Mohon tunggu...
Yos Mo
Yos Mo Mohon Tunggu... Wiraswasta - Sports, Music, Technology Expert

pemerhati olahraga dan musik lagi getol nonton surfing, sport climbing, tenis. very welcome to contact me at bolafanatik(at)gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Bola Pilihan

Situasi Ngeri Juara Bertahan Azzurri Italia di Pertandingan Penutup Kualifikasi Piala Eropa 2024

19 November 2023   08:03 Diperbarui: 19 November 2023   14:29 444
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
klasemen sementara grup H kualifikasi Euro 2024/sumber; Soccerway.com

15 negara peserta kualifikasi telah memastikan lolos ke putaran final Piala Eropa 2024 menemani tuan rumah Jerman.

Belanda, Rumania, dan Swiss, tiga negara teranyar yang memastikan lolos dari kualifikasi Piala Eropa 2024.

Belanda dalam pertandingan ketujuh grup B mengatasi perlawanan Irlandia lewat gol tunggal mantan pemain Manchester United, Wout Weghorst.

Hasil tersebut membuat jumlah poin Belanda terpaut tiga dari Yunani dengan menyisakan satu pertandingan. Timnas Belanda dipastikan lolos ke Piala Eropa karena telah menang dua kali melawan Yunani di kualifikasi.

Rumania dan Swiss lolos dari kualifikasi setelah menjalani pertandingan kesembilan grup I.

Rumania menang 2-1 dalam laga tandang melawan Israel yang digelar di Hungaria. Sedangkan Swiss seri 1-1 dalam laga kandang kontra Kosovo.

Hasil tersebut membuat perolehan poin Rumania dan Swiss tak bisa terkejar lagi okeh Israel di satu pertandingan tersisa. 

Timnas Rumania kini mengoleksi 19 poin, unggul dua poin dari Swiss. Sedangkan Israel baru memiliki 12 poin. 

Masih ada lima slot tersisa buat negara peserta kualifikasi untuk lokos langsung ke putaran final Euro 2024. Tiga slot lainnya melalui jalur playoff.

Enam negara akan menjalani situasi ngeri 'duel hidup dan mati' penentu nasib lolos di pertandingan terakhir kualifikasi. 

Selebrasi gol pemain Azzurri Italia/sumber gambar)UEFA.com
Selebrasi gol pemain Azzurri Italia/sumber gambar)UEFA.com

Situasi ngeri tersebut dihadapi oleh juara bertahan Piala Eropa, Azzurri Italia, yang akan menjalani duel hidup mati melawan Ukraina di grup C.

Italia akan menjalani laga tandang kontra Ukraina di BayArena, Leverkusen, Jerman. Karena situasi perang yang masih melanda tanah air Ukraina.

Azzurri Italia dan Ukraina memiliki poin sama 13. Italia unggul jumlah selisih gol, dan memenangkan pertempuran pertama kontra Ukraina dengan skor 2-1.

klasemen sementara grup C kualifikasi Euro 2024/sumber; Soccerway.com
klasemen sementara grup C kualifikasi Euro 2024/sumber; Soccerway.com

Posisi sedikit lebih baik dibandingkan Ukraina malah membuat khawatir tim Italia yang pernah mengalami pengalaman pahit di kualifikasi Piala Dunia 2022. Melanjutkan mimpi buruk gagal ke Piala Dunia 2018.

Italia yang berstatus sebagai juar Eropa, gagal mengikuti putaran final Piala Dunia 2022 usai mendapatkan hasil seri 0-0 dalam pertandingan terakhir kualifikasi kontra Irlandia Utara. Dan kemudian kalah 0-1 melawan Makedonia Utara dalam laga semifinal playoff.

Timnas Ukraina berpotensi besar menjadi mimpi buruk buat Italia di kualifikasi Piala Eropa 2024/sumber foto: UEFA.com
Timnas Ukraina berpotensi besar menjadi mimpi buruk buat Italia di kualifikasi Piala Eropa 2024/sumber foto: UEFA.com

Bukan tidak mungkin, kisah pahit timnas Italia di kualifikasi Piala Dunia 2022 bisa terulang kembali dalam duel penentu nasib ke Euro 2024 melawan Ukraina.

Sementara itu, Slovenia akan menjalani duel penentu nasib di grup H melawan Kazakhtan. 

Slovenia unggul satu poin dari Kazakhstan. Pada pertemuan pertama Slovenia unggul 2-1 di markas Kazakhstan.

Jan Oblak kiper tangguh timnas Slovenia/foto: Reuters.com
Jan Oblak kiper tangguh timnas Slovenia/foto: Reuters.com

Kondisi tersebut membuat Slovenia punya modal lebih besar untuk lolos dari kualifikasi. 

Satu hal yang patut diwaspadai oleh Slovenia adalah performa Kazakhtan yang sedang apik, tiga kali menang dalam empat pertandingan tandang terbaru.

klasemen sementara grup H kualifikasi Euro 2024/sumber; Soccerway.com
klasemen sementara grup H kualifikasi Euro 2024/sumber; Soccerway.com

Pertarungan hidup dan mati juga akan dilakoni oleh timnas Ceko dan Moldova di grup E.

Ceko yang kini mengoleksi skor 12, diuntungkan kondisi unggul dua poin atas Moldova. Pada pertemuan pertama kedua tim bermain seri tabpa gol.

Timnas Ceko dalam posisi diuntungkan sebagai tuan rumah dan juga unggul poin, tidak boleh gegabah. Karena performa Moldova sedang trengginas.

Moldova tak terkalahkan dalam empat pertandingan terakhir kualifikasi. Berhasil mengalahkan tim kuat Polandia, serta menahan seri Albania yang telah lolos ke Piala Eropa 2024.

Sementara itu kondisi timnas Ceko juga sedang kurang oke. Ceko hanya sekali menang dalam empat laga terakhir kualifikasi. Itu pun menang melawan tim lemah Kepulauan Faroe..

klasemen sementara grup E kualifikasi Euro 2024/sumber; Soccerway.com
klasemen sementara grup E kualifikasi Euro 2024/sumber; Soccerway.com

Kroasia dan Wales akan saingan berebut satu slot tersisa di kualifikasi grup D. Kroasia unggul 2 poin atas Wales.

Kroasia akan menjalani pertandingan terakhir kualifikasi kontra Armenia. Sedangkan Wales menghadapi Turkiye yang telah lolos kualifikasi.

Dua negara yang pernah bersatu, Serbia dan Montenegro, rebutan satu slot ke putaran final Piala Eropa 2024, di pertandingan penutup kualifikasi grup G. Timnas Serbia dalam posisi unggul dua poin atas Montenegro. 

Serbia di pertandingan terakhir kualifikasi berduel dengan Bulgaria. Sedangkan Montenegro tanding melawan Hungaria yang telah lolos dari kualifikasi.

Selengkapnya jadwal pertandingan penutup grup kualifikasi Piala Eropa 2024.

Penampilan timnas Moldova mengejutkan di kualifikasi Piala Eropa 2024/foto: Reuters.com
Penampilan timnas Moldova mengejutkan di kualifikasi Piala Eropa 2024/foto: Reuters.com

Jadwal kualifikasi 19 November 2023

  • Hungaria vs Montenegro (grup G)
  • Serbia vs Bulgaria (grup G)

Jadwal kualifikasi 20 November 2023

  • Belgia vs Azerbaijan (grup F)
  • Swedia vs Estonia (grup F)
  • Spanyol vs Georgia (grup A)
  • Skotlandia vs Norwegia (grup A)
  • Portugal vs Islandia (grup J)
  • Bosnia Herzegovina vs Slovakia (grup J)
  • Liechtenstein vs Luxembourg (grup J)

Jadwal kualifikasi 21 November 2023

  • Makedonia Utara vs Inggris (grup C)
  • Ukraina vs Italia (grup C)
  • Ceko vs Moldova (grup E)
  • Albania vs Kepulauan Faroe (grup E)
  • Irlandia Utara vs Denmark (grup H)
  • Slovenia vs Kazakhstan (grup H)
  • San Marino vs Finlandia (grup H)

Jadwal kualifikasi 22 November 2023

  • Yunani vs Prancis (grup B)
  • Gibraltar vs Belanda (grup B)
  • Kroasia vs Armenia (grup D)
  • Wales vs Turkiye (grup D)
  • Rumania vs Swiss (grup I)
  • Andorra vs Israel (grup I)
  • Kosovo vs Belarus (grup I)

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Bola Selengkapnya
Lihat Bola Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun