Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Kompasiana

ready to finish in a month maybe in 1001 or 1010

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Portugal Vs Slovenia, Cristiano Ronaldo Jangan Jadi Beban

1 Juli 2024   19:55 Diperbarui: 2 Juli 2024   05:30 178
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Bagikan ide kreativitasmu dalam bentuk konten di Kompasiana | Sumber gambar: Freepik

Duel Portugal vs Slovenia pada babak 16 besar Euro 2024 di Frankfurt Arena, menjadi pertaruhan nama besar seorang Cristiano Ronaldo.

Tiga bulan lalu Slovenia mengejutkan publik sepak bola dunia, setelah dalam laga uji coba menang 2-0 melawan Portugal lewat gol Adam Gnezda Cerin dan Timi Elsnik. 

Selecao Portugal diperkuat pemain-pemain pilar seperti Ronaldo, Pepe, dan Diogo Costa, saat ditaklukkan Slovenia.

Kiprah apik timnas Slovenia yang dilatih Matjaz Kek berlanjut terus hingga gelaran Piala Eropa. 

Slovenia sukses melaju ke babak 16 besar Piala Eropa 2024, setelah menuai tiga hasil seri di babak grup. Slovenia memperpanjang rekor tak terkalahkan dalam sembilan pertandingan terakhir sejak November 2023.

Selecao Portugal tampil baik di dua pertandingan awal grup Euro 2024. Portugal yang tampil dengan pemain inti unggul 2-1 atas Ceko, dan menang 3-0 melawan Turkiye.

Pelatih Roberto Martinez kemudian mengistirahatkan pemain inti, kecuali Cristiano Ronaldo dan Diogo Costa, dalam laga terakhir grup kontra Georgia. 

Cristiano Ronaldo dalam laga melawan Slovenia di bulan Maret 2024/foto: goal.com
Cristiano Ronaldo dalam laga melawan Slovenia di bulan Maret 2024/foto: goal.com
Hasilnya negatif. Portugal dengan pemain pelapis yang turun sejak menit awal, kalah 0-2 menghadapi debutan Georgia. Keberadaan Ronaldo yang dipertahankan sebagai pemain starter tidak memberikan efek positif buat Portugal di pertandingan itu.

Beberapa pengamat menganggap Cristiano Ronaldo adalah beban buat lini serang Portugal. Karena kelincahan dan kecepatan Ronaldo sudah pudar seiring usia yang akan memasuki 40 tahun.

Namun, pelatih Roberto Martinez menampik tuduhan itu. Martinez menganggap Ronaldo masih salah satu anggota skuad terbaik Portugal. 

Apakah Cristiano Ronaldo akan mampu memperlihatkan kemampuan terbaiknya dalam laga Slovenia? Kita nantikan saja.

Portugal masih punya Bruno Fernandes dan Bernardo Silva, serta Francisco Conceicao, jika Ronaldo tidak berdaya menghadapi pertahanan rapat Slovenia.

Slovenia kemungkinan besar akan tetap mempertahankan gaya main defensif yang mengandalkan serangan balik cepat dari sisi sayap. 

Jan Oblak, kiper tangguh Slovenia/foto: UEFA.com
Jan Oblak, kiper tangguh Slovenia/foto: UEFA.com
Lini pertahanan Slovenia bakal susah ditembus oleh Portugal dengan keberadaan Jan Oblak di bawah mistar gawang.

Sayangnya Slovenia akan kehilangan bek sayap kiri, Erik Janza, karena akumulasi kartu kuning. Erik Janza tampil cemerlang sepanjang fase grup Euro 2024, dan mencetak gol indah saat melawan Denmark.

Starting Line Up Portugal 

Diogo Costa; Ruben Dias, Pepe, Joao Cancelo, Nuno Mendes; Joao Palhinha, Vitinha, Bruno Fernandes; Rafael Leo, Cristiano Ronaldo, Bernardo Silva

Starting Line Up Slovenia 

Jan Oblak; Vanja Drkusic, Jaka Bijol, Zan Karnicnik, Jure Balkovec, Petar Stojanovic, Timi Max Elsnik, Adam Gnezda Cerin, Jan Mlakar; Andraz Sporar, Benjamin Sesko

Prediksi Skor: Portugal akan menang dengan lebih satu gol, 2-0 atau 3-1, jika bisa mencetak gol di babak pertama. Slovenia berpeluang menang jika pertandingan lanjut hingga perpanjangan waktu atau hingga adu penalti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun