Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Penulis - Tourism worker until 2010; Digipreneur since 2010

you can contact me at bolafanatik(at)Gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

2 Tim Kejutan Penghancur Asa Mantan Juara yang Masuk 16 Besar Liga Champions

15 Desember 2023   03:41 Diperbarui: 15 Desember 2023   10:44 241
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
klasemen akhir fase grup Liga Champions Eropa musim 2023/2024/ sumber: UEFA.com

Lengkap sudah klub peserta 16 besar Liga Champions Eropa 2023/2024. Sebagian besar peserta adalah tim langganan fase knock-out.

8 peserta fase knock-out UEFA Champions League musim ini sama dengan semusim lalu, yaitu Manchester City, Inter Milan, Real Madrid, Bayern Munchen, Napoli, Borussia Dortmund, RB Leipzig, dan Paris Saint Germain.

Semusim lalu wakil dari Inggris dan Jerman tampil digdaya di fase grup Liga Champions. Masing-masing negara meloloskan 4 klub ke fase 16 besar. Sedangkan Italia diwakili oleh 3 klub.

Pada musim ini hanya Spanyol yang berhasil meloloskan 4 tim ke babak 16 besar. Wakil Jerman di fase knock-out berkurang satu menjadi 3 tim, jumlah yang sama dengan perwakilan dari Italia. 

Terdapat 2 tim kejutan di 16 besar Liga Champions Eropa musim ini, yaitu FC Copenhagen dan Real Sociedad. 

Kedua tim tersebut sebelumnya nyaris tidak pernah menembus babak knock out Liga Champions. Lolosnya FC Copenhagen dan Real Sociedad juga menghancurkan asa mantan juara ajang ini.

Keberhasilan FC Copenhagen menembus babak 16 besar setelah sukses menempati runner up grup A, diluar prediksi banyak pihak.

FC Copenhagen mampu menyingkirkan klub raksasa Turki Galatasaray, serta Manchester United yang pernah tiga kali juara Liga Champions. 

FC Copenhagen yang pernah 15 kali menjuarai Superliga Denmark, hanya pernah 6 kali mentas di fase grup Liga Champions Eropa pada abad 21. 

Sebelum musim ini, sepanjang sejarah berdirinya klub, FC Copenhagen hanya pernah sekali saja mencapai babak 16 besar Liga Champions, yaitu pads musim 2010/2011.

Klub berjuluk Byens Hold yang bermarkas di Parken Stadium ini, pada awalnya seperti tidak berdaya menghadapi tim pesaing di grup A Liga Champions.

FC Copenhagen hanya meraih satu poin dalam tiga pertandingan awal grup A. Hasil seri melawan Galatasaray, serta kalah duel dengan Bayern Munchen dan Manchester United.

Titik awal kebangkitan Byens Hold terjadi pada minggu kedua November saat menjamu Manchester United.

Skuad FC Copenhagen gemilang menjamu Manchester United/foto: theguardian.co.uk
Skuad FC Copenhagen gemilang menjamu Manchester United/foto: theguardian.co.uk

FC Copenhagen yang sempat tertinggal skor 0-2, berhasil comeback, berbalik unggul 4-3 atas MU. 

Di pertandingan berikutnya, Byens Hold diluar dugaan mampu meraih hasil imbang saat bertamu ke markas Bayern Munchen

Dan seperti yang kita ketahui bersama, FC Copenhagen masuk babak 16 besar Luga Champions setelah di pertandingan terakhir grup berhasil menang 1-0 atas Galatasaray lewat gol Lukas Lerager. 

FC Copenhagen juga terbantu hasil pertandingan lain, Bayern Munchen menang di markas Manchester United. Hasil yang membuat MU secara memalukan tak bisa lagi mengikuti kompetisi Eropa karena terpuruk di dasar klasemen grup A.

Sementara itu, Real Sociedad tampil apik menjadi juara grup D tanpa terkalahkan. 

Sociedad yang mengoleksi 12 poin, unggul selisih jumlah gol dari Inter Milan yang berstatus runner up Liga Champions semusim lalu.

Pemain Real Sociedad/foto: goal.com
Pemain Real Sociedad/foto: goal.com

Real Sociedad menyingkirkan klub kuat Portugal, Benfica, yang pernah dua kali menjuarai Liga Champions. Benfica juga langganan fase knock-out. Dua musim sebelumnya selalu tembus perempat final Liga Champions.

Txuri-Urdin, julukan Real Sociedad, sebelum musim ini hanya pernah mentas dua kali di Liga Champions pada abad 21. 

Pencapaian terbaik Sociedad pada abad ini, masuk babak 16 besar Liga Champions amusim 2003/2004.

Pada abad 20, Txuri-Urdin pernah menembus semifinal Liga Champions pada musim 1982/1983 ketika turnamen antar klub ini masih bernama European Cup.

Menarik dinantikan, seberapa jauh kiprah Real Sociedad dan FC Copenhagen di fase knock-out Liga Champions 2023/2024 menghadapi tim-tim kuat di Eropa.

Daftar lengkap klub peserta 16 besar Liga Champions Eropa 2023/2024:

  • Real Madrid, Barcelona, Atletico Madrid, Real Sociedad (Spanyol)
  • Inter Milan, Napoli, Lazio (Italia)
  • Bayern Munchen, Borussia Dortmund, RB Leipzig (Jerman)
  • Manchester City, Arsenal (Inggris)
  • Porto (Portugal)
  • Paris Saint Germain (Prancis)
  • PSV Eindhoven (Belanda)
  • FC Copenhagen (Denmark)

klasemen akhir fase grup Liga Champions Eropa musim 2023/2024/ sumber: UEFA.com
klasemen akhir fase grup Liga Champions Eropa musim 2023/2024/ sumber: UEFA.com

Baca konten-konten menarik Kompasiana langsung dari smartphone kamu. Follow channel WhatsApp Kompasiana sekarang di sini: https://whatsapp.com/channel/0029VaYjYaL4Spk7WflFYJ2H

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun