Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Editor - Tourism worker until 2010; Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

5 Alasan Timnas Indonesia U-23 Akan Lolos ke Olimpiade Paris Menyingkirkan Guinea di Play-off

8 Mei 2024   19:13 Diperbarui: 8 Mei 2024   21:37 796
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
sumringah pemain Indonesia U-23 saat lolos ke semifinal Piala Asia 2024/sumber foto: PSSI

Muhammad Ferrari dan Hokky Caraka yang kini jadi pemain andalan timnas Indonesia U-23, adalah jebolan skuad Indonesia U-19 di turnamen Toulon 2022.

Muhammad Ferrari/sumber foto: PSSI
Muhammad Ferrari/sumber foto: PSSI

Indonesia U-23 Punya Pelatih Kelas Dunia 

Dalam beberapa kesempatan wawancara, pelatih Guinea selalu mengatakan Indonesia adalah tim yang bagus. 

Guinea menyadari betul kalau Indonesia punya pelatih kelas dunia yang berpengalaman banyak di kancah elit sepak bola.

Shin Tae-yong punya nama besar dan reputasi tinggi. Dia pernah mengantarkan timnas Korea Selatan menang 2-0 melawan Jerman di Piala Dunia 2018. Jerman saat itu berstatus sebagai juara bertahan Piala Dunia.

Shin Tae-yong juga sudah membuktikan kualitasnya selama menangani Indonesia. STY sukses membawa tim Indonesia senior ke babak 16 besar Piala Asia. Juga mengantarkan Indonesia U-23 sebagai peringkat keempat Piala Asia. Reputasi STY tentu akan membuat khawatir timnas Guinea U-23 yang dilatih Morlaye Cisse.

Shin Tae-yong/sumber foto: the-afc.com
Shin Tae-yong/sumber foto: the-afc.com

Beban Bertanding Pemain Indonesia Lebih Ringan

Beban bertanding pemain Indonesia lebih ringan dalam pertandingan play-off melawan Guinea ketimbang saat di Piala Asia U-23. Karena posisi tim Indonesia U-23 saat ini underdog.

Dengan posisi sebagai underdog, pemain Indonesia akan bermain lebih lepas untuk memenangkan pertandingan.

Pertandingan play-off melawan Guinea yang dilangsungkan secara tertutup karena alasan keamanan, juga menguntungkan bagi skuad Indonesia. 

Karena dengan kondisi seperti itu skuad pemain dan tim pelatih Indonesia lebih fokus, tidak bisa lagi direcoki dengan hal-hal tidak penting yang mengganggu, semisal didatangi dengan gestur masam oleh ketum dan pengurus PSSI di ruang ganti.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun