Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Musisi - Founder Komontok

Grand Slam US Open & Paralympics 2024 will be my last article series. Ready to finish

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Perbandingan Kekuatan Timnas Indonesia dengan Pesaing di Pot 1 dan 2 Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia

13 Juni 2024   12:56 Diperbarui: 13 Juni 2024   13:28 637
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Duel pemain Indonesia dan Irak di Piala Asia 2024/foto: Getty Images- Karim Jaafar 

Prestasi timnas Qatar berkembang pesat dalam lima tahun terakhir dengan segala kontroversinya. 

Qatar juara Piala Asia 2019 dan 2023, tidak disukai fans sepak bola Indonesia karena kejadian kontroversial dua bulan silam dalan kualifikasi Olimpiade 2024.

Timnas U-23 Indonesia dikerjain habis-habisan dengan berbagai keputusan wasit Nasrullo Kabirov yang menguntungkan tuan rumah Qatar. Kabirov membantu Qatar U-23 menang 2-0 atas Indonesia.

Kontroversi wasit yang menguntungkan Qatar berlanjut di pertandingan terakhir putaran kedua kualifikasi Piala Dunia 2026, menyebabkan India tersisih secara tragis. Timnas Qatar akhirnya tak terkalahkan di putaran kedua kualifikasi grup A. 

Timnas senior Indonesia di masa lalu pernah 9 kali bertanding melawan Qatar. Hanya sekali kemenangan dibuat oleh Indonesia, sedangkan Qatar memenangkan 5 laga. 

Pertemuan terakhir terjadi pada tahun 2014. Indonesia yang saat itu dilatih mendiang Alfred Riedl, sukses menahan imbang Qatar yang bertindak sebagai tuan rumah dengan skor 2-2.

Sepekan lalu pelatih Irak, Jesus Casas, sempat bergurau, bahwa dirinya ingin menghindari berjumpa lagi dengan Indonesia di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia.

Timnas Irak dua kali mengalahkan Indonesia di putaran kedua kualifikasi Piala Dunia dengan skor 5-1 dan 2-0. Serta menang 3-1 atas Indonesia di fase grup Piala Asia 2024.

Duel pemain Indonesia dan Irak di Piala Asia 2024/foto: Getty Images- Karim Jaafar 
Duel pemain Indonesia dan Irak di Piala Asia 2024/foto: Getty Images- Karim Jaafar 

PR besar buat Shin Tae-yong apabila berjumpa lagi dengan Irak di putaran ketiga. Karena Irak menang beruntun dalam 8 dari 9 pertemuan dengan Indonesia. 

Satu-satunya hasil seri yang pernah dibuat Indonesia saat melawan Irak terjadi pada kualifikasi Piala Dunia di tahun 1973.

Berharap Indonesia Segrup dengan Korsel dan Qatar

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun