Timnas Indonesia akhirnya harus puas menempati peringkat keempat AFC U-23 Asian Cup, usai mengalami kekalahan melawan Irak dalam pertandingan perebutan juara ketiga.
Tim Garuda yang dilatih Shin Tae-yong sempat unggul 1-0 lewat gol sepakan geledek Ivar Jenner di menit 19. Irak membalas gol delapan menit kemudian melalui sundulan Zaid Tahseen.
Timnas Irak yang Radhi Shenaishil memastikan kemenangan 2-1 lewat gol Ali Jasim pada masa perpanjangan waktu.Â
Kekalahan melawan Irak membuat tim Indonesia U-23 lagi-lagi harus menunda kelolosan ke ajang Olimpiade Paris 2024.
Walau begitu, ada hikmah dari kegagalan timnas Indonesia mengalahkan Irak di perebutan juara 3 AFC U-23 Asian Cup.
Indonesia terhindar dari grup 'neraka' di Olimpiade Paris 2024. Â Seandainya Indonesia menang melawan Irak akan menempati grup B di Paris Olympic yang ada Argentina, Maroko, Ukraina
Tak terbayang bagaimana nanti jika Marselino Ferdinan dkk berduel melawan pemain high class selevel Angel Di Maria, Mudryk, Hakim Ziyech di Olimpiade.
Kemungkinan besar pemain Indonesia akan kelimpungan di lapangan, tak tahan melawan kehebatan level permainan Argentina, Maroko, dan Ukraina.
Hikmah lainnya, setidaknya tim Garuda sudah merasakan atmosfer bertanding di Olimpiade Paris 2024, seandainya nanti Indonesia kalah melawan Guinea di laga play-off.
Tim Indonesia U23 masih memiliki kesempatan sekali lagi untuk lolos ke olimpiade, yaitu dengan cara menang dalam duel menghadapi Guinea di Prancis pada pekan depan.
video highlight pertandingan Indonesia vs Irak di AFC U-23 Asian Cup 2024/sumber: RCTI
Namun, apakah Shin Tae-yong akan mampu membawa Indonesia U23 lolos ke Olimpiade dengan bertanding di Prancis?Â
Seperti yang diketahui, Prancis adalah tanah air kedua bagi pemain-pemain dari negara di  benua Afrika seperti Guinea.
Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H