Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Founder Komontok

Grand Slam US Open & Paralympics 2024 will be my last article series. Ready to finish

Selanjutnya

Tutup

Raket Pilihan

Jannik Sinner dan Lima Juara Grand Slam Lainnya Melaju ke Babak Ketiga Wimbledon

4 Juli 2024   06:58 Diperbarui: 4 Juli 2024   19:53 409
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Emma Raducanu/foto: Wimbledon.com

Jannik Sinner jadi pemain terakhir yang memenangkan pertandingan babak kedua pada hari ketiga Wimbledon 2024, tanggal 3 Juli.

Petenis putra ranking 1 dunia asal Italia tersebut berhasil memenangkan pertarungan sengit selama 3 jam 42 menit di centre court melawan rekan senegaranya, Matteo Berrettini.

Sinner yang enam bulan lalu menjuarai Grand Slam Australian Open, memenangkan tie break di set pertama, kedua, dan keempat.

Berettini dan Sinner/foto: Wimbledon.com
Berettini dan Sinner/foto: Wimbledon.com
Berrettini yang pernah menjadi finalis Wimbledon di tahun 2021, meraih keunggulan pada set ketiga dengan skor 6-2.

Berrettini membuat lebih banyak winners (65) dan aces (28) ketimbang Sinner (32 winners, 10 aces). 

Namun, unforced errors yang dilakukan Berettini (48) hampir dua kali lebih banyak dibandingkan Sinner (25). Jannik Sinner di babak ketiga bertemu petenis asal Serbia, Miomir Kecmanovi.

Kecmanovi pada babak kedua memenangkan duel maraton lima set selama 2 jam 51 menit di court 17 melawan pemain unggulan 27 asal Belanda, Tallon Griekspoor.

Carlos Alcaraz/foto: Wimbledon.com
Carlos Alcaraz/foto: Wimbledon.com
Juara bertahan Carlos Alcaraz yang bertanding di court 1, melaju mudah ke babak ketiga.

Alcaraz yang ditempatkan sebagai unggulan 3, menang straight set 7-6 (7-5), 6-2, 6-2, melawan Aleksandar Vukic. Unggulan 29, Frances Tiafoe, lawan yang akan dihadapi oleh Alcaraz di babak ketiga.

Unggulan kelima Daniil Medvedev juga berhasil melangkah ke babak ketiga Wimbledon 2024.

Daniil Medvedev/foto: Wimbledon.com
Daniil Medvedev/foto: Wimbledon.com
Medvedev yang pernah sekali juara Grand Slam di US Open tahun 2021, pada babak kedua mendapat perlawanan cukup alot dari petenis Prancis, Alexandre Muller.

Daniil Medvedev memenangkan tie break pada set pertama, dibalas oleh Alexandre Muller dengan memenangi tie break di set kedua.

Medvedev akhirnya berhasil unggul di dua set berikutnya dengan skor 6-4, 7-5, untuk mengakhiri perlawanan Muller di centre court.

Lawan berikutnya yang akan dihadapi Medvedev adalah Jan-Lennard Struff. Di babak kedua Struff menang atas petenis unggulan 32 dari China, Zhang Zhizhen.

Unggulan 8, Casper Ruud, tersingkir di babak kedua usai ditaklukkan petenis kawakan berusia 37 asal Italia, Fabio Fognini.

Ruud meneruskan rekor buruknya tak pernah bisa melewati babak kedua Wimbledon.

Fognini pada babak ketiga bertemu pemain veteran berusia 36 tahun asal Spanyol yang pernah menembus semifinal Wimbledon di tahun 2019, Roberto Bautista Agut.

Tiga pemain tunggal putri pemegang titel juara Grand Slam, juga berhasil melangkah ke babak ketiga turnamen yang digelar di lapangan rumput ini.

Emma Raducanu/foto: Wimbledon.com
Emma Raducanu/foto: Wimbledon.com

Petenis cantik tuan rumah, Emma Raducanu, tampil cemerlang dalam penampilannya di court 1. Juara US Open 2021 tersebut tanpa ampun melibas Elise Mertens, dengan skor 6-1, 6-2.

Raducanu di babak ketiga berhadapan dengan unggulan 9, Maria Sakkari. Kans menang Raducanu cukup besar, karena Sakkari sepanjang kariernya belum pernah melewati babak ketiga Wimbledon.

Coco Gauff/foto: Wimbledon.com
Coco Gauff/foto: Wimbledon.com
Unggulan 2, Coco Gauff, melenggang mulus melewati babak kedua. Juara US Open 2023 tersebut unggul 6-2, 6-1, melawan pemain debutan, Anca Todoni.

Coco Gauff di pertandingan berikutnya ditantang oleh pemain tuan rumah Inggris, Sonay Kartal.

Bianca Andreescu/foto: Wimbledon.com
Bianca Andreescu/foto: Wimbledon.com

Sementara itu, finalis French Open 2024, Jasmine Paolini, di babak ketiga akan jumpa dengan juara US Open 2019, Bianca Andreescu.

Paolini di babak kedua menyingkirkan Greet Minnen. Sedangkan Andreescu mengalahkan unggulan 26, Linda Noskova.

Karena lokasi turnamen di All England Club sempat lama diguyur hujan pada siang hari, hanya 24 pertandingan babak kedua tunggal putra dan putri yang tuntas diselesaikan.

Puluhan pertandingan lainnya di nomor tunggal putra-putri dan ganda putra-putri terpaksa dibatalkan dan dijadwal ulang.

Petenis Indonesia, Aldila Sutjiadi yang semula dijadwalkan main pada nomor ganda putri, Rabu sore (3/7) di court 6, dipindah jadwalnya ke pertandingan pertama court 10 di hari Kamis (4/7).

Aldila Sutjiadi dan rekan duetnya Asia Muhammad akan menghadapi Irina-Camelia Begu/Martina Trevisan..

Jasmine Paolini/foto: Wimbledon.com
Jasmine Paolini/foto: Wimbledon.com

Hasil Babak 2 Tunggal Putri Wimbledon 2024


  • Lulu Sun (Selandia Baru), 4-6, 6-3, 6-2, Yuliia Starodubtseva (Ukraina)

  • Zhu Lin (China), 6-4, 6-3, Anastasia Pavlyuchenkova (Rusia)

  • Emma Raducanu (Britania Raya), 6-1, 6-2, Elise Mertens (Belgia)

  • Maria Sakkari (9-Yunani), 7-5, 6-3, Arantxa Rus (Belanda )

  • Dayana Yastremska (28-Ukraina), 3-6, 6-4, 7-6 (10-5), Varvara Gracheva (Prancis)

  • Donna Vekic (Kroasia), 6-2, 6-3, Erika Andreeva (Rusia)

  • Jasmine Paolini (7-Italia), 7-6 (7-5), 6-2, Greet Minnen (Belgia)

  • Bianca Andreescu (Kanada), 6-3, 7-6 (7-5), Linda Noskov (26-Ceko)

  • Diana Shnaider (Rusia), 6-1, 6-1, Sloane Stephens (USA)

  • Emma Navarro (19-USA), 6-4, 6-1, Naomi Osaka (Jepang)

  • Sonay Kartal (Britania Raya), 6-3, 5-7, 6-3, Clara Burel (Prancis)

  • Coco Gauff (2-USA), 6-2, 6-1 Anca Todoni (Rumania)

Hasil Babak 2 Tunggal Putra Wimbledon 2024

  • Jannik Sinner (Italia), 7-6 (7-3), 7-6 (7-4), 2-6, 7-6 (7-4), Matteo Berrettini (Italia)

  • Miomir Kecmanovic (Serbia), 4-6, 7-6 (9-7), 1-6, 6-2, 6-3, Tallon Griekspoor (27-Belanda)

  • Jan-Lennard Struff (Jerman), 5-7, 6-3, 7-6 (7-1), 7-6 (10-8), Zhang Zhizhen (32-China)

  • Daniil Medvedev (5-Rusia), 6-7 (3-7), 7-6 (7-4), 6-4, 7-5, Alexandre Muller (Prancis)

  • Carlos Alcaraz (3-Spanyol), 7-6 (7-5), 6-2, 6-2, Aleksandar Vukic (Australia)

  • Frances Tiafoe (29-USA),  7-6 (7-5), 6-1, 6-3, Borna Coric (Kroasia)

  • Brandon Nakashima (USA), 6-3, 6-2, 6-2, Jordan Thompson (Australia)

  • Ugo Humbert (16-Prancis), 7-6 (11-9), 6-1, 6-3, Botic van de Zandschulp (Belanda)

  • Tommy Paul (12-USA), 4-6, 6-3, 5-7, 7-5, 6-4, Otto Virtanen (Finlandia)

  • Alexander Bublik (23-Kazakhstan), 6-4, 7-6 (7-1), 6-4, Arthur Cazaux (Prancis)

  • Roberto Bautista Agut (Spanyol), 6-3, 3-6, 6-3, 6-4, Lorenzo Sonego (Italia)

  • Fabio Fognini (Italia), 6-4, 7-5, 6-7 (1-7), 6-3, Casper Ruud (Norwegia)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Raket Selengkapnya
Lihat Raket Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun