semifinal EURO 2020/ foto: UEFA.com

Galic menciptakan gol buat Yugoslavia di menit 11 dalam semifinal melawan tuan rumah Prancis pada tanggal 6 Juli 1960. Semenit berselang pemain Prancis, Jean Vincent, mencetak gol balasan.

Di pertandingan yang sama, Francois Heutte membuat sejarah sebagai pemain pertama yang mencetak dua gol di semifinal EURO. Heutte, striker Prancis, mencetak golnya pada menit 43 dan 62.

Belasan menit setelah Francois Heutte membuat brace, gantian Drazan Jerkovic yang memborong dua gol pada menit 78 dan 79.

Dua gol dari Drazan Jerkovic membuat Yugoslavia menang 5-4 atas Prancis. Menjadi pertandingan semifinal EURO yang paling banyak menghasilkan gol hingga saat ini.

Dua jam kemudian, timnas Uni Soviet unggul 3-0 melawan Cekoslowakia. Valentin Ivanov membuat dua gol, satu gol lainnya dicetak Viktor Ponedelnik.

Uni Soviet unggul 3-0 atas Cekoslowakia sampai sekarang jadi kemenangan dengan gap gol terbanyak di semifinal Piala Eropa.

Amancio Varela di EURO 1964 mencatatkan dirinya sebagai pemain pertama yang membuat gol di masa tambahan waktu babak semifinal. Gol dari Amancio mengantarkan Spanyol menang 2-1 atas Hongaria.

Viktor Ponedelnik/foto: footyroom.com
Viktor Ponedelnik/foto: footyroom.com
/Viktor Ponedelnik disusul Valentin Ivanov, turut menyumbangkan gol dalam kemenangan Uni Soviet atas Denmark di semifinal EURO 1964. 

Menjadikan Viktor Ponedelnik dan Valentin Ivanov dua pemain pertama yang mencetak gol dalam dua edisi semifinal EURO.

Di tahun 1964, bek timnas Cekoslowakia, Anton Ondrus, jadi pemain pertama yang melakukan gol bunuh diri dalam laga semifinal Piala Eropa. 

Sebelum membuat gol bunuh diri, Ondrus salah satu pemain Cekoslowakia yang membobol gawang Belanda. Timnas Cekoslowakia menang 3-1 di semifinal EURO 1976. (lanjut ke halaman 3)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun