Situasi ngeri tersebut dihadapi oleh juara bertahan Piala Eropa, Azzurri Italia, yang akan menjalani duel hidup mati melawan Ukraina di grup C.
Italia akan menjalani laga tandang kontra Ukraina di BayArena, Leverkusen, Jerman. Karena situasi perang yang masih melanda tanah air Ukraina.
Azzurri Italia dan Ukraina memiliki poin sama 13. Italia unggul jumlah selisih gol, dan memenangkan pertempuran pertama kontra Ukraina dengan skor 2-1.
Posisi sedikit lebih baik dibandingkan Ukraina malah membuat khawatir tim Italia yang pernah mengalami pengalaman pahit di kualifikasi Piala Dunia 2022. Melanjutkan mimpi buruk gagal ke Piala Dunia 2018.
Italia yang berstatus sebagai juar Eropa, gagal mengikuti putaran final Piala Dunia 2022 usai mendapatkan hasil seri 0-0 dalam pertandingan terakhir kualifikasi kontra Irlandia Utara. Dan kemudian kalah 0-1 melawan Makedonia Utara dalam laga semifinal playoff.
Bukan tidak mungkin, kisah pahit timnas Italia di kualifikasi Piala Dunia 2022 bisa terulang kembali dalam duel penentu nasib ke Euro 2024 melawan Ukraina.
Sementara itu, Slovenia akan menjalani duel penentu nasib di grup H melawan Kazakhtan.Â
Slovenia unggul satu poin dari Kazakhstan. Pada pertemuan pertama Slovenia unggul 2-1 di markas Kazakhstan.