Tribunnews Toraja pada pengujung Agustus 2023 melansir, Kusuma Wardhani sedang terbaring lemah di tempat tidur di rumah sakit karena penyumbatan pembuluh darah.
Kondisi memprihatinkan pahlawan olahraga Indonesia kelahiran 20 Februari 1964 tersebut mengundang perhatian dari berbagai pihak.
Pemerintah Provinsi Sulsel melalui Dinas Pemuda dan Olahraga, serta Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Panahan Universitas Hasanuddin, pada 27 Agustus 2023 telah melakukan penggalangan donasi untuk Kusuma Wardhani melalui kegiatan Archery Fun Day.
Kusuma Wardhani memang tokoh olahraga kebanggaan kota Makassar. Pemanah yang akrab disapa Uma ini. Dia dulu sering menyumbangkan medali buat provinsi Sulawesi Selatan di Pekan Olahraga Nasional (PON). Serta berulang kali mengharumkan nama Indonesia di kancah internasional.
Uma pernah meraih 9 medali emas, 4 perak, dan 3 perunggu ajang SEA Games. Serta pernah menggaet medali seri Piala Dunia di Jerman.
Selain itu, Kusuma Wardhani pernah bertanding di Kejuaraan Dunia Panahan dari tahun 1985 hingga 1999.
Setelah pensiun bertanding, Kusuma Wardhani bersama suaminya, almarhum Adam Adjidji, mendirikan klub Phinisi Archery di kota Makassar.
Itu adalah bentuk kecintaan mendalam Uma kepada dunia panah yang membesarkan namanya.Â
Video dokumenter trio pemanah putri pahlawan Indonesia di Olimpiade Seoul 1988/sumber: CNN IndonesiaÂ